Menu
Sign in
@ Contact
Search
Sentra Layanan Ultramikro (Senyum) Holding Umi. Integrasi layanan ketiga entitas atau co-location melalui Gerai Senyum sudah mencapai 1.003 lokasi per Agustus 2022. (foto: Istimewa)

Sentra Layanan Ultramikro (Senyum) Holding Umi. Integrasi layanan ketiga entitas atau co-location melalui Gerai Senyum sudah mencapai 1.003 lokasi per Agustus 2022. (foto: Istimewa)

Integrasikan 25 Juta Data, Holding UMI Jangkau Nasabah Lewat Digitalisasi

Jumat, 11 Nov 2022 | 21:30 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Pentingnya integrasi data menjadi sorotan dalam pembentukan Holding Ultramikro (UMi) yang dipimpin PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) bersama PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Lewat sentuhan digitalisasi, 25 juta data telah diintegrasikan.

Direktur Utama BRI Sunarso dalam acara talkshow ‘Financial Inclusion Talk’ yang diselenggarakan dalam rangka mendukung Presidensi G20 ini mengungkapkan bahwa integrasi data nasabah menjadi salah satu prioritas utama dalam awal pembentukan Holding UMi. Pihaknya menyebut bahwa ketersediaan data yang akurat akan memudahkan perseroan dalam mengidentifikasi layanan keuangan yang paling sesuai dan dibutuhkan oleh nasabah, terutama pelaku usaha ultramikro dan mikro.

Baca juga: LAPS SJK Terima Hampir 3.000 Pengaduan

“Pembentukan holding menjadikan kami memiliki data yang sangat besar. Saat ini sudah mengintegrasikan 25 juta data. Apa gunanya? Kita bisa meng-asses perilaku para pelaku usaha mikro dan digunakan untuk meningkatkan kebutuhan literasi pemberdayaan mereka. Mudah-mudahan dengan solidnya pemberdayaan dari BRI di ultramikro, akan terjadi akselerasi naik kelas. Nah kepada tiga entitas apa impact-nya? Kita bisa memberikan layanan produk lebih baik lagi, pembiayaan lebih besar lagi," tegas Sunarso dalam keterangannya, Jumat (11/11/2022).

Advertisement

Holding UMi memiliki target besar untuk melayani sebanyak 45 juta nasabah ultramikro. Sebanyak 30 juta nasabah di antaranya bahkan belum mendapatkan akses layanan keuangan. Oleh sebab Itu, Sunarso menekankan Holding yang dipimpin BRI Ini punya peran besar sebagai garda terdepan dalam mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia. Selain data, integrasi layanan juga ditempuh sebagai upaya efisiensi.

“Jadi penyatuan dari resources, kantor-kantor fisik, terutama yang dimiliki BRI. Co-location Senyum (Sentra Layanan Ultramikro) adalah salah satu bentuknya, di dalamnya ada Pegadaian layanannya ada di situ, kemudian PNM juga ada di situ, kemudian mereka berkolaborasi untuk men-deliver layanan lebih banyak lagi,” tambah dia.

Hingga Agustus 2022, integrasi layanan ketiga entitas atau co-location melalui Gerai Senyum sudah mencapai 1.003 lokasi atau sudah lebih besar dari target awal sebanyak 978 lokasi Gerai Senyum.

Baca juga: Beri Dividen Rp 1,2 T untuk Negara, Jasa Raharja Turut Andil dalam Pembangunan Nasional

“Berikutnya kita punya tenaga pemasar yang berjumlah 66 ribu. Kita lengkapi dengan bisnis proses digital. Mereka selalu ada di wilayah kerjanya tidak pergi ke kantor, terintegrasi dengan bisnis proses tiga entitas, namanya Senyum Mobile. Senyum mobile itu adalah platform berisi produk dan layanan tiga entitas yang dapat dijual oleh 66 ribu tenaga pemasar tiga entitas," ungkap dia.

Dengan resources yang dimiliki, Holding UMi telah meraih pencapaian yang impresif. Hingga akhir Agustus 2022 tercatat jumlah nasabah yang telah diintegrasikan ketiga entitas mencapai 23,5 juta nasabah dengan total outstanding pembiayaan mencapai Rp 183,9 triliun. BRI juga berhasil menaik kelaskan 1,8 juta nasabah KUR Mikro ke Komersial di tahun 2021 dan di tahun 2022 diprediksikan nasabah yang berhasil dinaik kelaskan mencapai 2,2 juta nasabah.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com