Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi solusi keuangan Maybank Indonesia. (ist)

Ilustrasi solusi keuangan Maybank Indonesia. (ist)

Inflasi Gaya Hidup Jerat Milenial, Ini Solusinya

Rabu, 25 Agustus 2021 | 14:11 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Ada dua tantangan yang harus dihadapi sebagian besar milenial, yakni inflasi dan penundaan untuk mulai berinvestasi karena berbagai alasan. Itu sebabnya, peribahasa ‘besar pasak daripada tiang’ cukup tepat mewakili kondisi finansial sebagian masyarakat urban di perkotaan.

Mengutip sebuah studi ‘Indonesia Gen Z and Millenial Report 2020’ yang dirilis oleh institusi riset pemasaran Indonesia, Alvara Research1, sebagian masyarakat urban milenial di berbagai kota metropolitan di Indonesia mengakui, mereka sulit menabung selama pandemi Covid-19. Rata-rata pengeluaran kebutuhan rumah tangga rutin bulanan warga perkotaan yang berusia 25-40 tahun ini menghabiskan sebesar 57% dari total pemasukan.

Selain tingginya pengeluaran rutin kebutuhan pokok bulanan, masyarakat urban harus berjuang untuk menyiasati inflasi gaya hidup atau yang juga dikenal dengan istilah lifestyle inflation. Istilah ini menggambarkan kondisi perubahan perilaku dan kebiasaan yang mengakibatkan pengeluaran terus meningkat seiring dengan bertambahnya penghasilan.

Pada umumnya, inflasi gaya hidup bersumber dari aspirasi untuk mendapatkan gaya hidup lebih premium, tetapi pengeluaran juga mengejar, misalnya menikmati kopi kekinian tiap hari, bersantap di restoran trendi, beli smartphone atau gadget terbaru. Semua ini berkontribusi pada inflasi gaya hidup ketika diaplikasikan secara berlebihan.

Salah satu solusi keuangan yang dapat menjadi pilihan masyarakat urban di tengah dorongan perkembangan gaya hidup adalah dengan memanfaatkan produk Maybank Tabungan U/U iB, besutan PT Bank Maybank Indonesia Tbk. (Maybank Indonesia). Solusi keuangan cerdas dan teranyar ini segera hadir pada awal September mendatang.

Maybank Tabungan U akan hadir dalam dua tipe, yaitu konvensional dan syariah (U iB) yang akan menjadi opsi menarik bagi semua kalangan mulai dari milenials, young professionals dan young family ataupun mereka yang menginginkan keleluasaan dalam mengatur keuangan yang semua serba #UptoU.

Ketika nasabah membuka Maybank tabungan U/U iB, akan mendapatkan rekening 2 in 1 yang dapat diakses secara simultan yaitu U Transactional dan U Goal Saver. Nasabah eksisting maupun yang belum bergabung dengan Maybank Indonesia akan dengan sangat mudah membuka Maybank Tabungan U/U iB melalui aplikasi bank digital M2U ID.

“Kami memahami pain points masyarakat yang berhubungan dengan proses administrasi di bank. Oleh karena itu, Maybank Indonesia telah menyiapkan solusi bagi para kaum muda dan digital savvy yaitu Maybank Tabungan U/U iB yang akan tergabung di dalam ekosistem digital M2U ID,” kata Head of Consumer Maybank Indonesia Sukiwan, Rabu (25/8/2021).

Maybank Tabungan U/U iB dapat membantu Nasabah untuk disiplin menyisihkan sebagian dananya untuk ditabung untuk keperluan di masa depan. Dana yang disisihkan ini relatif terjangkau yaitu mulai dari Rp 100 ribu bulan. Selain itu, yang cukup menarik adalah dengan behaviour generasi Y dan generasi Z yang cenderung konsumtif dibandingkan para pendahulunya, Maybank Tabungan U/U iB dapat menjadi sarana penyimpanan dana yang bisa terus bertambah saldonya apabila semakin banyak digunakan untuk bertransaksi belanja melalui U debit card & QRIS Maybank Tabungan U/U iB.

Sementara itu, fitur U Goal Saver dapat membuat pengalaman menabung menjadi lebih menarik, di mana gaya hidup terus berjalan, sembari menyisihkan dana untuk masa mendatang. Nasabah juga dapat membuka tabungan U/U iB melalui aplikasi M2U ID dengan cepat dan mudah menggunakan verifikasi wajah dan e-KTP yang terhubung dengan data Dukcapil, sehingga nasabah tidak perlu mendatangi kantor cabang Maybank Indonesia.

“Mengusung misi Humanising Finansial Services, Maybank Indonesia berkomitmen untuk menyediakan akses keuangan yang memahami aspirasi nasabah, mulai dari saving, earning, hingga spending,” lanjut Sukiwan.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN