Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Suharso Monoarfa

Suharso Monoarfa

Ini Rekomendasi Bappenas tentang Peranan Perbankan

Sabtu, 27 November 2021 | 18:55 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id -  Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, fungsi intermediasi perbankan mulai mengalami pemulihan dan perlu ditingkatkan. Perbankan sebagai lembaga sangat strategis dalam mendukung perekonomian nasional untuk menjembatani antara pihak yang memiliki dana dan pihak yang membutuhkan dana.

Dia menyampaikan empat rekomendasi peranan perbankan ke depan. Pertama, perlu perhatian pada tingkat suku bunga kredit yang kondusif bagi usaha serta transformasi digitalisasi perbankan.

“Kedua, penyaluran pembiayaan perlu didorong untuk menggerakkan kembali sektor riil ke berbagai sektor dan wilayah di Indonesia, dalam rangka meningkatkan iklim usaha dan investasi serta menciptakan lapangan kerja untuk mendukung pencapaian sasaran pembangunan nasional,” terang Suharso.

Ketiga, perbankan diharapkan mendorong penyaluran pembiayaan atau kredit kepada UMKM, termasuk usaha mikro dan ultra mikro yang prospektif, dan juga kesesuaian antara penyaluran pembiayaan yang bersifat konsumtif dan produktif (investasi dan modal kerja). Rekomendasi keempat, perbankan diharapkan dapat mendukung sustainable finance untuk mencapai ekonomi hijau dan ekonomi biru di Indonesia.

Baca lengkap di epaper Investor Daily https://subscribe.investor.id/

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN