Menu
Sign in
@ Contact
Search
Maybank Syariah. (ist)

Maybank Syariah. (ist)

Lima Pertanyaan Populer tentang Perbankan Syariah

Selasa, 19 Jul 2022 | 12:24 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) memberikan solusi perbankan syariah melalui unit usaha syariah (UUS) Maybank Indonesia, yang sudah memiliki basis nasabah tersendiri.

Layanan ini bisa menjadi opsi bagi calon nasabah yang sedang mengeksplorasi simpanan berbasis syariah, yaitu melalui Maybank Tabungan U iB, Maybank Tabungan MyArafah dan Maybank Tabungan MyPlan iB Shariah Journey.

Dalam rangka melengkapi wawasan dan pengetahuan masyarakat akan produk keuangan syariah, berikut ini adalah lima pertanyaan yang paling kerap terlontarkan di masyarakat seputar tabungan dan/atau investasi syariah.

Pertama, apakah perbedaan produk simpanan syariah dan konvensional? Jawabannya pengelolaan dana nasabah harus sesuai dengan prinsip syariah, misalnya, disalurkan hanya kepada kegiatan yang dinilai Halal.

Kedua, siapa sajakah yang dapat membuka tabungan syariah? Jawabanny, setiap orang bisa membuka tabungan syariah.

Ketiga, apakah di tabungan syariah mendapatkan bunga seperti tabungan konvensional lainnya? Perbankan syariah tidak menerapkan sistem bunga. Ketika  nasabah membuka rekening tabungan syariah, nasabah dapat memilih jenis akad atau basis pengelolaan simpanan yang diinginkan. Nasabah berhak atas imbal hasil (bagi hasil) apabila produk yang digunakan menggunakan basis akad mudharabah mutlaqah.

Keempat, untuk membuka rekening tabungan syariah, berapakah dana yang perlu disetor? Maybank Indonesia memiliki beragam produk simpanan berbasis syariah. Bagi nasabah baru yang belum pernah memiliki rekening di Maybank, mereka dapat membuka Maybank Tabungan U iB dengan setoran awal Rp 200 ribu, yang dapat dengan mudah dibuka dengan menggunakan smartphone via aplikasi M2U ID.

Apakah tabungan syariah memiliki manfaat lain yang berbeda dibandingkan dengan tabungan konvensional? Fitur zakat online dari UUS Maybank Indonesia merupakan salah satu solusi andalan bagi nasabah yang hendak menyalurkan zakat kepada lembaga resmi pengelola zakat, infak, dan sedekah, yang telah bekerjasama dengan Maybank Indonesia, yaitu: Dompet Dhuafa, Baznas Bazis, Rumah Yatim, dan Rumah Zakat.

“Mengusung misi Humanising Finansial Services, Maybank Indonesia mengerti pentingnya pengelolaan keuangan dan gaya hidup secara seimbang dan berkesinambungan. Komitmen kami adalah untuk terus dapat menyediakan solusi keuangan yang memahami aspirasi  nasabah dalam journey keuangannya, khususnya melalui produk dengan prinsip syariah,” tutur Romy Buchari, Head of Shariah Banking, Maybank Indonesia.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com