Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Pinduit Teknologi Indonesia (Pintek)

PT Pinduit Teknologi Indonesia (Pintek)

Gandeng SIPLah, Pintek Perluas Akses Pembiayaan Sektor Pendidikan

Kamis, 21 Januari 2021 | 18:05 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – Perusahaan fintech peer to peer (P2P) lending PT Pinduit Teknologi Indonesia (Pintek) terus memperluas akses pembiayaan bagi sektor pendidikan. Kali ini, perseroan turut menggandeng UKM/vendor dalam cakupan Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah).

SIPLah sendiri dibangun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengkoordinir dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam pengadaan barang dan jasa. Sistem tersebut memfasilitasi UKM yang bergerak di bidang pendidikan untuk menyediakan kebutuhan seperti buku, seragam, barang elektronik, dan kebutuhan lainnya.

Co-Founder dan Direktur Utama Pintek Tommy Yuwono mengungkapkan, sejalan dengan tujuan perseroan bagi pendidikan di Indonesia, kerjasama dengan UKM/vendor SIPLah diharapkan mampu mempercepat penyediaan fasilitas kebutuhan pendidikan khususnya sarana prasarana PJJ agar kegiatan pengajaran tetap berlangsung. Kondisi pandemi yang dihadapi saat ini sangat berdampak pada perputaran cashflow para UKM dan penyedia kebutuhan sekolah.

"Menanggapi hal tersebut, Pintek melalui produknya, Pintek Institutions menyediakan solusi pembiayaan bagi UKM di seluruh Indonesia yang bergerak di bidang pendidikan untuk mengoptimalkan permodalannya," kata Tommy melalui siaran pers, Kamis (21/1).

Menurut dia, kebutuhan di tahun 2021 akan pendidikan semakin meningkat. "Kami telah mempersiapkan diri dengan mendukung seluruh ekosistem pendidikan dengan menyediakan alternatif pembiayaan, termasuk pembiayaan untuk kebutuhan UKM/vendor SIPLah," tutup Tommy.

Salah satu vendor SIPLah yang sudah menggunakan produk Pintek Institutions untuk pengadaan adalah PT Pandu Raya Internusa. Marketing Manager PT Pandu Raya Internusa Ruri Gunar menerangkan, dengan adanya pinjaman modal usaha dari Pintek, pihaknya merasa sangat terbantu dalam pengadaan kebutuhan sekolah khususnya dalam jumlah besar.

"Tim Pintek juga komunikatif dalam kerja sama sesuai kondisi dan kebutuhan vendor. Pinjaman modal usaha dari Pintek ini sangat solutif bagi perluasan skala bisnis khususnya vendor SIPLah. Penyalurannya pun dapat ke seluruh Indonesia, dengan nilai pinjaman yang bisa disesuaikan kebutuhan tiap-tiap vendornya," kata Ruri.

Sementara itu, Pintek turut mengadakan edukasi yang diramu melalui diskusi dengan UKM/vendor SIPLah untuk menghadirkan solusi finansial. Acara itu dilaksanakan pada Kamis (21/1) dengan tajuk Pintek Talk: Kiat Sukses Berjualan di SIPLah Dengan Solusi Keuangan yang Tepat. Pada kesempatan itu, Pintek juga mengundang PesonaEdu sebagai salah satu pasar daring SIPLah sebagai narasumber.

Berdasarkan kinerja Pintek di Indonesia yang dilansir dari laman perseroan, total akumulasi pembiayaan sejak berdiri mencapai Rp 83,3 miliar. Sedangkan total akumulasi pembiayaan sepanjang tahun berjalan sebesar Rp 46,2 miliar. Serta outstanding pembiayaan sebesar Rp 14,1 miliar.

Pada saat yang sama, jumlah akumulasi borrower sebanyak 2.761 entitas, dengan jumlah peminjam aktif sebanyak 124 entitas. Adapun total biaya per bulan pada kisaran 0,15%. Dalam hal kualitas pembiayaan, tingkat keberhasilan bayar 90 hari (TKB 90) Pintek sebesar 94,49%.

Editor : Aris Cahyadi (aris_cahyadi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN