Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Paskibraka, salah satu SDM unggul. Foto ilustrasi: kps.go.id

Paskibraka, salah satu SDM unggul. Foto ilustrasi: kps.go.id

DUKUNG TERCIPTANYA SDM UNGGUL,

CWMA - SBM ITB Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa soal Wealth Management

Indah AP, Kamis, 22 Agustus 2019 | 12:40 WIB

JAKARTA, investor.id – Saat ini pemerintah fokus dalam peningkatan pembangunan sumber daya manusia (SDM). Tertuang pada tema perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yakni “SDM Unggul Indonesia Maju”. Dalam mendukung program pemerintah, Certified Wealth Managers’ Association (CWMA) dan School of Business & Management – Institut Teknologi Bandung (SBM-ITB) menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait peningkatan kualitas dan kompetensi mahasiswa dalam ilmu wealth management.

Dalam acara penandatanganan MoU di Graha Irama, Jakarta, Rabu (21/8) ini, turut hadir Ketua Umum CWMA Catur Budi Harto, Wakil Ketua Umum CWMA Handayani dan Dekan SBM-ITB Prof. Dr. Ir. Sudarso Kaderi Wiryono.

Catur mengatakan dengan adanya sinergi ini diharapkan akan mempercepat penyebaran ilmu-ilmu yang berkaitan dengan wealth management. Karena lanjut Catur, manakala sedari dini keilmuan ini disampaikan kepada mahasiswa, maka akan lebih mudah diserap dan lebih mudah diaplikasikan.

Nantinya mata kuliah wealth management ini akan diberikan kepada mahasiswa tingkat S1 dan S2. Mata kuliah pilihan ini rencananya akan dimulai pada tahun 2020. Para mahasiswa juga akan diajarkan oleh dosen dan praktisi dari CWMA. Setelah lulus, para mahasiswa tersebut akan mendapatkan sertifikasi profesi CWM.

Menurut Sudarso sertifikasi CWM ini lebih memayungi dari beberapa sertifikasi yang ada dan diberikan. Sebelumnya sudah ada beberapa sertifikasi yang diberikan SBM-ITB kepada mahasiswanya.

“Ketika mahasiswa SBM-ITB memiliki sertifikasi profesi CWM mencari pekerjaan di industri finansial khususnya perbankan, justru akan memudahkan mahasiswa tersebut mendapatkan pekerjaan,” jelas Sudarso.

Terjalinnya kerja sama ini merupakan link and match antara lembaga pendidikan dengan industri. Pasalnya saat ini industri keuangan salah satunya perbankan sangat membutuhkan SDM yang unggul. Handayani menuturkan bahwa tidak mudah mencari karyawan yang memiliki kualifikasi dan standar CWM. Dan dengan adanya sertifikasi profesi CWM yang didapat para mahasiswa ini memberikan kemudahaan bagi perusahaan mendapatkan karyawan yang berkompetensi.

“Jadi kebutuhan industri keuangan terhadap SDM berkompetensi di bidang wealth management ini sangat besar,” kata Handayani.

Apalagi lanjut Handayani, saat ini mulai muncul enterpreneur-enterpreneur muda yang tentunya mereka perlu knowledge dari wealth managers bagaimana mengelola kekayaannya dan bagaimana memproteksi kekayannya,

Handayani berharap adanya kolaborasi ini dapat menciptakan tenaga-tenaga manajerial yang memiliki knowledge yang baik, paham terhadap risiko-risiko terkait finansial serta mampu memberikan edukasi perencanaan keuangan yang baik kepada masyarakat. “Mudah-mudahan kerja sama ini bisa menjadi solusi dalam menciptakan SDM yang unggul,” terangnya.

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN