Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi membeli mobil secara tunai.

Ilustrasi membeli mobil secara tunai.

Jangan Galau, Ini Tips Agar Bisa Beli MobilCashTanpaBebani Keuangan

Jumat, 25 Maret 2022 | 14:38 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Sebagian orang mendambakan dapat membeli mobil dengan mebayar tunai/cash, karena tak ingin membayar biaya bunga yang tinggi atau hidup terus-terusan dibayangi utang bila membeli secara kredit. Namun, tak mudah untuk mewujudkannya, sebab sebagai orang merasa perlu waktu panjang untuk menabung agar dananya mencukupi, terlebih harga satu unit mobil baru mencapai ratusan juta rupiah.

Karena itu, Tim Duitpintar yang merupakan pialang asuransi memberikan beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil baru secara cash, namun keuangan tetap terjaga.

Baca Juga: Perhatikan 5 Tips Ini Ketika Ingin Membeli Mobil Bekas

Nah sebelum keputusan diambil, Duitpintar mengingatkan agar masyarakat mempertimbangkannya secara matang. Artinya apakah mobil yang akan dibeli merupakan kebutuhan atau sekadar hanya keinginan. Sebab, meskipun mobil adalah sebuah aset, nilai kendaraan roda empat terus mengalami depresiasi di masa yang akan datang.

“Karena itu, pastikan keputusan Anda membeli mobil berdasarkan kebutuhan, bukan hanya sekadar menginginkannya,” urainya, Jumat (25/3/2022).

Kalau memang punya mobil merupakan kebutuhan dan harus dibeli secara cash, berikut ini tips membeli kendaraan secara cash yang perlu diketahui:

  1. Sisihkan 50 persen dari penghasilan setiap bulannya.

Menyisihkan 50 persen dari penghasilan bisa membantu Anda membeli mobil secara cash. Caranya, sisihkan Rp10 juta tiap bulannya untuk ditabung sebagai modal membeli mobil. Untuk menyisihkan Rp10 juta per bulan memang bukan perkara mudah jika gaji Anda belum Rp20 juta.

Karena itu, jika penghasilan Anda belum Rp20 juta sebulan, maka saatnya mencari pekerjaan tambahan yang akan memberi Anda penghasilan sebesar tersebut.

  1. Sisihkan Rp3 juta setiap bulannya.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah, menyisihkan penghasilan per bulan sebanyak Rp3 juta. Menabung Rp3 juta per bulan bisa mewujudkan impian membeli mobil baru asalkan Anda sabar menyisihkannya selama tiga tahun lebih.

Selain sabar menyisihkan Rp3 juta per bulan, Anda juga tidak boleh mengambil KPR atau kredit lainnya selama tiga tahun lebih. Pasalnya, Rp3 juta itu adalah uang yang disisihkan sebesar 30 persen dari penghasilan bulanan.

  1. Sisihkan Rp1 juta setiap bulan.

Cara lainnya yang lebih mudah untuk mengumpulkan uang membeli mobil baru secara cash adalah menyisihkan Rp1 juta per bulan. Dengan menabung sebesar Rp1 juta per bulan, Anda membutuhkan waktu selama 10 tahun. Itu berarti, jika usia Anda saat ini 25 tahun, berarti baru bisa punya mobil di usia 35 tahun. Dalam hal ini, Anda harus menghitung inflasinya ya!

  1. Jual aset.

Cara lain yang paling jitu untuk segera membeli mobil secara cash adalah menjual beberapa aset warisan, seperti tanah atau rumah yang dimiliki. Dengan catatan, bukan menjual rumah yang saat ini ditempati. Melainkan, menjual aset tanah ataupun bangunan yang selama ini tidak terurus.

Sebelum menjual, cari tahu dulu harga jual tanah atau bangunan dengan menggunakan NJOP sebagai dasar perhitungan. Misalnya, aset-aset yang dijual tidak tembus Rp100 jutaan, maka Anda harus bersabar menunggu nilai jualnya naik.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com