Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Aplikasi Motion Banking MNC Bank. (ist)

Aplikasi Motion Banking MNC Bank. (ist)

Frugal Living Pas Diterapkan Selama Pandemi, Begini Caranya

Senin, 18 Oktober 2021 | 14:33 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Frugal living adalah konsep di mana kita sepenuhnya menyadari semua keputusan dalam mengatur uang. Artinya, Anda akan memilih prioritas, sehingga tidak akan ada dana dihabiskan sia-sia.

Salah satu tokoh dunia yang menerapkan konsep frugal living adalah pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Salah satu wujud frugal living adalah kaos berwarna abu-abu yang setiap hari dipakai Mark. Dia tentu mampu membeli pakaian, tetapi memutuskan hanya menggunakan kaos itu, karena tidak ingin waktunya habis untuk berpikir pakaian apa yang akan dia gunakan setiap harinya.

Gaya hidup  frugal sangat pas diterapkan, terlebih dalam masa pandemi seperti saat ini. Jika Anda ingin mulai menjalani frugal living, Anda bisa mengikuti langkah - langkah berikut. Pertama, memiliki rencana keuangan yang fleksibel. Contohnya, di masa pandemi Anda harus beradaptasi dengan keadaan, seperti mengurangi kegiatan berkumpul bersama teman.

Kedua, budgeting. Musuh terbesar saat memulai frugal living adalah kurang pengendalian diri. Lapar mata memicu keinginan untuk berbelanja berlebihan. Prioritaskan kebutuhan dibandingkan keinginan Anda. Dengan cara ini, Anda bisa hidup lebih hemat.

Ketiga, manfaatkan promo dan diskon.
Memasuki kuartal IV tahun ini, terlebih nanti menjelang akhir tahun, lazimnya beragam promo dan program diskon ditawarkan banyak korporasi. Perbankan juga turut menebar promo seperti ini yang memudahkan dan memanjakan nasabah.

Contohnya, promo yang digelar MotionBanking dari PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau  MNC Bank, unit usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group.

Pada Oktober 2021, ada program menarik dari MotionBanking. Menabung di aplikasi MotionBanking bisa dapat suku bunga sampai dengan 3.5% per tahun, serta mendapatkan tambahan suku bunga hingga 6%, khusus nasabah baru bulan Oktober 2021. Promo ini berlaku 1 - 31 Oktober 2021.

"Selain promo di atas, ada promo gratis biaya transfer Sistem Kliring Nasional (SKN) dari MotionBanking. MotionBanking membebaskan Anda biaya administrasi untuk transfer SKN. Periode promo gratis biaya transfer SKN berlaku dari 1 September-31 Desember 2021," tulis manajemen MNC Bank, Senin (18/10/2021. 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN