Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir secara langsung mengikuti acara

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir secara langsung mengikuti acara "Halal Bi Halal BRILinkers: Rumahnya Paguyuban Agen Brilink", yang berlangsung di Balai Pemuda, Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu (14/05/2022).

Menteri BUMN: Dorong Pembangunan Ekonomi Kerakyatan, BRI Salurkan KUR Rp 260 Triliun

Sabtu, 14 Mei 2022 | 15:57 WIB
Primus Dorimulu (primus@investor.co.id)

SURABAYA, investor.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, Kementerian BUMN terus mendorong pembangunan program ekonomi kerakyatan. Akses modal bagi rakyat ditingkatkan, antara lain dengan menaikkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh bank BUMN PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dari Rp 190 triliun ke Rp 260 triliun tahun 2022. Ini merupakan 67% dari total pendanaan KUR nasional sebesar Rp 388 triliun.

“Kami ada pertemuan dan diskusi dengan Agen BRILink. Ini dalam persiapan peningkatan jumlah agen dari sekitar 500.000 ke 600.000, sebagai salah satu akses untuk BRI bisa meningkatkan penyaluran KUR dari Rp 190 triliun ke Rp 260 triliun di tahun 2022,” ujar Erick saat menghadiri acara "Halalbihalal BRILinkers: Rumahnya Paguyuban Agen Brilink", yang berlangsung di Balai Pemuda, Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu (14/05/2022).

AgenBRILink mencatatkan kinerja yang luar biasa, per April 2022, transaksi di AgenBRILink sudah mencapai 357 juta (tumbuh 30,6% yoy) dengan volume Rp 433 triliun (tumbuh 26,1% yoy). Selama periode 4 bulan pertama 2022, fee yang diperoleh melalui AgenBRILink mencapai Rp 482 miliar, yang juga terefleksi sebagai pendapatan AgenBRILink. Jumlah AgenBRILink ditargetkan bisa menyentuh 600.000 agen hingga akhir 2022 di seluruh Indonesia, dibanding per April 2022 yang mencapai 552.709 agen.

Dengan antara lain melalui pengembangan agen laku pandai “Agen BRILink”, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk terus berkontribusi dalam mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia. Upaya Ini sejalan dengan usaha BRI mendukung pencapaian target 90% inklusi keuangan yang diusung Otoritas Jasa Keuangan (OJK). AgenBRILink dinilai efektif memberikan layanan keuangan dengan penetrasi hingga pelosok Tanah Air.

Pencapaian kinerja ini mendapat apresiasi langsung dari Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir yang secara langsung mengikuti acara Halalbihalal BRILinkers. Acara juga dihadiri antara lain Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto, Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto, Direktur Utama Bank Raya Bapak Kaspar Situmorang, Chief Business Officer BRI Insurance Rachmat Budi Legowo, serta RCEO BRI Surabaya Bustomi dan Division Head BND Kicky Andrie Davetra. Hadir pula 500 AgenBRILink dari Provinsi Jawa Timur yang tersebar di Surabaya dan Malang, serta diramaikan juga oleh Insan BRILian, pekerja BRI di Provinsi Jawa Timur.

Erick Thohir mengatakan, pihaknya terus mendorong agar AgenBRILink dapat menjadi salah satu ujung tombak kekuatan ekonomi Indonesia. “Pesan saya, harus belajar terus untuk melek digital, melek teknologi. Agen BRILink jangan berpuas diri, harus terbuka terhadap perubahan. Semoga BRILinkers bisa jadi ujung tombak pembangunan dan UMKM Indonesia,” kata Erick.

BRIvolution 2.0

Dalam keterangan tertulis yang diterima Investor Daily, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan, AgenBRILink menjawab kebutuhan layanan perbankan masyarakat, khususnya di wilayah terpelosok. AgenBRILink ikut berperan memberikan sharing economy bagi masyarakat, sejalan dengan visi BRI untuk menjadi Champion of Financial Inclusion dan fokus BRI dalam mengembangkan ekosistem ultra mikro.

