Menu
Sign in
@ Contact
Search
(Dok. BTN)

(Dok. BTN)

BTN Boyong Penghargaan ESG Disclosure Awards 2022

Jumat, 18 Nov 2022 | 16:47 WIB

JAKARTA, investor.id - Berderet inisiatif yang dilakukan oleh PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) dalam menjalankan praktik bisnis berkelanjutan mendapat apresiasi dan penghargaan pada ajang Environmental, Social & Governance (ESG) Disclosure Awards 2022. 

Dalam ajang penghargaan ESG Disclosure Awards 2022 tersebut, Bank BTN meraih predikat Leadership A.

Predikat dengan skor tertinggi ini menjadi bentuk apresiasi atas beragam langkah strategis BTN untuk berbisnis sambil segendang seirama dengan keberlangsungan lingkungan sosial. 

Bagi BTN, penghargaan ini merupakan pelengkap dari sejumlah penghargaan bertema ESG yang telah diraih BTN tahun ini.

Advertisement

Direktur Human Capital, Compliance dan Legal Bank PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Eko Waluyo mengatakan pencapaian ini merupakan buah dari komitmen BTN untuk terus menjalankan strategi bisnis yang memperhatikan keberlangsungan lingkungan serta penerapan tata kelola (governance) yang baik.

Dalam Sustainability Report BTN 2022 disebutkan, inisiatif berkelanjutan disusun BTN bernama “BTN Ramah.”

Konsep ini berisikan program-program pendukung core business dalam sektor perumahan yang memperhatikan aspek sosial dan lingkungan perseroan, salah satunya diimplementasikan dengan menerapkan konsep digitalisasi untuk proses kredit terutama KPR, operasional perbankan, serta green office yang dikembangkan.

Digitalisasi prosedur KPR yang menciptakan skema paperless dan mengurangi bahan bakar karena pengguna tidak perlu berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk melakukan transaksi merupakan terobosan yang patut diapresiasi dari bank ini.

Sementara itu green office yang sudah dimulai perseroan sejak Juli 2021 di mana penggunaan sumber energi yang rendah emisi seperti lampu LED, solar cell, dan penggunaan Building Automation System (BAS) untuk pendingin secara konsisten dilakukan BTN hingga saat ini.

Selain itu, perusahaan beraset Rp 389,29 triliun per September 2022 ini juga berhasil mencatat beberapa capaian ESG. Di antaranya mencatat penyerapan yang signifikan untuk emisi dari penanaman pohon 3.170 Ton CO 2 pada tahun 2021 dibandingkan tahun 2020 yang sebesar 75 Ton CO 2. 

Untuk penggunaan kertas, Perseroan berhasil menurunkan tingkat konsumsi dari 82, 1 juta lembar kertas menjadi 30,5 juta lembar kertas. Sementara untuk penggunaan air 71.271 m 3 tahun 2020 juga turun menjadi 40.350 m 3 di tahun 2021.

Sementara jika melihat perhitungan emisi GRK langsung sebesar 31.072 ton CO2 eq, emisi GRK tidak langsung sebesar 26.432 ton CO2 eq, dan emisi GRK tidak langsung lainnya sebesar 688 ton CO2 eq.

Di bidang sosial, emiten yang listing di bursa pada tanggal 17 Desember 2009 ini tercatat telah menyalurkan dana Tanggung Jawab Sosial dan Bina Lingkungan per September 2022 sebesar Rp32,04 miliar. Selain itu perseroan juga tercatat memiliki total 265 jumlah pemasok yang terdaftar sebagai rekanan pemasok dimana 100% merupakan pemasok lokal atau berasal dari Indonesia.

Adapun, ESG Disclosure Awards 2022 merupakan ajang tahunan, diselenggarakan oleh Majalah Investor, bagian dari B Universe yang bekerja sama dengan Bumi Global Karbon Foundation (BGK Foundation), sebuah lembaga independen yang fokus membantu perusahaan menyusun laporan ESG dan keberlanjutan. 

Founder BGK Foundation, Deni Daruri, mengatakan, apresiasi terhadap perusahaan yang telah memberikan laporan ESG merupakan upaya mendorong perusahaan lain yang belum menerapkan aspek keterbukaan ESG.

“Hanya sekitar 135 perusahaan yang menerbitkan sustainability reporting dari ribuan jumlah perusahaan di Indonesia. Padahal, semua pihak seharusnya turut memiliki tanggung jawab terhadap aspek lingkungan, sosial, dan tata Kelola,” papar Deni Daruri, pada acara ESG Disclosure Award 2022, yang digelar secara daring dari Jakarta, Rabu (26/10/2022). 

Sementara itu dalam melakukan penilaian, lanjut Deni, pihaknya menghitung skor ESG melalui analisa dari sustainability reporting.

“Analisa sustainability reporting ini untuk menentukan tingkat transparansi ESG yang menggunakan faktor-faktor ESG yang dinilai relevan oleh BGK Foundation. Metode ini telah melalui proses audit oleh Tuv Rheinland Indonesia,” tukasnya. 

Lebih lanjut, BGK Foundation telah mengidentifikasi sebanyak 33 faktor utama ESG berdasarkan studi peraturan, perjanjian internasional, serta standar dan pedoman pelaporan.

Dalam penilaian yang dilakukan oleh BGK Foundation tersebut, BTN mendapat skor tinggi, sehingga berhak meraih predikat “Leadership A”.

Editor : Jayanty Nada Shofa (JayantyNada.Shofa@beritasatumedia.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com