Menu
Sign in
@ Contact
Search
Konferensi pers perkembangan kinerja PT Asuransi BRI Life (BRI Life) yang digelar di Jakarta, Jumat (14/9). (ist)

Konferensi pers perkembangan kinerja PT Asuransi BRI Life (BRI Life) yang digelar di Jakarta, Jumat (14/9). (ist)

Kuartal III, BRI Life Bukukan Pendapatan Premi Rp 6,9 Triliun

Minggu, 16 Okt 2022 | 08:39 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – PT Asuransi BRI Life (BRI Life) membukukan pertumbuhan pendapatan premi (gross written premium/GWP) senilai Rp 6,9 triliun. Nilai itu tumbuh lebih dari 40% secara tahunan (year on year/yoy) sampai dengan kuartal III-2022.

Direktur Utama BRI Life Iwan Pasila menjelaskan, perseroan terus tumbuh dari berbagai aspek keuangan, bahkan di tengah perlambatan kondisi pasar asuransi jiwa. Premi baru ekuivalen yang disetahunkan (annualized premium equivalent/APE) juga tumbuh 42% (yoy) menjadi Rp 2,45 triliun, menempatkan posisi BRI Life ke peringkat ke-2 dengan market share sebesar 6,6% di sektor industri asuransi jiwa.

"Pertumbuhan ini ditopang oleh ketersediaan pasar yang sangat luas di induk usaha di Bank BRI dan target operating model yang disesuaikan dengan perkembangan usaha, dengan didukung oleh expertise di bidang asuransi jiwa dan IT dari FWD," ungkap Iwan dalam keterangannya, yang dikutip pada Minggu (16/10/2022).

Baca juga: Semester I-2022, Premi Asuransi Jiwa Nasional Turun 9,47%

Advertisement

BRI Life terus melakukan standarisasi di bidang pemasaran dan tenaga pemasar, alat-alat yang digunakan, dan proses pemasaran untuk memastikan premi yang dihasilkan berkualitas. Dengan begitu, perseroan dapat memenuhi kewajiban kepada pemegang polis pada saat jatuh tempo. Dari sisi operasional, efisiensi melalui teknologi digital dilakukan sehingga layanan bisa cepat dan akurat. Hal ini tidak terlepas dari dukungan BRI dan FWD yang diyakini dapat terus memacu pertumbuhan ke depan.

"Kami yakin dapat terus tumbuh untuk mem-BRILife-kan Indonesia guna memberi nilai tambah bagi tercapainya visi induk usaha kami di BRI, untuk menjadi the most valuable banking group in SEA dan menjadi champion dalam financial inclusion, serta untuk berkontribusi bagi pencapaian visi FWD dalam changing the way people feel about insurance," tandas Iwan.

Lebih lanjut, Direktur Pemasaran BRI Life Sutadi mengungkapkan, pihaknya terus mendorong penetrasi semua segmen di Bank BRI. Hal ini dapat tergambar dari penetrasi yang dihasilkan dari produk PIJAR dan AMKKM sampai dengan September 2022 terhadap APE perseroan. Jika dirinci, PIJAR membukukan APE sebesar Rp 273 miliar dan AMKKM sebesar Rp 609 miliar. Dua produk tersebut juga bahkan mampu memberi perlindungan kepada sekitar 1,5 juta pemegang polis per bulan.

Baca juga: Bencana Alam Merebak, Kenali Jenis-jenis Asuransi Mobil yang Anda Butuh 

"Saat ini BRI Life sedang mengembangkan pemasaran produk asuransi jiwa melalui BRImo, yang merupakan super apps yang dikembangkan oleh Bank BRI. Proses ini masih dalam tahap awal untuk mendapatkan alur kerja yang memenuhi harapan nasabah BRImo," ungkap Sutadi.

BRI Life terus mengembangkan pemasaran melalui 580 ribu Agen BRILink yang ada saat ini dengan menggunakan media EDC Android sebagai tools pemasaran. Sutadi meyakini, semua inisiatif yang ada dan dengan pangsa pasar yang sangat luas di induk maka BRI Life dapat terus bertumbuh ke depan.

Di samping itu, Direktur Keuangan BRI Life Lim Chet Ming memaparkan pencapaian sampai dengan September 2022. Salah satunya yakni hasil investasi tumbuh 22% (yoy) menjadi sebesar Rp 638,2 miliar, ditopang kinerja unit link (UL) pemegang polis dengan kontribusi Rp 190,3 miliar.

"Sementara hasil investasi untuk portofolio non-UL mengalami kontraksi karena sebagian besar kami investasikan pada SUN (60%), pasar uang (19%), dan obligasi korporasi yang masuk dalam investment grade (18%), sesuai dengan karakteristik kewajiban yang ada," jelas Lim.

Baca juga: Pembentukan LPP Diyakini Tingkatkan Minat Masyarakat Berasuransi 

Adapun total aset BRI Life sampai September 2022 mencapai Rp 21,0 triliun, meningkat lebih dari 20% (yoy). Posisi kesehatan keuangan masih bisa dijaga dengan tingkat solvabilitas (risk based capital/RBC) di level 505%, jauh di atas persyaratan minimum yang ditetapkan oleh OJK sebesar 120%.

Pembayaran Klaim

Sementara itu, Direktur Operasional BRI Life Yossie William Iroth menerangkan, teknologi digital pun dimanfaatkan perseroan agar ikut mendorong berbagai proses pelayanan yang cepat dan akurat. Apalagi pemegang polis terus tumbuh cepat sampai dengan 50% (yoy) menjadi sebanyak 23,4 juta per September 2022. "Kami terus mendorong efektivitas dan efisiensi pelayanan pelanggan dengan memanfaatkan teknologi digital dan terus meningkatkan kapabilitas infrastruktur IT dan security," terang Yossi.

Kendati demikian, BRI Life tetap menjaga komitmen dengan membayarkan kewajibannya. Klaim dibayar mencapai Rp 3,6 triliun sampai dengan kuartal III-2022, cenderung susut 11% (yoy) dipengaruhi penurunan klaim yang disebabkan pandemi Covid-19.

Baca juga: Memahami 4 Risiko yang Bisa Ditanggung Asuransi Jiwa

Berdiri pada 28 Oktober 1987, BRI Life mengumumkan untuk menggelar beragam rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT ke ke-35 di tahun ini. Kegiatan yang dimaksud dimulai dari acara literasi dan edukasi keuangan ke masyarakat, hingga rangkaian lomba internal dan eksternal dari perusahaan.

Selain itu, perseroan juga berencana untuk mengadakan kegiatan corporate social responsibility (CSR) di sejumlah wilayah. Puncak acara HUT BRI Life ke-35 akan diselenggarakan pada tanggal 28 Oktober 2022 secara langsung (off air), di Ancol, Jakarta.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com