Menu
Sign in
@ Contact
Search
Olahraga Sepeda

Olahraga Sepeda

Antusiasme Berolahraga Meningkat, Inilah 5 Cabang Olahraga Favorit Masyarakat Urban

Kamis, 15 September 2022 | 16:04 WIB
Kunradus Aliandu (kunradus@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Hasil laporan Nasional Sport Development Index (SDI) 2021 Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyatakan, hanya 5,85% masyarakat yang dikategorikan sangat bugar, 76% masyarakat masuk kategori tidak bugar, dan 53,63% kategori sangat tidak bugar. Meskipun kategori bugar masih rendah, setelah dua tahun hidup berdampingan bersama Covid-19, antusiasme dan kesadaran masyarakat dalam berolahraga kembali meningkat sejalan dengan aktivitas luar ruang yang sudah mulai kembali normal.

Berolahraga selain untuk kesehatan juga menjadi hiburan dan gaya hidup yang lekat dengan masyarakat di daerah urban yang umumnya memiliki tingkat stres yang cukup tinggi. Menurut The Least and Most Stressful Cities Index 2021, Jakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang tercatat sebagai salah satu kota dengan tingkat stres yang cukup tinggi di dunia yakni berada di urutan kesembilan dengan skor 41,8 dari skala 1-100 poin. Semakin rendahnya skor berarti tingkat stres kian meningkat.

Dalam momentum semangat peringatan Hari Olahraga Nasional yang diperingati setiap 9 September, PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) mengajak masyarakat untuk melihat 5 tren cabang olahraga (cabor) yang diminati masyarakat saat ini:

1. Bulu Tangkis

Bulu tangkis menjadi olahraga yang kerap digemari semua kalangan masyarakat dari beragam usia dan menjadi salah satu olahraga yang membuat nama Indonesia terpandang di mata dunia, seperti kemenangan tim ganda putri Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020 yang seakan menjadi momentum kembalinya kejayaan bulu tangkis Indonesia setelah vakum cukup lama dan turut membangkitkan semangat masyarakat untuk meramaikan kembali olah raga bulu tangkis sebagai olah raga favorit.

Bulu tangkis adalah olahraga yang menuntut pemainnya untuk bergerak lincah, sehingga seluruh anggota gerak tubuh akan aktif selama permainan berlangsung. Terdapat beragam manfaat bulu tangkis untuk kesehatan tubuh, seperti meningkatkan kebugaran dan menurunkan berat badan, menguatkan otot persendian pada tubuh, meningkatkan fungsi kognitif otak, mengurangi stres, dan otomatis mencegah dari berbagai penyakit.

2. Tenis

Belum lama ini atlet tenis Indonesia, Priska Madelyn Nugroho berhasil meraih delapan trofi sekaligus di Kejuaraan Tenis Dunia di Monastir, Tunisia. Tak kalah dengan para atlet, beberapa selebritis Tanah Air pun kerap terlihat aktif berolahraga tenis yang kemudian menjadi tren yang diikuti oleh masyarakat. Seperti bulu tangkis, berbagai manfaat bermain tenis juga bisa didapatkan seperti meningkatkan kesehatan kardiovaskular, meningkatkan keseimbangan dan refleks pada tubuh, membakar kalori dan lemak, dan membantu meningkatkan kesehatan tulang.

3. Golf

Sejak pandemi berlangsung, golf jadi olahraga pilihan masyarakat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan imun karena dilakukan di area terbuka dan luas, sehingga seorang pemain bisa menjaga jarak aman dari pemain lainnya. Golf dikenal dengan olahraga yang cukup mahal dan menjadi olahraga para pebisnis dan pejabat, namun kini sudah mulai diminati oleh masyarakat yang lebih luas.

Bagi pemula yang ingin mencoba olahraga golf jadi pilihan olahraga di saat weekend, dapat mencoba berlatih di driving range atau tempat latihan memukul dimana pemula bisa melatih beragam teknis dasar. Olahraga golf memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti, meningkatkan kesehatan tulang, membantu membakar kalori, menjaga fungsi otak tetap optimal, mengurangi stres, menjaga kesehatan mata, hingga meningkatkan kualitas tidur.

4. Fitness

Tren fitness bukanlah hal yang baru, namun fitness saat ini tidak melulu harus dilakukan di fitness center. Banyak aktivitas gerak yang bisa dilakukan dalam olahraga fitness yang ternyata bisa dilakukan di rumah dengan peralatan yang lebih simpel dan mudah didapatkan di e- commerce. Contoh, latihan kardio dengan walking pad, penggunaan sepeda statis, latihan menguatkan otot dengan dumbbell, kettlebell, dan gym ball. Fitness memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan masa otot tanpa lemak, memperbaiki postur tubuh, dan membuat berat badan lebih ideal.

5. Bersepeda

Bersepeda digemari setiap lapisan masyarakat di segala usia. Meskipun semakin banyaknya produk sepeda dengan harga yang tergolong tinggi, bersepeda juga menjadi bagian dari gaya hidup bahkan menjadi salah satu kegiatan favorit di masa pandemi yang terus berkembang hingga saat ini dan menciptakan banyak komunitas.

Bagi pemula yang ingin memulai bersepeda, pastikan mengenakan pelindung kepala, siku, dan juga lutut. Selain itu, tak kalah penting memakai baju warna terang atau memasang lampu sepeda agar di saat perjalanan dapat terlihat oleh pengendara lain, baik di siang hari atau pun malam hari.

Berbagai manfaat bersepeda akan didapatkan seperti, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, menjaga kesehatan otot dan sendi, menjaga berat badan, menurunkan tingkat stres, menurunkan risiko terjadinya diabetes dan juga kanker. Dalam setiap aktivitas olahraga tentu memerlukan pemanasan untuk menaikkan suhu tubuh dan menghindari cedera.

Untuk memberi rasa aman dalam berolahraga, Astra Life memiliki perlindungan olahraga ASLI iSport Protection (iSport) yaitu asuransi olahraga pertama di Indonesia yang dapat melindungi semua jenis olahraga, mulai dari olahraga ringan, seperti aerobic, bulu tangkis, golf, tenis, fitness, lari, hingga olahraga ekstrem, seperti sepeda gunung, terjun payung, dan scuba diving. Serta manfaat yang sesuai bagi para pegiat olahraga dengan berbagai risiko seperti dehidrasi berat, heat stroke, cedera kepala berat, cedera spinal cord, strain, sprain, sampai dislokasi yang mungkin terjadi pada tubuh akibat aktivitas berolahraga.

ASLI iSport Protection (iSport) juga memberikan manfaat perlindungan untuk berbagai kecelakaan yang mungkin terjadi ketika berolahraga, yakni penggantian biaya fisioterapi dan biaya pemulihan, santunan patah tulang, manfaat penggantian biaya rawat jalan darurat, manfaat meninggal dunia akibat kecelakaan, hingga manfaat meninggal dunia akibat kecelakaan di kendaraan umum atau hari libur nasional.

Harga premi yang ditawarkan mulai dari Rp 64 ribu untuk masa pertanggungan selama satu minggu sesuai dengan syarat dan ketentuan. Pegiat olahraga juga bisa membeli perlindungan ASLI iSport Protection (iSport) kapan dan di mana saja secara online melalui ilovelife.co.id yang merupakan layanan website e-commerce milik Astra Life.

ASLI iSport Protection (iSport) telah berpartisipasi melalui berbagai event olahraga seperti, SuperBall Run 2017 & 2018, JCO Run 2018-2019, 2XU Compression Run Indonesia 2016-2019, Garmin Run Indonesia 2019, Herbalife Run 2019, Jakarta Electric Marathon 2018 & 2019, Astra Runners 2019, Astra Gowes Merdeka 2019, Pocari Sweat Run Indonesia 2019 & 2021, dan Cycling De Jabar 2022. “Sebagai perusahaan asuransi jiwa, secara konsisten kami mengajak masyarakat untuk memiliki gaya hidup sehat seperti dengan berolahraga dan kami berkomitmen terus mendukung masyarakat pegiat olahraga melalui produk perlindungan olahraga iSport, agar masyarakat dapat menjalankan kegiatan berolahraga dengan tenang dan nyaman,” kata Windy Riswantyo selaku Marketing & Alternate Channel Group Head Astra Life.

Baca juga: Peringati Hari Pelanggan Nasional, Astra Life Hadirkan Program Spesial Bagi Nasabah Loyal

Editor : Kunradus Aliandu (kunradu@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com