Menu
Sign in
@ Contact
Search
BRI menyabet dua penghargaan BI Awards 2022, yaitu sebagai Bank Pendukung UMKM Terbaik dan Bank Konvensional Pendukung Pengendalian Moneter Rupiah dan Valas Terbaik dalam BI Awards 2022. (Foto: Dok BRI)

BRI menyabet dua penghargaan BI Awards 2022, yaitu sebagai Bank Pendukung UMKM Terbaik dan Bank Konvensional Pendukung Pengendalian Moneter Rupiah dan Valas Terbaik dalam BI Awards 2022. (Foto: Dok BRI)

BRI Sabet Dua Penghargaan BI Awards 2022

Minggu, 4 Des 2022 | 09:59 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus memperkuat fungsi intermediasi di tengah gejolak ekonomi global dan ancaman inflasi. Dinilai memiliki kinerja prima, Bank Indonesia (BI) menobatkan BRI sebagai Bank Pendukung UMKM Terbaik dan Bank Konvensional Pendukung Pengendalian Moneter Rupiah dan Valas Terbaik dalam BI Awards 2022.

Direktur Utama BRI Sunarso menyampaikan bahwa BRI senantiasa mengambil peran sebagai pendorong pemulihan ekonomi dan penguatan pasar rupiah. “Penghargaan ini menjadi pemicu bagi BRI untuk senantiasa memberikan layanan terbaik untuk memberi makna Indonesia. Apresiasi juga kami tujukan kepada InsanBRILian (Pekerja BRI) yang telah memberikan kontribusi terbaiknya dalam melayani berbagai kebutuhan nasabah,” ungkap Sunarso dalam keterangannya, Sabtu (3/12/2022).

BRI tercatat terus meningkatkan komitmennya untuk memberdayakan dan menumbuhkembangkan UMKM. Hal ini dibuktikan dengan proporsi kredit UMKM BRI yang telah mencapai 84,20% pada kuartal III-2022. Total kredit dan pembiayaan BRI Group tercatat mencapai Rp 1.111,48 triliun atau tumbuh 7,92% (yoy). 

Baca juga: Bawa UMKM Mendunia, BRI Selenggarakan UMKM Expo(rt) BRILianpreneur 2022

Advertisement

Secara khusus, portofolio kredit UMKM BRI meningkat sebesar 9,83% (yoy) menjadi Rp 935,86 triliun di akhir September 2022. Hal ini menjadikan proporsi kredit UMKM dibandingkan total kredit BRI terus meningkat, menjadi sebesar 84,20%.

Sunarso juga menambahkan bahwa strategi business follow stimulus yang diterapkan perseroan juga merupakan bentuk kontribusi terhadap pemulihan ekonomi Indonesia. Ke depan, dirinya mengatakan perseroan akan terus menjangkau masyarakat yang selama ini unbankable melalui berbagai inisiatif. 

Salah satunya, pembentukan Holding Ultramikro bersama PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Melalui resources baru yang terbentuk ini, Sunarso optimistis Holding Ultra Mikro dapat mengangkat potensi pelaku usaha ultra mikro dan mikro sekaligus memantik pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Holding UMi ini adalah strategi kami, resources untuk lebih fokus untuk melayani masyarakat ultramikro ini sebanyak mungkin, sehingga nanti tidak ada salahnya kalau kami bisa menghadirkan kecepatan, kemudahan dan juga kemurahan sekaligus. Itulah yang disasar oleh holding,” terang dia.

Baca juga: Sunarso: BRI, Bank yang Didukung Rakyat

Tidak sampai di situ, BRI juga terus mendampingi pelaku UMKM untuk dapat mengakses pangsa pasar internasional. Hal ini didukung oleh layanan transaksi valas BRI sehingga bisa menjamin dengan cakupan bank koresponden yang luas.

"BRI terus memperkuat layanan ekspor impor yang melibatkan pelaku usaha Indonesia melalui pendampingan, pengembangan produk, dan strategi pricing yang unggul. Luasnya cakupan bank koresponden serta jaringan unit kerja di dalam maupun luar negeri juga menjadi nilai tambah BRI,” jelas Sunarso.

BRI juga aktif berkontribusi dalam penguatan pasar uang rupiah melalui transaksi repo. Hal ini sejalan dengan implementasi Blueprint Pengembangan Pasar Uang (BPPU) 2025 yang diluncurkan oleh BI.

“Apresiasi ini sekaligus menjadi bukti nyata atas dedikasi dan peran BRI sebagai salah satu bank BUMN dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional. Ke depannya, BRI akan terus menjadi mitra strategis BI dalam menjaga stabilitas moneter Indonesia,” pungkas dia.

Editor : Nida Sahara (niidassahara@gmail.com )

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com