Menu
Sign in
@ Contact
Search
Brosur Bank Peserta Penjamin LPS di salah satu bank di Jakarta. Foto ilustrasi: Beritasatu Photo/Uthan AR

Brosur Bank Peserta Penjamin LPS di salah satu bank di Jakarta. Foto ilustrasi: Beritasatu Photo/Uthan AR

Ada 484,74 Juta Rekening Nasabah Bank yang Dijamin LPS

Senin, 1 Agustus 2022 | 21:31 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sampai dengan akhir Juni 2022 menjamin 484,74 juta rekening simpanan nasabah perbankan. Jumlah tersebut setara dengan 99,93% dari total rekening simpanan.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, tingkat bunga penjaminan (TBP) perbankan dipertahankan di level 3,50% untuk simpanan dalam rupiah dan 0,25% untuk simpanan valuta asing (valas) di bank umum, sedangkan untuk simpanan rupiah di BPR tetap di level 6,0%.

“Keputusan tersebut sejalan dengan laju penurunan suku bunga simpanan perbankan yang mulai terbatas, prospek likuiditas yang relatif stabil, serta optimisme terhadap perkembangan stabilitas sistem keuangan (SSK) terkini yang diperkuat dengan sinergi kebijakan lembaga anggota KSSK dalam mendukung pemulihan perekonomian,” kata Purbaya dalam konferensi pers, Senin (1/8).

Baca juga: Riset LPS: Bank akan Lanjut Perbesar Cadangan Antisipasi Risiko Kredit

Ke depan, LPS akan terus melakukan asesmen terhadap perkembangan kondisi perekonomian dan perbankan serta dampaknya pada penetapan TBP. 

Adapun, untuk nilai simpanannya yang dijamin LPS apabila suatu bank menjadi gagal untuk setiap nasabah per satu bank maksimal sebesar Rp 2 miliar. Terdapat syarat simpanan yang dijamin oleh LPS, dikenal dengan istilah 3T. Pertama, tercatat dalam pembukuan bank. Kedua, tidak memperoleh bunga simpanan yang melebihi tingkat bunga penjaminan LPS. Ketiga, tidak melakukan tindakan yang merugikan bank atau membuat bank gagal, seperti memiliki kredit macet di bank tersebut. 

Tiga syarat tersebut setidaknya harus dipenuhi nasabah agar simpanannya dijamin oleh LPS. Nasabah juga tidak perlu mengeluarkan biaya apapun agar simpanan dapat dijamin oleh LPS, karena bank bersangkutan akan menanggung biaya penjaminan simpanan LPS.

Editor : Nida Sahara (niidassahara@gmail.com )

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com