Menu
Sign in
@ Contact
Search
Astra Life

Astra Life

Dorong Literasi Finansial untuk Anak, Simak Cara dan Manfaatnya

Senin, 1 Agustus 2022 | 19:57 WIB
Kunradus Aliandu (kunradus@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Hari Anak Nasional pada Juli lalu kembali menjadi momen pengingat bagi para orang tua untuk memberikan ruang pembinaan yang kondusif agar setiap anak dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal. Salah satu bentuk dari pembinaan ini bisa diwujudkan melalui edukasi dan penanaman kebiasaan yang positif bagi anak, misalnya edukasi finansial melalui kebiasaan menabung untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan di masa depan.

“Literasi keuangan pada anak tidak hanya mencakup pengenalan akan nilai uang, namun bagaimana mengelola secara bijak agar setiap anak bisa mempersiapkan masa depan mereka. Sebagai bagian dari industri finansial, kami turut mendukung upaya peningkatan literasi keuangan bagi anak untuk menciptakan generasi masa depan memiliki pengetahuan dan ketahanan finansial,”kata VP, Head of Marketing & Branding and Digital Channel Astra Life Windy Riswantyo.

Ia mengatakan, pihaknya ingin mengajak para orang tua untuk memberikan pemahaman literasi keuangan bagi anak dan mengetahui manfaatnya. Berikut 4 cara dan manfaat literasi keuangan sejak dini pada anak:

1. Berikan pemahaman akan nilai uang untuk cegah kebiasaan boros.

Setiap anak perlu diajarkan bahwa uang tidak didapatkan begitu saja, namun untuk mendapatkannya perlu dilakukan sebuah usaha terlebih dahulu, misalnya dengan bekerja yang memerlukan pikiran, tenaga, dan waktu. Anak-anak akan lebih mudah mengerti akan nilai uang saat mereka juga mengerti usaha yang perlu dilakukan oleh orang tuanya. Hal ini juga bisa mencegah kebiasaan boros pada anak dengan mulai menanamkan kebiasaan menabung yang bisa dilakukan secara sederhana dengan celengan.

2. Ajak mengatur dan mengalokasikan uang untuk melatih kemampuan pengelolaan.

Dengan mengajak anak untuk mengatur dan mengalokasikan uang misalnya dengan uang jajan, dapat melatih kemampuan pengelolaan yang juga bisa bermanfaat untuk berbagai aspek kehidupan lainnya. Selain itu, kemampuan pengelolaan dan alokasi juga bisa bermanfaat untuk mengajarkan tentang pentingnya menentukan skala prioritas dari sumber keuangan yang terbatas.

3. Mengenal berbagai kebutuhan untuk membedakan level urgensinya.

Para orang tua dapat memberikan edukasi terkait kebutuhan primer, sekunder, tersier disertai dengan contoh yang sederhana. Sebab, cara tersebut dilakukan agar anak bisa membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan sekaligus menentukan tujuan finansial yang realistis. Perlu diingat peran orang tua juga sangat diperlukan untuk memberikan contoh akan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan tersebut, sehingga anak-anak pun dapat memahami secara lebih mudah.

4. Ajarkan pemahaman mitigasi risiko finansial untuk antisipasi hal-hal di luar dugaan.

Setelah memahami akan nilai uang, pentingnya menabung dan mengelola uang, anak-anak juga perlu diberikan pemahaman mitigasi untuk risiko finansial. Misalnya mengetahui tempat penyimpanan uang yang aman untuk meminimalisir risiko pencurian dengan cara beralih dari tabungan di celengan menjadi tabungan di bank. Risiko finansial juga bisa mencakup risiko yang dialami oleh pencari nafkah dalam keluarga seperti sakit ataupun tutup usia yang berdampak pada kelancaran keuangan keluarga. Risiko ini bisa dimitigasi dengan produk asuransi yang dapat dijelaskan secara sederhana pada anak sebagai dasar pengetahuan mereka bahwa asuransi yang dimiliki orang tua juga turut memberikan perlindungan atas risiko-risiko finansial yang bisa terjadi.

Selain literasi keuangan sebagai bentuk cinta pada masa depan anak, baru-baru ini Astra Life meluncurkan kampanye #InsuranceisLove sebuah gerakan untuk mengajak masyarakat melindungi masa depan keluarga tercinta. Ditandai dengan kolaborasi Astra Life bersama Kunto Aji menciptakan sebuah lagu berjudul “Salam Pada Rindu”. Seraya mendukung literasi finansial, masih dalam rangkaian kampanye #InsuranceisLove, Astra Life menggandeng generasi sandwich dengan menghadirkan rangkaian talk show secara online melalui Instagram Live bertajuk #ByeSandwichGeneration Masterclass. Rangkaian berlangsung pada Juli hingga Desember 2022 di Instagram @astralifeid, diisi oleh sejumlah influencer dan content creator finansial.

Baca juga: Semester I, Astra Life Catat Total Tertanggung Tumbuh 13%

Editor : Kunradus Aliandu (kunradu@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com