Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Asosiasi Fintech Pendanaan bersama Indonesia (AFPI) mendorong literasi dan inklusi keuangan digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Asosiasi Fintech Pendanaan bersama Indonesia (AFPI) mendorong literasi dan inklusi keuangan digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

AFPI Dorong Literasi dan Inklusi Keuangan Digital untuk UMKM

Jumat, 20 Mei 2022 | 04:03 WIB
F Rio Winto (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Ketua Umum Asosiasi Fintech Pendanaan bersama Indonesia (AFPI), Adrian Gunadi mendorong literasi dan inklusi keuangan digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Hal itu merupakan bentuk komitmen kontribusi konkret AFPI dan antusiasme para pelaku Fintech Pendanaan Bersama untuk mendorong literasi dan inklusi keuangan digital bagi UMKM,” kata Adrian Gunadi dalam keterangan resmi yang diterima Investor Daily, Kamis 19 Mei 2022.

Kontribusi AFPI diwujudkan dalam acara Business Matching & Exploration Session di Courtyard by Marriott Bali, Nusa Dua Resort, Rabu 11 Mei 2022. Acara tersebut digelar oleh AFPI dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bali.

Adrian Gunadi menyatakan, Business Matching & Exploration Session digelar sebagai rangkaian side event G20 serta agenda kunci dari AFPI. Harapannya, fintech dapat berperan untuk pemulihan ekonomi khususnya ekonomi Provinsi Bali.

Event tersebut digelar sebagai momentum kerja sama dan kolaborasi untuk memperkenalkan peran Fintech Pendanaan Bersama yang dapat menjadi alternatif solusi modal maupun pendanaan bagi pengusaha Indonesia dan pelaku UMKM. Kegiatan itu merupakan peranan aktif AFPI dalam kegiatan side event G20 untuk menjalankan fungsi pengaturan dan pengawasan para penyelenggara Fintech Pendanaan Bersama.

Dalam Business Matching & Exploration Session, Rupiah Cepat turut mendukung Presidensi G20. Kegiatan  tersebut digelar oleh AFPI bersama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bali.

“Rupiah Cepat adalah aplikasi Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi  dengan lebih dari 13 juta peminjam sejak pertama berdiri, berfungsi sebagai platform keuangan untuk masyarakat umum dan UMKM yang memulai perjalanan usaha mereka,” kata Direktur Utama Rupiah Cepat, Yolanda.

Menurut Yolanda, Rupiah Cepat membahas mengenai program-program edukasi keuangan, baik produk pinjaman dan investasi, ditargetkan akan dilaksanakan secara online dan offline di beberapa kota di Indonesia.

Program edukasi terus dilakukan untuk dapat meningkatkan pemahaman dan penggunaan masyarakat terhadap produk dan/atau layanan jasa keuangan menuju masyarakat yang terliterasi finansial.    

Business Matching & Exploration Session, kata Yolanda, adalah upaya untuk mendorong UMKM yang berdaya saing untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

 “Kami berharap business matching dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan komunikasi antara platform pembiayaan dengan pelaku usaha yang memiliki produk unggulannya,” ujar Yolanda.

Editor : F Rio Winto (rio_winto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN