Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sunarso. Foto: Investor Daily/DAVID GITA ROZA

Sunarso. Foto: Investor Daily/DAVID GITA ROZA

BRI Resmi Ambil Alih 90% Saham BRINS

Nida Sahara, Kamis, 26 September 2019 | 13:09 WIB

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) resmi mengakuisisi PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur (BRINS), perusahaan yang bergerak di bidang asuransi umum. BRI mengakuisisi 90% saham BRINS yang sebelumnya dimiliki oleh Dana Pensiun BRI dengan nilai Rp 1,04 triliun.

Aksi akuisisi tersebut merupakan langkah strategis perseroan untuk menjadi integrated financial solutions. Pasalnya, BRI belum memiliki perusahaan anak asuransi umum secara langsung (direct).

Penandatanganan akta akuisisi saham tersebut dilaksanakan di Jakarta (26/9) dengan dihadiri oleh Direktur Utama BRI Sunarso, Direktur Utama Dana Pensiun BRI Mudjiharno M Sudjono, dan Direktur Utama BRINS Tri Wintarto.

BRINS merupakan perusahaan asuransi umum, yakni membuat dan menutup perjanjian dari segala asuransi kerugian, termasuk pula perjanjian-perjanjian, reasuransi, terkecuali pertanggungan jiwa.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, dalam aksi korporasi tersebut, perseroan mengakuisisi 90% saham BRINS yang sebelumnya dimiliki oleh Dapen BRI dengan nilai yang dikeluarkan sebesar Rp 1,04 triliun. Hingga akhir Desember 2018, BRINS mencatatkan laba bersih sebesar Rp 140 miliar dengan total ekuitas Rp 711,7 miliar dan premi bruto senilai Rp 1,3 triliun.

Sunarso mengungkapkan, pertumbuhan anorganik tersebut merupakan upaya perseroan untuk memberikan layanan keuangan yang terintegrasi. “Dengan bergabungnya BRINS ke dalam BRI Group tentunya layanan dan produk yang kami tawarkan kepada nasabah akan lebih lengkap,” imbuh Sunarso dalam keterangan tertulis yang diterima Investor Daily, Kamis (26/9).

Dengan bergabungnya BRINS, maka saat ini BRI memiliki delapan perusahaan anak yang tergabung di BRI Group, di antaranya BRI Syariah (73%), BRI Agro (87,1%), BRI Remittance (100%), BRI Finance (99,65%), BRI Life (91%), BRI Ventures (99,82%), Danareksa Sekuritas (67%), dan BRINS (90%).

Untuk mendorong peningkatan kinerja, BRI akan mendorong transformasi BRINS di segmen ritel dengan menyediakan produk yang lebih customer centric dan memperluas jaringan distribusi ke arah digital yang terintegrasi, di samping jaringan konvensional yang telah dimiliki BRI. “Strateginya adalah membawa BRINS agar go digital, go micro dan go customer centric,” tutur Sunarso.

 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA