Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Dirut BRI Sunarso

Dirut BRI Sunarso

Ditanya Laba Semester I, Begini Kata Dirut BRI (BBRI) Sunarso

Rabu, 6 Juli 2022 | 15:51 WIB
Investor Daily (redaksi@investor.id)

SINGAPURA, Investor.id - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menyebutkan bahwa laba bersih hingga kuartal II pasti bagus, meskipun tantangan masih besar yang datang dari global.

“Kami akan mengumumkan kinerja keuangan pada waktunya, tapi percayalah bahwa laba BRI pasti bagus hingga kuartal II tahun ini,” ujar Direktur Utama BRI Sunarso di Singapura, Rabu (6/7/2022).

Advertisement

Baca juga: Suku Bunga Tren Naik, BRI (BBRI) Siapkan Empat Strategi

Hingga kuartal I-2022, perseroan membukukan lonjakan laba bersih sebanyak 78,13% menjadi Rp 12,2 triliun, dibandingkan periode sama tahun lalu Rp 6,82 triliun.

Laba yang bagus tersebut, ungkap dia, tanpa mengabaikan risiko. Bahkan, perseroan menerapkan cadangan risiko yang sangat bagus.

Terkait laba sampai akhir tahun, Sunarso mengatakan, ekonomi memang sedang mengalami anomali dan penuh tantangan yang datang dari eksternal.

“Tapi secara internal, ekonomi Indonesia itu sangat solid. Oleh karena BRI bermain di UMKM yang jauh dari epicentrum permasalah global, pertumbuhan kinerja keuangan perseroan pasti bagus,” terangnya.

Bahkan, ungkap dia, apabila BRI mengisolasi diri dengan memfokuskan pada pertumbuhan domestik. Perseroan masih memiliki peluang pertumbuhan kinerja keuangan yang baik.

Sebelumnya, analis BRI Danareksa Sekuritas Eka Savitri mengatakan, kinerja keuangan emiten sektor bank hingga Mei 2022 berjalan sesuai ekspektasi. Total laba bersih sebanyak 11 bank yang diriset BRI Danareksa Sekuritas telah merefleksikan 44,5% dari total target tahun 2022. Sedangkan pertumbuhan kredit rata-rata mencapai 10%.

Baca juga: Meski Eksternal Bergejolak, Dirut BRI Sunarso Sebut Ekonomi Indonesia masih Solid

Dia mengatakan, rata-rata margin keuntungan bersih (NIM) juga mencapai 5,5% atau sesuai dengan ekspektasi. Begitu juga dengan rata-rata biaya kredit menunjukkan penurunan sebanyak 190 bps.

“Kami tetap mempertahankan pertumbuhan rata-rata laba bersih bank tahun ini mencapai 21,1% didukung rata-rata peningkatan kredit sebanyak 9,5%, dan penurunan biaya kredit mencapai 196 basis poin,” tulisnya dalam riset yang diterbitkan di Jakarta, pekan lalu.

Terkait sektor bank pada semester II-2022, dia mengatakan, ruang penurunan biaya pendanaan (CoF) perbankan memang mulai minimal. Hal ini dipengaruhi langkah Bank Indonesia untuk memperketat kebijakan moneter dengan menaikkan reserve requirement ratio (RRR) secara bertahap dan peluang kenaikan tingkat suku bunga perbankan.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN