Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Wimboh Santoso. Foto: IST

Wimboh Santoso. Foto: IST

Bank Wakaf Mikro Hadir di Ambon

TH, Minggu, 12 Mei 2019 | 10:06 WIB

AMBON – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso meresmikan Bank Wakaf Mikro (BWM) di Pondok Pesantren Al-Anshor Kota Ambon, pada 9 Mei 2019.

"BWM merupakan salah satu bentuk upaya Otoritas Jasa Keuangan memperluas penyediaan akses keuangan untuk masyarakat kecil seluruh daerah di Indonesia, termasuk Maluku," kata Wimboh seperti dilansir Antara.

Menurut dia, pondok pesantren Al-Anshor Peduli di Ambon dijadikan pusat pengembangan ekonomi umat. Upaya OJK tidak hanya fokus pada pembiayaan nasabah besar atau korporasi, tetapi juga menyasar ke penyediaan akses keuangan masyarakat kecil yang produktif.

Wimboh mengatakan, dengan keberadaan BWM di Kota Ambon setidaknya bisa menyediakan akses permodalan atau pembiayaan bagi masyarakat yang belum terhubung dengan lembaga keuangan formal karena terkendala persyaratan, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

"BWM dapat menjadi solusi bagi masyarakat di daerah ini yang terkendala dengan agunan atau jaminan ketika mengajukan pinjaman ke perbankan atau lembaga keuangan formal lainnya, sehingga bisa memajukan perekonomian masyarakat," kata dia.

Wimboh menjelaskan, pembiayaan melalui BWM adalah tanpa bunga dengan maksimal plafon pinjaman Rp 3 juta dan hanya dikenakan biaya administrasi sekitar tiga persen per tahun dengan persyaratan mudah. Sebab, dokumen administrasi yang dibutuhkan hanya berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK).

Selain itu, dalam skema pembiayaan Bank Wakaf Mikro disediakan pelatihan dan pendampingan. "BWM Al-Anshor Peduli di Kota Ambon ini merupakan Bank Wakaf Mikro ke-45 di Indonesia sejak pertama kali didirikan pada 2017. Secara nasional, pada Maret 2019 BWM telah menyalurkan pembiayaan kumulatif ke 15.235 nasabah usaha mikro dengan total pembiayaan sebesar Rp 18,54 miliar," ungkap dia.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Kota Ambon AG Latuheru dalam sambutannya mengatakan, pemerintah Kota Ambon menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi atas peresmian BWM Al-Anshor Peduli. Sebab, kehadirian lembaga jasa keuangan ini akan memberikan banyak manfaat terutama bagi pengembangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di kota ini.  

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN