Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bank BRI. Foto: DAVID

Bank BRI. Foto: DAVID

Gandeng Pegadaian dan PNM, BRI Dorong Pelaku UMKM Naik Kelas

Nida Sahara, Jumat, 28 Februari 2020 | 15:19 WIB

JAKARTA,investor.id– PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menunjukkan komitmennya untuk mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia supaya bisa naik kelas agar dapat bersaing. Salah satunya dengan menggandeng PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, perseroan bersinergi dengan Pegadaian dan PNM dalam kaitannya pemberdayaan UMKM di Indonesia. Pihaknya menjelaskan, saat ini BRI tengah menggodok skema alternatif sinergi tersebut untuk memberikan added value bagi pelaku UMKM yang menikmati fasilitas pinjaman Ultra Mikro.

"Bentuk kerjasama yang nyata dan bisa diwujudkan dalam waktu dekat diantaranya melalui pemanfaatan Agen BRILink milik BRI yang bisa dimanfaatkan untuk nasabah PNM dan Pegadaian," imbuh Sunarso dalam keterangan tertulis, Jumat (28/2).

Wakil Direktur Utama BRI Sunarso. Investor Daily/DAVID GITA ROSA
Direktur Utama BRI Sunarso. Investor Daily/DAVID GITA ROSA

Hingga akhir Desember 2019, BRI telah memiliki 422.160 Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia dengan transaksi mencapai Rp 673 triliun dalam satu tahun.

"Dengan pemanfaatan jaringan BRI tentu kami harap akan memudahkan nasabah PNM dan Pegadaian mendapatkan akses keuangan dan mendorong program pemerintah dalam kaitannya meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia," terang Sunarso.

Perseroan juga tengah menyusun skema agar nasabah PNM dan Pegadaian yang telah naik kelas bisa langsung mendapat pembiayaan dari BRI sebagai upaya mendorong pelaku UMKM naik kelas.

“BRI tidak hanya memberikan fasilitas pembiayaan namun juga pelatihan dan pendampingan serta inkubasi agar para pelaku UMKM di Indonesia mampu naik kelas dan bersaing di pasar global,” pungkas Sunarso.

Sebelumnya, pada Rabu (26/2) Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan Bank BRI akan menjadi Bank luar biasa apabila bersinergi dengan Pegadaian dan PNM.

Kolaborasi ini sangat dimungkinkan karena ketiga perusahaan pelat merah itu memiliki fokus bisnis yang sama, yakni di segmen UMKM.

"Seperti BRI memiliki strategic value mikro ritel, tidak mungkin KUR kita bebani di Bank Mandiri dan BNI, footprint mereka tidak kuat. BRI sudah capai jangkauan luar biasa, kita sudah rapat dengan BRI, saya ingin memastikan bulan Juni ini ada sinergi yang luar biasa antara BRI, Pegadaian, dan PNM," ungkap Menteri BUMN Erick Thohir.

Erick menambahkan, BRI diposisikan sebagai perusahaan BUMN dengan nilai strategis yang tinggi. Tidak hanya memiliki nilai bisnis besar, namun juga mengemban penugasan dari pemerintah dalam menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) terbesar, sehingga dengan adanya sinergi tersebut akan meningkatkan kembali nilai perusahaan dan lebih jelas target pasarnya.

"Jadi tidak ada lagi overlapping kebijakan di situ, dan target market-nya jelas, ini kalau terjadi, BRI akan jadi bank luar biasa. Cepet-cepet beli sahamnya," lanjut Erick.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN