Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
VP, Head of Pension Department Avrist Firmansyah. (Foto: Ist)

VP, Head of Pension Department Avrist Firmansyah. (Foto: Ist)

Akselerasi Kanal Digital, Aset DPLK Avrist Tumbuh 18%

Jumat, 30 Oktober 2020 | 19:26 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id -- Perusahaan asuransi jiwa PT Avrist Assurance yang juga mengelola dana pensiun lembaga keuangan (DPLK) mencatatkan peningkatan aset berkat strategi mengakselerasi kanal digital. Sampai Agustus 2020, aset DPLK tumbuh 18% secara tahunan (year on year/yoy).

VP, Head of Pension Department Avrist Firmansyah menyampaikan, pihaknya melihat peluang besar dengan memanfaatkan kanal digital dalam memberikan edukasi dana pensiun atau DPLK. Dengan merambah kanal digital, edukasi mengenai persiapan dana pensiun dapat menjangkau generasi milenial dan Gen-z, sehingga persiapan dana pensiun dapat dilakukan sejak memasuki usia produktif.

Sedangkan bagi perseroan, kata dia, pemasaran yang dilakukan lewat kanal digital pun berjalan secara efektif dan berkelanjutan. Hal itu setidaknya tercermin dari aset DPLK perseroan mampu melonjak lebih tinggi dibandingkan rata-rata industri.

"Berkat strategi tersebut, DPLK Avrist Assurance mampu menorehkan kinerja positif. Tercermin dari aset DPLK yang dikelola tumbuh 18% year on year (yoy) pada Agustus 2020. Pertumbuhan itu lebih tinggi dibandingkan kinerja industri DPLK yang hanya tumbuh 12% (yoy) di Agustus 2020," jelas Firmansyah melalui siaran pers yang diterima Investor Daily, Jumat (30/10).

Pihaknya menilai bahwa pemilihan kanal digital sebagai sarana edukasi program pensiun kepada milenial dan Gen-z relevan dengan kondisi saat ini. Berdasarkan riset Hootsuite mengenai Tren Media Sosial 2020, jumlah pengguna sosial media sebanyak 58% dari total populasi Indonesia sebanyak 272,1 juta jiwa per Juli 2020.

Bahkan dalam setiap harinya, pengguna internet di Indonesia menghabiskan waktu 8 jam mengakses internet dan 3,5 jam untuk menggunakan sosial media. Platform yang paling banyak digunakan mulai dari Youtube (88%), Whatsapp (84%), Facebook (82%), Instagram (79%), dan Twitter (54%).

"Persiapan perencanaan pensiun sedini mungkin bisa menghindari kendala saat seorang individu memasuki usia non-produktif. Di sisi lain, tabungan tidak menjamin kesejahteraan usia lanjut, sehingga ia bergantung pada anak-cucunya. Ikut program DPLK, individu tersebut bisa menikmati usia senja dengan maksimal," kata Firmansyah.

Dia menjelaskan, program DPLK memiliki kelebihan lantaran iuran pensiun yang disetorkan bisa dikategorikan sebagai penghasilan tidak kena pajak. Baik bagi penerima gaji (PTKP) atau dicatat sebagai biaya oleh perusahaan tersebut. Sehingga bagi perusahaan, DPLK ini bisa dijadikan perencanaan pajak (tax planning).

Firmansyah mengemukakan, saat ini, DPLK Avrist memiliki dua program unggulan yaitu DPLK Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP) yang dikelola secara individu (individual account). Kemudian, terdapat DPLK Program Pensiun Untuk Kompensasi Pesangon (PPUKP) yang dikelola secara kumpulan (pooled fund) yang baru diperkenalkan pada tahun 2013.

Sementara itu, Avrist juga aktif membangun kolaborasi dengan komunitas virtual yang berfokus pada edukasi literasi keuangan. Kolaborasi itu bertujuan memberi pemahaman mengenai pentingnya DPLK dapat diterima oleh Millennials dan Gen-Z.

"Avrist Assurance melihat peluang sangat besar untuk bisnis DPLK dan program imbalan kerja bagi karyawan terutama Milenial dan Gen Z. Program ini juga terbuka bagi masyarakat umum baik bagi freelance maupun wiraswasta dimana mereka dapat memaksimalkan persiapan untuk sejahtera di masa pensiunnya," ujar Firmansyah.


 

Editor : Nurjoni (nurjoni@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN