Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kegiatan penanaman pohon FIFGROUP di Lombok Barat. (ist)

Kegiatan penanaman pohon FIFGROUP di Lombok Barat. (ist)

FIFGROUP Hijaukan Jalan Menuju Sirkuit Mandalika

Minggu, 20 Februari 2022 | 13:53 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - PT Federal International Finance (FIFGROUP), anak usaha PT Astra International Tbk sekaligus bagian dari Astra Financial, kembali mengadakan kegiatan FIFGROUP Hijaukan Bumi tahap 2, dengan menanam sebanyak 3.300 bibit pohon di sejumlah titik di Indonesia, termasuk di Mandalika, Lombok Barat, Sabtu (19/2/2022). Kegiatan ini masih merupakan rangkaian peringatan Kemilau Hari Ulang Tahun FIFGROUP ke-33 tahun.

Dengan kegiatan ini, FIFGROUP berinisiatif untuk turut mendukung pemerintah dalam upaya menghijaukan dan mempromosikan wisata Indonesia melalui sarana dan prasarana dengan menanam sebanyak 1.000 bibit pohon di lokasi berlangsungnya event olahraga World Superbike dan seri MotoGP.

Advertisement

Sebanyak 250 pohon, dengan rincian 50 pohon ketapang kencana, 50 tabebuya, dan 150 pucuk merah akan ditanam di Bundaran Labulia Jl. Bypass Bandara International Lombok, Desa Labulia, Kec. Jonggat, sepanjang 1 kilometer (km). Jalan ini menghubungkan Bandara International Lombok Zainuddin Abdul Madjid dengan Sirkuit International Mandalika. Adapun 750 pohon mahoni akan ditanam di kawasan hutan Desa Pusuk, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat.

Penanaman pohon di lokasi tersebut dihadiri oleh Kepala Wilayah FIFGROUP Area Nusa Tenggara Yudha Satri, Kepala Cabang FIFGROUP Lombok Barat I Putu Budhi Yadnya, dan bekerja sama dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kadis DLHK) Provinsi Nusa Tenggara Barat Madani Mukarom, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian Pembangunan (PP) Negeri Mataram Sugiarta, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Kecamatan Jonggat IPTU Bambang Sutrisno, dan Kepala Desa Labulia Muhajat.

“Kami sungguh berterima kasih kepada FIFGROUP, atas upaya yang dilakukan dalam mendukung pelestarian lingkungan di daerah Lombok Barat melalui penanaman 1.000 pohon. Ke depan,kami berharap hal ini dapat memberikan nilai tambah dari segi pemandangan supaya semakin indah seraya menyambut kedatangan para wisatawan menuju sirkuit Mandalika,” ujar Kadis DLHK Provinsi NTB, Madani Mukarom dalam keterangan resmi, Minggu (20/2/2022).

Selain di Mandalika, Februari 2022, FIFGROUP juga melakukan penanaman pohon di beberapa titik lokasi lain di Indonesia yaitu Batam, Pekanbaru, Sanggau, Pasuruan (dua titik), dan menyusul di tanggal 25 Februari 2022 berlokasi di Yogyakarta. Seluruh acara dilaksanakan bekerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian, Dinas kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup, Kepolisian Sektor (Polsek), Batalyon dan pemerintah daerah di masing-masing titik lokasi ini dilakukan.

Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP Margono Tanuwijaya mengatakan, kegiatan tanam pohon ini dilakukan sebagai upaya FIFGROUP dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 13 tentang climate action (penanganan perubahan cuaca) dan nomor 15 tentang life on land (menjaga ekosistem darat), serta mendukung environmental, social & governance (ESG) nomor lima, yaitu biodiversity.

Mendukung pernyataan Margono, Human Capital (HC), General Support (GS), & Corporate Communication Director FIFGROUP Esther Sri Harjati mengatakan, sebelumnya, di tahap 1. telah dilakukan penanaman 3.300 pohon atau 10% dari total rencana 33 ribu di 10 titik wilayah Indonesia pada 21 Januari 2022. Tanam pohon kali ini merupakan tahap kedua dari total 10 tahap yang akan dilakukan sepanjang tahun 2022.”

Pada 2021, FIFGROUP telah menanam 8.498 pohon di 62 titik dan dalam kurun waktu 10 tahun FIFGROUP sudah menanam 80.564 pohon dan akan mencapai 113 ribu lebih pohon akhir 2022.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN