Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Jamkrindo Syariah. Sumber: bumn.go.id

Jamkrindo Syariah. Sumber: bumn.go.id

Jamkrindo Upayakan Jamin Rp 550 Miliar Dana Bergulir LPDB-KUMKM

Selasa, 11 Agustus 2020 | 04:55 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Jamkrindo mengupayakan menjamin hingga Rp 550 miliar dana bergulir yang disalurkan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM). Hal tersebut menjadi bagian dari perseroan mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Jamkrindo Senin (10/8/2020), menandatangani dua nota kesepahaman tentang upaya peningkatan daya saing dan produktivitas koperasi melalui penguatan permodalan. Seiring langkah perseroan untuk ikut serta memperkuat dukungan terhadap kemajuan pelaku UMKM dan koperasi.

Penandatanganan nota kesepahaman pertama dilakukan dengan LPDB-KUMKM dan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics. Sedangkan penandatanganan nota kesepahaman kedua dilakukan dengan LPDB-KUMKM dan PT Perikanan Nusantara (Persero) atau Perinus.

Dirut PT Jamkrindo, Randi Anto dalam diskusi Zooming with Primus: Jurus BUMN Menghadapi New Normal Kamis (11/6/2020). Sumber: BSTV
Dirut PT Jamkrindo, Randi Anto. Sumber: BSTV

Direktur Utama Jamkrindo Randi Anto mengungkapkan, pada nota kesepahaman tersebut pihaknya bertindak menjadi penjamin pengelolaan dana bergulir yang disalurkan LPDB-KUMKM kepada koperasi mitra BGR Logistics  dan Perinus. Perseroan berharap pemberian modal kerja yang dijamin oleh Jamkrindo itu dapat membantu koperasi memperkuat permodalan dan meningkatkan usahanya.

Adapun dalam kerja sama tersebut, Jamkrindo mengupayakan bisa menjamin Rp 450 miliar dari Mitra koperasi BGR dan Rp 100 miliar dari mitra koperasi Perinus.

“Harapannya, pemberian modal kerja ini dapat berimplikasi positif terhadap perekonomian nasional,” ujar Randi melalui keterangan tertulis, Senin (10/8).

Selain itu, Jamkrindo juga secara aktif telah melakukan penjaminan kredit modal kerja untuk UMKM dalam program PEN. Lewat program tersebut, diharapkan perekonomian bisa berbalik tumbuh lebih cepat. Perputaran kegiatan ekonomi yang perlahan-lahan pulih, diharapkan juga bisa kembali membuka lapangan kerja sehingga bisa menyerap banyak tenaga kerja di sektor formal maupun informal.

Untuk melaksanakan program PEN, pemerintah menugaskan Jamkrindo dan Askrindo untuk melaksanakan penjaminan pemerintah dalam rangka pelaksanaan program PEN. Dalam hal pihak terjamin memerlukan fasilitas penjaminan dengan skema syariah, penjaminan dilaksanakan melalui Jamkrindo Syariah dan Askrindo Syariah.

“Tahun 2020 merupakan tahun yang dinamis bagi perekonomian, terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19, dengan adanya program PEN diharapkan para pelaku UMKM bisa benar-benar menikmati manfaat kredit modal kerja tersebut bagi peningkatan usahanya. Hal ini sangat penting karena UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia,” ujar Randi.

Adapun PT Jamkrindo sendiri merupakan perusahaan penjaminan yang saat ini merupakan anggota holding Asuransi dan Penjaminan dengan induk holding PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero). Sebagai perusahaan penjaminan terbesar di Indonesia, PT Jamkrindo mengaku berkomitmen untuk senantiasa memberikan penjaminan bagi para mitra perbankan dan lembaga keuangan non bank.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN