Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Ritel dan Menengah Bank BRI Supari (kiri), Direktur Konsumer Bank BRI Handayani (kanan), Ketua IHLC (Indonesia Halal Lifestyle Center) Sapta Nirwandar (dua dari kiri) dan Vice President of Corp Communicatoon Tokopedia Nuraini Razak, melakukan prosesi pemukulan bedug dalam acara Launching Halal Mall di Gedung Bank BRI, Jakarta, Senin (6/5/2019). PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) bekerja sama dengan perusahaan e-commerce Tokopedia merilis laman khusus, yang diberi nama Halal Mall. Halal Mall ini akan menjadi wadah bagi UMKM binaan BRI untuk memasarkan produk halalnya secara online di platform e-commerce, Tokopedia. Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

Direktur Ritel dan Menengah Bank BRI Supari (kiri), Direktur Konsumer Bank BRI Handayani (kanan), Ketua IHLC (Indonesia Halal Lifestyle Center) Sapta Nirwandar (dua dari kiri) dan Vice President of Corp Communicatoon Tokopedia Nuraini Razak, melakukan prosesi pemukulan bedug dalam acara Launching Halal Mall di Gedung Bank BRI, Jakarta, Senin (6/5/2019). PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) bekerja sama dengan perusahaan e-commerce Tokopedia merilis laman khusus, yang diberi nama Halal Mall. Halal Mall ini akan menjadi wadah bagi UMKM binaan BRI untuk memasarkan produk halalnya secara online di platform e-commerce, Tokopedia. Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

DORONG INDUSTRI HALAL GO ONLINE

BRI Luncurkan Halal Mal di Tokopedia

Oleh Thomas E Harefa, Selasa, 7 Mei 2019 | 23:04 WIB

JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus mendorong kemajuan industri halal di Indonesia. Kali ini, BRI bersama dengan BRI Syariah memfasilitasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan yang memproduksi produk halal atau yang sudah memiliki sertifikasi halal untuk go online melalui sebuah toko online yakni Halal Mall. Peluncuran Halal Mall ini berlangsung di BRI Innovation Center, Jakarta, pada 6 Mei 2019, dengan menggandeng Tokopedia sebagai partner rekanan e-commerce. Ini menjadikan Halal Mall sebagai official store berbasis halal pertama di Tokopedia.

Direktur Konsumer BRI Handayani menjelaskan, dengan keberadaan Halal Mall masyarakat diberikan kemudahan untuk berbelanja barang-barang halal di Tokopedia.

Handayani.
Handayani.

 

“Masyarakat cukup mengunjungi situs Tokopedia dan mengetik Halal Mall di kolom pencarian toko lewat ponsel atau gadget mereka. Selain produk makanan dan minuman yang telah bersertifikasi halal, saat ini masyarakat juga dapat menemukan produk-produk busana muslim di Halal Mall ini,” imbuh Handayani dalam keterangan pers yang diterima Investor Daily, Senin (6/5).

Tak bisa dipungkiri, Indonesia memiliki peluang bisnis yang tinggi di industri e-commerce beserta halal lifestyle-nya. Menurut Global Muslim Travel Index 2019, wisata halal Indonesia menduduki peringkat pertama di dunia. Dengan 85% penduduk muslim, tentu saja menjadi potensi tersendiri bagi UMKM halal di Indonesia. Namun pada kenyataannya para pelaku UMKM halal di Indonesia masih kesulitan dalam menjual produk-produknya secara online.

Handayani mencontohkan, pengrajin ukiran kaligrafi waktunya sudah dihabiskan untuk membuat ukiran dan mencetak bingkai kanvas, sehingga tidak ada waktu lagi untuk mengurus penjualan online, dan pada akhirnya produknya hanya terjual di sekitar pengrajin saja.

Produk UMKM halal di Indonesia, jelas dia, sebenarnya banyak yang memiliki keunikan tertentu dan jarang sekali kita temukan di pasaran. Kondisi inilah yang menyebabkan BRI bekerja sama dengan Tokopedia untuk membuat program Halal Mall, yang membantu UMKM binaan produk halal untuk berjualan online dengan lebih mudah di official store Halal Mall Tokopedia.

“Untuk tahap awal akan ada 50 UMKM yang akan dimasukkan, di mana semua proses UMKM untuk online kami bantu, dari foto produknya, meng-upload hingga melayani pertanyaan dan pesanan dari calon pembeli, semuanya diurus oleh BRI. Melalui program ini kami berharap BRI dapat berkontribusi lebih dalam mendorong dan memajukan UMKM lokal serta industri halal di Indonesia,” ungkap Handayani.

Tokopedia. Foto: IST
Tokopedia. Foto: IST

 

Hal senada disampaikan Vice President of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak yang juga menyambut baik kerja sama dengan BRI ini,

“Kami melihat betapa tingginya antusiasme masyarakat terhadap produk halal, terutama saat menyambut bulan suci Ramadan. Melalui kolaborasi dengan BRI, kami berharap kehadiran Halal Mall di Official Store Tokopedia menjadi pilihan pasti bagi konsumen untuk mencari produk halal. Kami selalu berkomitmen untuk mewujudkan visi pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia, salah satu upaya kami yaitu mendukung dan memajukan UMKM lokal dengan memanfaatkan teknologi,” kata Nuraini.

Sementara itu, pada kuartal I-2019 BRI meraih laba bersih konsolidasian sebesar Rp 8,20 triliun atau tumbuh 10,42% year on year (yoy), dengan total aset mencapai Rp 1.279,86 triliun atau tumbuh 14,35% (yoy). Pencapaian tersebut disokong oleh penyaluran kredit dan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) yang tumbuh double digit di atas rata rata industry perbankan nasional, serta perbaikan kualitas kredit bermasalah (NPL).

Hingga akhir Maret 2019, penyaluran kredit BRI tercatat sebesar Rp 855,47 triliun atau tumbuh 12,91% dibanding penyaluran kredit pada akhir Maret 2018 yang sebesar Rp 757,68 triliun. Faktor lain pendorong laba BRI adalah perolehan fee based income (FBI) yang pada akhir Maret 2019 tercatat Rp 3,14 triliun atau tumbuh 16,49% dibandingkan posisi akhir Maret 2018 sebesar Rp 2,69 triliun.

Untuk rasio perbankan lainnya, tercatat loan to deposit ratio (LDR) BRI hingga akhir Maret 2019 sebesar 91,39%, dan capital adequacy ratio (CAR) 21,91%.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA