Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Bank Mandiri Siap Salurkan Bansos Rp 18,6 Triliun Tahun Ini

Senin, 4 Januari 2021 | 16:09 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mendukung Kementerian Sosial dalam melindungi masyarakat lapisan bawah dari dampak pandemi Covid-19. Untuk tahun ini, perseroan siap membantu menyalurkan bantuan sosial (bansos) senilai Rp 18,6 triliun kepada masyarakat penerima.

Selama tahun 2020, Bank Mandiri telah menyalurkan bantuan sebesar total Rp 13,5 triliun melalui program sembako atau bantuan pangan non tunai (BPNT), program keluarga harapan (PKH) dan program bantuan sosial tunai kepada masyarakat.

“Tahun ini, Bank Mandiri siap menyalurkan bantuan sosial senilai Rp 18,6 triliun, yang terdiri atas bantuan sosial program keluarga harapan kepada sekitar 2,1 juta keluarga penerima manfaat (KPM), dan bantuan sosial program sembako kepada sekitar 4,3 juta KPM,” kata Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi dalam keterangan tertulis, Senin (4/12).

Secara resmi, peluncuran penyaluran bansos Tahun 2021 dilakukan di Istana Negara dan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendi, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri BUMN Erick Thohir, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), dan PT POS.

Langkah tersebut merupakan respons positif Bank Mandiri bersama Himbara dan PT POS untuk membantu pemerintah memperkuat jaring pengaman sosial bagi masyarakat. Bank Mandiri sudah terlibat dalam penyaluran Bansos sejak 2017. Dalam kurun waktu tahun 2020, Bank Mandiri telah menyalurkan sekitar Rp 7,3 triliun program sembako/BPNT kepada sekitar 3,5 juta KPM dan menyalurkan sekitar Rp 6,2 triliun PKH kepada sekitar 1,6 juta KPM.

Darmawan mengungkapkan, pihaknya siap bersinergi dengan Kementerian Sosial, pemda, serta pendamping bansos di seluruh Indonesia dengan melibatkan 24.197 Agen Bank Mandiri. Adapun proses pencairan bansos akan dilakukan secara non-tunai melalui ATM maupun agen bank agar program ini dapat berlangsung secara efisien, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kualitas, dan tepat administrasi.

“Kami dan Bank Himbara lainnya juga telah melakukan pendataan dan pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), di mana KPM penerima bansos Bank Mandiri akan bertambah sekitar 769 ribu,” kata Darmawan.

Editor : Totok Subagyo (totok_hs@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN