Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Infovesta Optimistis Prospek Pertumbuhan Premi 2019

Oleh Nida Sahara dan Devie Kania, Kamis, 21 Februari 2019 | 13:59 WIB

Head of Capital Market Research PT Infovesta Utama (Infovesta) Wawan Hendrayana mengatakan, pihaknya optimistis dengan prospek pertumbuhan premi industri asuransi jiwa. Seiring dengan hal tersebut, Infovesta pun menilai peluang pertumbuhan investasi unit link industri asuransi jiwa pun akan meningkat pada 2019.

“Secara persentase mungkin tidak naik signifikan, karena basis nilai premi di industri kan sudah besar. Namun, seperti halnya kami positif dengan prospek tingkat pengembalian investasi (return) reksa dana, Infovesta juga positif untuk ruang return yang baik di unit link,” ujar Wawan kepada Investor Daily, kemarin.

Dia juga mengakui, tahun lalu rata-rata return unit link cenderung minus secara year to date (ytd). Sebagai contoh, rata-rata return unit link berbasis saham minus sekitar 6% pada tahun lalu. Sedangkan rata-rata return reksa dana saham minus 3,67% per 28 Desember 2018.

“Secara sentimen, tren rata-rata return unit link mirip dengan return reksa dana. Sebab, mayoritas unit link itu mekanismenya fund on fund, karena berinvestasi ke reksa dana yang dibuat oleh manajer investasi,” jelas dia.

Namun di lain pihak, Wawan mengakui terdapat beberapa porsi dana unit link yang diinvestasikan secara langsung ke saham. “Hanya kebanyakan memilih fund on fund, sehingga bisa fokus dengan ekspansi penambahan premi. Sebab, kalau membeli produk reksa dana yang sudah ada kan pengelolaan dilakukan oleh manajer investasi, bukan oleh perusahaan asuransinya,” tutur dia.

Seiring dengan mayoritas unit link berinvestasi fund on fund di reksa dana, Wawan meyakini prospeknya bagus pada 2019. Sebab, tahun ini Infovesta memperkirakan, rata-rata return reksa dana saham bisa mencapai 9%, reksa dana pasar uang 5,5-6%, reksa dana campuran 5-6%, dan rata-rata return reksa dana pendapatan tetap 3-4%.

Menilik data Infovesta, pada 28 Desember 2018 rata-rata return reksa dana pendapatan tetap minus 2,2%. Sedangkan rata-rata return reksa dana campuran minus 2,9%, reksa dana pasar uang positif 4,18%, dan rata-rata return reksa dana saham justru minus 3,67%.

Sementara itu, pada 2018 kinerja IHSG minus 2,54% dan ditutup dalam level 6.194,49. ”Namun tahun ini, kami optimistis IHSG bisa melaju ke level 6.800-6.900. Jadi peluang rata-rata return yang lebih baik untuk reksa dana saham, ataupun unit link masih prospektif,” papar Wawan. (*)

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA