Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Togar Pasaribu dalam acara media gathering yang digelar AAJI secara virtual, Rabu, 14 April 2021.(Foto: Ist)

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Togar Pasaribu dalam acara media gathering yang digelar AAJI secara virtual, Rabu, 14 April 2021.(Foto: Ist)

AAJI : Cegah 'Mis-Selling', Agen Asuransi Harus Pahami Standar Praktik dan Kode Etik

Rabu, 14 April 2021 | 17:41 WIB
Herman

JAKARTA, investor.id -- Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengingatkan perusahaan asuransi jiwa untuk memastikan bahwa tenaga pemasar atau agen asuransinya memahami standar praktik dan kode etik pemasar AAJI, serta kompeten dalam menjelaskan produk kepada nasabah.

Pernyataan ini disampaikan Togar untuk merespons adanya keluhan pemegang polis terkait peran tenaga pemasar atau agen asuransi, di mana banyak pemegang polis yang mengaku tidak mengetahui produk asuransi yang dibelinya lantaran tidak dijelaskan secara detail oleh tenaga pemasar.

“AAJI berharap perusahaan semakin menekankan mengenai standar praktik dan kode etik kepada seluruh tenaga pemasar, sehingga menghindari adanya disinformasi, menghindari mis-selling dan sebagainya. Memang, kalau kita lihat baru-baru ini, ceritanya adalah tentang tenaga pemasar. Kalau kita dengar ada yang menyatakan bahwa tenaga pemasar atau agen itu menyatakan begini menyatakan begitu. Saya pikir, kita harus bijak melihat persoalan ini. Sebab tidak mungkin omongan dijadikan pegangan. Jadi, kembali kepada polis yang harus menjadi acuan di antara para pihak,” kata Togar Pasaribu dalam acara media gathering yang digelar AAJI secara virtual, Rabu (14/4/2021).

Di sisi lain, Togar juga berharap para nasabah maupun calon nasabah dapat menjalankan hak dan kewajibannya untuk memahami produk yang akan dipilih, sebelum melakukan pembelian dan memastikan produk tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, calon nasabah juga wajib membaca ringkasan informasi produk dan layanan pada saat akan melakukan pembelian produk, serta membaca dan memahami seluruh manfaat dan risiko produk yang terdapat pada polis.

“Kalau calon nasabah tidak membaca polisnya, ini satu hal yang merugikan. Karena di dalam polis itulah segala sesuatu tertulis dengan jelas, bukan dari omongan,” kata Togar.


 

Editor : Nurjoni (nurjoni@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN