Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS), anak perusahaan dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dan entitas asosiasi dari Holding Danareksa, resmi meluncurkan new online trading system bernama Brights, Kamis 24 Februari 2022. (Foto: Dok. BRI Danareksa Sekuritas)

PT BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS), anak perusahaan dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dan entitas asosiasi dari Holding Danareksa, resmi meluncurkan new online trading system bernama Brights, Kamis 24 Februari 2022. (Foto: Dok. BRI Danareksa Sekuritas)

BRI Danareksa Sekuritas LuncurkanOnline Trading SystemBrights

Kamis, 24 Februari 2022 | 16:20 WIB

JAKARTA, investor.id - PT BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS), anak perusahaan dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dan entitas asosiasi dari Holding Danareksa, resmi meluncurkan new online trading system bernama Brights guna membidik pasar investor milenial Indonesia.

Data Sensus Penduduk 2020 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan generasi muda di Indonesia yang terdiri dari generasi milenial dan generasi Z mendominasi proporsi penduduk di Indonesia dengan presentasi masing-masing 27,94% dan 25,87%, dengan total 53,81%.

Selain itu, berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per Januari 2022, investor pasar modal Indonesia didominasi oleh usia milenial di bawah 40 tahun dengan proporsi hampir mencapai 82%. Data tersebut menunjukkan bahwa pangsa pasar investor milenial Indonesia memiliki potensi yang sangat besar.

Adapun peluncuran Brights digelar di BRInnovation Centre, Gedung BRI I pada Kamis (24/2/2022). Peluncuran Brights diresmikan oleh Direktur Utama BRI Danareksa Sekuritas Friderica Widyasari Dewi, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Danareksa (Persero) M. Teguh Wirahadikusumah, Direktur Konsumer BRI Handayani, Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi, serta jajaran Dewan Komisaris dan Direksi BRI Danareksa Sekuritas.

Friderica Widyasari Dewi mengatakan, Brights merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan dengan teknologi terkini untuk memberikan kenyamanan berinvestasi bagi seluruh lapisan investor di pasar modal.

Menurutnya, aplikasi Brights memiliki sejumlah fitur yang mudah untuk digunakan (user friendly), reliable serta lebih canggih, sehingga nasabah atau investor dapat melakukan transaksi ataupun berinvestasi berbagai macam instrumen investasi (saham, reksadana dan obligasi) dalam satu aplikasi terpadu.

BRIDS menargetkan aplikasi Brights sudah dapat diunduh oleh seluruh investor retail eksisting BRIDS per 1Q22.

“Selain itu melalui peluncuran ini, kami berharap ada penambahan jumlah downloader dari investor baru yang jika dijumlahkan maka pada akhir tahun 2022 ini diperkirakan bisa mencapai lebih dari 100.000 downloader. Target kami, BRIDS dapat menembus pasar milenial melalui aplikasi Brights. Selain investor milenial, BRIDS juga mengincar potensi pasar dari segmen priority banking melalui akses dari Nasabah Bank BRI,” papar Friderica.

Pada kesempatan yang sama, Moh. Burhan S. Widodo selaku Pgs. Head of Retail Customer Distribution BRIDS mengatakan, aplikasi Brights mudah dipahami, terutama bagi pengguna baru. Setelah mengunduh aplikasi Brights dan membuka pertama kali, nasabah akan disuguhkan fitur berupa (researchindicescurrency, dan commodity) yang dapat dipelajaribahkan sebelum memiliki akun atau login. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan registrasi (opening account) di halaman depan saat membuka aplikasi.

“Ketika bertransaksi melalui Aplikasi Brights, nasabah atau investor hanya dikenakan biaya berupa fee beli 0.17% dan fee jual sebesar 0.27%. Setoran awal di Brights juga terjangkau, minimum sebesar Rp100.000,” pungkasnya.

“Berinvestasi saham melalui Brights mempermudah nasabah melakukan pembelian, penjualan, dan monitor terhadap perkembangan investasinya.

Selain itu, nasabah juga dapat menggunakan beberapa fitur unggulan Brights seperti advance order untuk melakukan pembelian atau penjualan, tanpa harus memonitor market setiap saat. Nasabah juga dapat mengakses informasi pasar ataupun rekomendasi secara gratis dan update setiap hari,” ujar Burhan.

Untuk membidik pertumbuhan nasabah baru, BRIDS sebagai bagian dari BRI Group terus bersinergi dengan BRI dan seluruh perusahaan anak BRI, memanfaatkan potensi dan peluang yang ada di dalam ekosistem BRI Group.

Selain itu, sebagai salah satu program unggulan, BRIDS juga menggelar training secara rutin. Jadwalnya dapat diakses di website: www.dmia.danareksaonline.com. Training terdiri dari tiga jenis, yaitu pengenalan pasar modal, penggunaan aplikasi, dan analisis teknikal serta fundamental. Dengan kegiatan rutin secara gratis ini, diharapkan nasabah dapat mengikuti dan memahami bahwa berinvestasi di pasar modal itu mudah.

Menurut Burhan, rangkaian tersebut merupakan program mensosialisasikan aplikasi Brights agar lebih mudah dikenal masyarakat Indonesia. Selain menggunakan channel sosial media, BRIDS juga bakal menggandeng media partner. Kami aktif melakukan kegiatan edukasi dan rutin memberikan rekomendasi dan informasi market setiap hari, berupa live Instagram dan Youtube.

“Selain channel sosial media, kami juga menggunakan WhatsApp Grup dan Telegram, serta kanal dari BRI Group untuk mempermudah proses sosialisasi dan pendekatan kepada calon pengguna potensial,” imbuhnya.

Dari data yang diperoleh, hingga akhir tahun 2021 jumlah investor ritel BRIDS berjumlah di atas 128.700 nasabah dan diharapkan ada peningkatan sebanyak 35% investor hingga akhir 2022.

Lebih lanjut Burhan memaparkan, pangsa pasar BRIDS pada umumnya adalah kalangan milenial dan tidak ada batasan wilayah tertentu. Namun, jika dielaborasi lebih jauh, sebagian besar pangsa pasar ini berada di wilayah perkotaan. Hal ini dikarenakan pendapatan individu masyarakat kota memungkinkan untuk melakukan investasi pada sektor pasar modal.

Selain peluncuran aplikasi Brights, BRIDS juga menyelenggarakan Brights Forum 2022, menghadirkan dua pembicara yaitu Pandu Patria Sjahrir selaku Founding PartnerAC Ventures, mengangkat tema “New And Green Economy 2022” dan Helmy Kristanto selaku Head of Equity Research BRI Danareksa Sekuritas, menyajikan tema “Pilihan Saham Potensial 2022.”

Editor : Jayanty Nada Shofa (JayantyNada.Shofa@beritasatumedia.com)

Sumber : PR

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com