“AgenBRILink merupakan salah satu bagian penting yang tak terpisahkan dalam mewujudkan strategi BRIvolution 2.0 tersebut. Peningkatan peran dan tata kelola AgenBRILink menjadi fokus kami untuk meningkatkan kualitas AgenBRILink dalam melayani masyarakat yang menghadirkan manfaat nyata dengan kenyamanan sedekat kerabat,” ungkap Amam.

Ia menegaskan, Bank BRI selalu dan terus berinovasi untuk menjawab kebutuhan perbankan masyarakat khususnya UMKM yang mana di era digital saat ini menuntut kecepatan dan kemudahan layanan.

Bentuk Paguyupan

Dalam acara ini juga secara resmi dibentuk komunitas “BRILinkers” yang merupakan paguyuban AgenBRILink dan dilakukan peluncuran terbatas BRILinkers App. Forum ini dibentuk untuk mendukung pertumbuhan bisnis AgenBRILink serta sebagai media informasi, edukasi dan promosi untuk peningkatan kapabilitas AgenBRILink.

Secara terperinci, Amam menambahkan, “Brilinkers” dibentuk sebagai wadah komunikasi, silaturahmi serta meningkatkan kolaborasi antar AgenBRILink dan BRI melalui Paguyuban AgenBRILink untuk berkembang dan bertumbuh bersama, baik dari sisi pengetahuan, kemampuan dan produktivitas AgenBRILink.

Selain itu, “BRILinkers” mengoptimalkan jejaring dan kemitraan antarsesama AgenBRILink, meningkatkan peranan AgenBRILink dalam pembangunan daerah, mempercepat inklusi dan literasi keuangan di Indonesia dan menjadi salah satu langkah mewujudkan visi BRI “Champion of Financial Inclusion”.

Sementara itu, “BRILinkers App” merupakan sebuah platform pendukung untuk para AgenBRILink dengan tujuan memberi standarisasi informasi, komunikasi, edukasi, serta promosi BRILink.

“Semoga seluruh inovasi dan upaya BRI dalam menghadirkan produk/fitur digital dapat meningkatkan manfaat bagi seluruh nasabah dan dalam hal ini khususnya bagi AgenBRILink yang kami cintai dan banggakan,” tandas Amam.

Selain transaksi keuangan, saat ini AgenBRILink telah dipercaya untuk melayani perluasan layanan seperti pengajuan pinjaman mikro, pendaftaran BPJS TK, pembayaran Pajak, AgenBRILink Mitra Pertashop, serta pembelian tiket penyeberangan ferry ASDP.

“Dalam rangka mendukung operasional AgenBRILink dalam melayani masyarakat yang mudah dan cepat, telah diluncurkan juga fasilitas Dana Talangan AgenBRILink yang merupakan fasilitas digital dari kolaborasi atau sinergi BRIgroup, antara Bank BRI dan Bank Raya, dengan produknya yaitu Pinang Paylater yang diperuntukan bagi AgenBRILink kelas Jawara dan Juragan,” paparnya.

Dengan fasilitas ini, AgenBRILink tidak perlu pusing karena ketidakcukupan modal di rekening operasionalnya, dikarenakan belum sempat melakukan penyetoran uang tunai dari hasil transaksi yang berjalan.

“Cukup melakukan pengajuan pada fasilitas Dana Talangan AgenBRILink pada aplikasi BRILink Mobile. Tak perlu menunggu lama, maka dana akan cair ke rekening operasional, sehingga Agen dapat terus melanjutkan melayani transaksi nasabah. Ini sungguh merupakan fasilitas digital yang mudah dan cepat.

“Untuk menjamin uang yang ada di tempat AgenBRILink, sinergi dengan BRIgroup yang lain -- dalam hal ini BRI Insurance --, kami telah memberikan loyalti program berupa premi asuransi Cash In Safe selama 1 tahun, khusus untuk AgenBRILink Jawara dan Juragan,” imbuhnya.

Editor : Esther Nuky (esther@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN