Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Nasabah mendapatkan penjelasan mengenai produk pembiayaan di kantor cabang CIMB Niaga Finance, Bintaro. Foto ilustrasi: Investor Daily/David Gita Roza

Nasabah mendapatkan penjelasan mengenai produk pembiayaan di kantor cabang CIMB Niaga Finance, Bintaro. Foto ilustrasi: Investor Daily/David Gita Roza

CNAF Naikkan Target Pembiayaan Baru Jadi Rp 10 Triliun  

Jumat, 27 Mei 2022 | 22:38 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

TANGERANG, investor.id - PT CIMB Niaga Auto Finance (CIMB Niaga Finance/CNAF) mematok target lebih optimis untuk penyaluran pembiayaan baru di tahun 2022. Jika sebelumnya target pembayaan baru dipatok  Rp 8 triliun, kini dinaikkan menjadi Rp 10 triliun.

Proyeksi itu tidak terlepas dari realisasi pembiayaan bulanan yang berkembang pesat pada awal tahun ini. Finance & Strategy Director CNAF Imron Rosyadi menyampaikan, sampai dengan kuartal I-2022 pembiayaan baru atau nilai booking mencapai Rp 2,35 triliun, tumbuh hampir 2,5 kali lipat dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Dia merinci, penyaluran per Januari dan Februari 2022 masing-masing dicatatkan sekitar Rp 700 miliar. Nilai itu kemudian meningkat menembus Rp 800 miliar pada periode Maret 2022. Memasuki bulan April 2022 seiring periode Ramadan, pembiayaan baru pun kembali tumbuh menjadi Rp 840 miliar.

"Secara keseluruhan, kita menargetkan pembiayaan tumbuh dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun lalu kita di angka Rp 5,6 triliun. Ekspektasi kami mungkin pembiayaan baru di angka Rp 9-10 triliun," ungkap Imron saat ditemui di Kantor CNAF, Tangerang Selatan, Jumat (27/5).

Target itu lebih tinggi dibandingkan nilai pembiayaan baru yang ditargetkan CNAF belum lama ini. Sebelumnya, perseroan menargetkan pembiayaan baru hanya tumbuh 30% menjadi sekitar Rp 8 triliun sepanjang tahun 2022.

Lebih lanjut, Imron mengatakan, porsi pembiayaan berbasis syariah masih akan mendominasi portofolio perseroan. Seperti realisasi saat ini, porsi pembiayaan berbasis syariah mencakup 65% dan sisanya sebesar 35% merupakan pembiayaan konvensional.

"Kita konsepnya sharia first, misalnya pada bulan lalu (April) itu kita ada booking Rp 840 miliar, itu antara Rp 450-500 miliar adalah pembiayaan syariah. Saat ini kita ada joint financing syariah dengan CIMB Niaga dan bank-bank syariah lainnya," jalas Imron.

CNAF pun tengah menyiapkan penerbitan sukuk senilai Rp 1 triliun guna mendukung penyaluran pembiayaan syariah di tahun ini. Proses pembicaraan dengan pihak sekuritas, notaris, legal dan pihak lainnya sedang berlangsung untuk bisa segera mendapatkan izin dari regulator.

CNAF Virtual Autoshow 2022
Imron mengungkapkan, berbagai upaya dilakukan perseroan untuk mendukung target pembiayaan baru. Salah satunya yakni membuka keran penyaluran pembiayaan dari kanal digital, khususnya lewat rangkaian pameran virtual.

"Ini adalah terobosan baru untuk kami. Kalau pameran secara konvensional kan biasanya mahal, harus datang ke lokasi, bayar tiket, dan sebagainya. Kalau pameran secara virtual tentu ini tidak diperlukan. Ke depan kita kan lebih sering adakan pameran secara virtual," kata dia.

Terbaru, perseroan menghadirkan CNAF Virtual Autoshow 2022 menggandeng BMW Indonesia sebagai eksklusif partner, serta PrivyID yang menghadirkan kemudahan dalam mengajukan pembiayaan berkat fitur tanda tangan digital (e-signature). Pameran dengan memanfaatkan platform model 3D itu dilangsungkan selama empat hari yakni pada 27-30 Mei 2022.

"Terobosan ini dilaksanakan dalam rangka memahami dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk menghadiri pameran mobil tanpa harus keluar rumah. Menariknya, nasabah dapat mengajukan pembiayaan mulai dari hari ini secara instan dilakukan sendiri (self-service) melalui CNAF Mobile yang terintegrasi di dalam pameran virtual tersebut," jelas Imron.

Dia bilang, penyelenggaraan kali ini menjadi batu loncatan perseroan untuk menyempurnakan pameran-pameran selanjutnya, sehingga memang tidak ada target khusus yang dicanangkan. Karena pada intinya, inisiatif berupa pameran virtual bakal menjadi kanal akuisisi baru CNAF untuk memperbesar segmen, mitra kolaborasi, dan tentu memperbesar pembiayaan.

Imron memastikan dalam waktu dekat, pameran berikutnya dalam akan terselenggara bersama dengan induk perusahaan yakni PT Bank CIMB Niaga Tbk. Pameran virtual kali ini mengusung konsep layaknya balai lelang yang digelar dalam satu pekan penuh, dengan merek kendaraan yang berbeda untuk setiap pekannya.

"Kami akan terus berkomitmen dalam memperkuat platform digital di tengah kondisi yang menantang. Mengusung value proposition cepat dan mudah, kami akan terus berinovasi dalam menyediakan berbagai produk dan program yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah melalui customer experience yang prima," pungkas Imron. (pri)

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN