disini
Bank DBS Indonesia Optimalkan Layanan Digital Selama Ramadan
 Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bank DBS Indonesia

Bank DBS Indonesia

Bank DBS Indonesia Optimalkan Layanan Digital Selama Ramadan

Jumat, 29 April 2022 | 21:39 WIB
Fajar Widhiyanto (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id Selama bulan Ramadan 2022, Bank DBS Indonesia mengoptimalkan layanan full-fledged digital banking melalui aplikasi digibank by DBS untuk memenuhi semua kebutuhan transaksi nasabah. Berdasarkan atas data Survey Sensum Ramadan Consumer Insight 2022, geliat konsumsi masyarakat naik signifikan, bahkan mendekati normal seperti sebelum pandemi. Persentase masyarakat yang menaikkan anggaran belanja Ramadan meningkat hingga 57% dibandingkan dengan tahun lalu, dan total anggaran belanja masyarakat pun naik 10% dibandingkan dengan tahun 2019, sebelum masa pandemi.

Bank DBS Indonesia pun jeli mencermati pertumbuhan tren ini dengan mencatatkan beberapa perkembangan yang menggembirakan terkait dengan mulai pulihnya perilaku konsumen seiring dengan pelonggaran aturan Covid-19. Perubahan gaya hidup pascapandemi dan selama Ramadan ini pun tak luput dari peranan perbankan digital yang turut mendukung kemudahan transaksi nasabah sehari-hari. Hal ini sejalan dengan data transaksi ritel kartu kredit digibank pada bulan Maret 2022 yang sudah mendekati normal dengan adanya peralihan ke platform e-commerce dan transaksi internasional, di mana total transaksi ritel mencapai 20% lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Advertisement

Dari sisi kartu debit dan transaksi sehari-hari, Bank DBS Indonesia mencatatkan pertumbuhan transaksi yang stabil dibandingkan tahun lalu. Pada kuartal I-2022, pembelanjaan secara offline (di lokasi) naik sebanyak 26%, didukung oleh pembelanjaan kuliner, bahan pokok (groceries) dan pakaian. Sebagian besar transaksi melalui aplikasi digibank by DBS juga banyak digunakan untuk e-commerce, pemesanan makanan online, dan berlangganan kanal hiburan. digibank by DBS juga memberikan keuntungan kepada nasabah dengan berbagai promosi untuk transaksi harian, salah satunya cashback untuk berbagai transaksi kartu debit serta layanan Bayar & Beli melalui aplikasi, seperti top-up emoney dan pembayaran tagihan.

Director Consumer Banking Group PT Bank DBS Indonesia Rudy Tandjung mengatakan, pihaknya senang melihat geliat perekonomian yang berangsur pulih sejalan dengan perilaku konsumsi konsumen yang terus meningkat.

“Melalui kapabilitas digital Bank DBS Indonesia yang kami sebut ‘This is DBS digibanking’, kami optimistis bahwa nasabah dapat mengoptimalkan aplikasi digibank by DBS untuk kebutuhan perbankan sehari-hari. Tidak hanya untuk mengecek saldo dan transfer, tetapi nasabah juga bisa berinvestasi sehingga dapat ‘level-up’ finansial mereka. Terdapat berbagai fitur yang memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan secara mudah, nyaman, dan aman sesuai dengan prinsip kami, yaitu ‘Live More Bank Less’,” kata Rudy.

Untuk memenuhi kebutuhan nasabah akan layanan yang serba instan selama Ramadan dan libur Hari Raya Idul Fitri, Bank DBS Indonesia mempunyai solusi digital yang mudah untuk seluruh kebutuhan melalui digibank by DBS. Mulai dari pembukaan rekening tabungan, deposito, investasi, pengaturan kartu kredit, hingga pengajuan KTA instan yang cukup klik di satu aplikasi. Aplikasi digibank by DBS memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi secara digital, salah satu terobosannya adalah pengajuan kartu kredit digital secara online dengan approval 60 detik.

Pertumbuhan segmen kartu kredit kian menarik dengan tumbuhnya tren BNPL (buy now, pay later) di Indonesia yang masih akan meningkat di tahun 2022 seiring dengan adanya keinginan untuk meningkatkan kualitas hidup setelah pandemi. Penggunaan BNPL saat ini tidak lagi hanya dalam hal memenuhi kebutuhan primer. Faktanya, tren BNPL sudah mulai menjadi pilihan bagi masyarakat untuk memenuhi gaya hidup yang serba cepat, yakni berbelanja peralatan elektronik dan kebutuhan fashion, hingga melakukan perencanaan liburan melalui e-commerce. Tercatat sebanyak 30% orang telah meningkatkan pengeluaran online mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Tren layanan BNPL kian diminati karena dinilai memberikan kemudahan dalam bertransaksi, cepat, serta menghadirkan pilihan cicilan yang dapat membantu masyarakat dalam mengatur cash flow sembari memenuhi gaya hidup sesuai kebutuhan penggunaannya.

Head of Card Business PT Bank DBS Indonesia Ari Lastina menuturkan, aplikasi digibank by DBS memerhatikan dan mendengarkan perubahan perilaku nasabah dan berinovasi khususnya dalam menciptakan consumer journey yang menyenangkan. Melalui kemudahan persetujuan 60 detik, Kartu Kredit Digital digibank Black dan LiveFresh memungkinkan nasabah menggunakan layanan BNPL 0% tiga bulan yang cepat dan aman, dengan keunggulan di mana seluruh transaksi ritel nasabah di merchant manapun di dalam dan luar negeri dapat diubah menjadi BNPL. “Melalui platform digital yang kami sediakan, kami percaya nasabah dapat lebih nyaman dan diuntungkan dengan bertransaksi dengan Kartu Kredit digibank,” kata Ari Lastina.

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN