Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fachmi Idris mengunjungi Rumah Sakit (RS) Aisyiyah di Ponorogo, Jawa Timur, Kamis (22/8/2019). (ist)

Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fachmi Idris mengunjungi Rumah Sakit (RS) Aisyiyah di Ponorogo, Jawa Timur, Kamis (22/8/2019). (ist)

Pastikan Pelayanan Kesehatan Optimal

Dirut BPJS Kesehatan Kunjungi Faskes Terbaik di Ponorogo

Thomas E Harefa, Jumat, 23 Agustus 2019 | 17:18 WIB

JAKARTA, investor.id – Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fachmi Idris mengunjungi Rumah Sakit (RS) Aisyiyah di Ponorogo, Jawa Timur, pada 22 Agustus 2019. Rumah Sakit tersebut menjadi RS Sakit kelas C terbaik versi BPJS Kesehatan Award.

BPJS Kesehatan telah memberikan penghargaan kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Rumah Sakit (RS), yang berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dalam ajang BPJS Kesehatan Award, pada 15 Agustus 2019.

“Di tengah hiruk pikuk perubahan yang terjadi serta tantangan yang harus diselesaikan dalam pengelolaan Program JKN-KIS, saya sangat mengapresiasi, ternyata masih banyak fasilitas kesehatan yang terus memberikan pelayanan terbaiknya kepada peserta JKN-KIS dan terus comply terhadap kebijakan yang ada,” terang Fachmi dalam keterangan persnya, Jumat (23/8/2019).

Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fachmi Idris (tengah) berbincang dengan salah satu pasien saat mengunjungi Rumah Sakit (RS) Aisyiyah di Ponorogo, Jawa Timur.
Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fachmi Idris (tengah) berbincang dengan salah satu pasien saat mengunjungi Rumah Sakit (RS) Aisyiyah di Ponorogo, Jawa Timur.

RS Aisyiyah Ponorogo menjadi Rumah Sakit kelas C terbaik versi BPJS Kesehatan Award, karena memiliki keunggulan untuk networking penanganan kegawatdaruratan sehari-hari dan bencana bagi masyarakat awam. RS Aisyiyah Ponorogo juga rutin melaksanakan workshop kepada masyarakat sekitar dengan melibatkan RS lain dan puskesmas.

Untuk pelayanan pasien terdapat ambulan gratis dari rumah ke RS dan dari RS ke rumah. Keunggulan lain yang dimiliki oleh RS Aisyiyah adalah Program Melati Trans (pengantaran obat gratis) dengan radius 20-30 kilometer (km), serta pengantaran pasien ke rumah gratis dengan transportasi online dengan radius sampai dengan 20 km.

Fachmi menambahkan, BPJS Kesehatan Award selain dilaksanakan dalam rangka hari ulang tahun (HUT) BPJS Kesehatan ke-51, juga sebagai penghargaan terhadap fasilitas kesehatan yang memiliki komitmen tinggi dalam menyukseskan Program JKN-KIS dan memberikan pelayanan yang berkualitas kepada peserta.

Diharapkan, penghargaan ini dapat memberikan motivasi dan semakin meningkatkan komitmen fasilitas kesehatan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada peserta, sesuai dengan norma dan ketentuan yang berlaku.

Pemilihan RS penerima penghargaan BPJS Kesehatan Award dilakukan dalam empat tahap. Untuk tahap pertama dilakukan di tingkat kantor cabang dan tahap kedua di tingkat kedeputian wilayah.

Penilaian tahap pertama dan kedua berdasarkan 5 kriteria yaitu kesesuaian komitmen RS dengan isi kontrak, penilaian hasil survei Walking Through Audit (WTA), kesiapan customer service 24 jam, kecepatan respons dalam penanganan keluhan, dan inovasi RS bagi kemudahan pelayanan pasien.

Setelah melalui penyaringan dari sisi akreditasi RS, dilakukan tahap penilaian selanjutnya yaitu validasi evidence. Penilaian dilakukan dalam bentuk materi powerpoint dan audio visual serta penilaian site visit oleh tim juri internal BPJS Kesehatan terhadap indikator kesiapan customer service 24 jam, kecepatan respons dalam penanganan keluhan dan inovasi RS.

Variabel yang dinilai terkait humanisme atau nilai tambah RS terkait kepentingan/kebutuhan pasien dan keluarga. Selain itu dari sisi kebersihan lingkungan di antaranya kebersihan toilet, networking (baik secara horizontal dan vertikal, antarpetugas kesehatan di internal RS maupun RS lain dan FKTP untuk kepentingan mutu pelayanan pada pasien secara merata, keberadaan ruang administrasi, dan pengaduan.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA