Menu
Sign in
@ Contact
Search
IFG Life

IFG Life

Juni, IFG Life Terima Transfer Polis Jiwasraya Senilai Rp 6,4 Triliun

Jumat, 17 Juni 2022 | 04:30 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) akan melanjutkan transfer polis dari PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tahap kedua pada Juni 2022. Nilai Liabilitas yang dialihkan pada tahap ini mencapai Rp 6,4 triliun.

Direktur Utama Holding BUMN Klaster Perasuransian dan Penjaminan Indonesia Financial Group (IFG) Robertus Bilitea menyampaikan, transfer aset dan liabilitas Jiwasraya ke IFG Life terus berlangsung. Pengalihan aset Jiwasraya telah berprogres dari Rp 1,5 triliun di akhir tahun lalu menjadi Rp 4,5 triliun per April 2022.

Dari sisi liabilitas, per April 2022 pengalihan telah berhasil mencapai Rp 21,9 triliun, sedikit meningkat dibandingkan akhir 2021 sebesar Rp 20,8 triliun. Hal ini juga tergambar pada jumlah polis Jiwasraya yang berhasil ditransfer ke IFG Life dari sebanyak 156.216 pada akhir 2021 dan bertambah menjadi 156.266 per April 2022.

"Ada sisa portofolio yang akan kami alihkan dalam waktu dekat ini, itu sekitar Rp 6,4 triliun," ujar Robertus saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, Kamis (16/6/2022).

Baca juga: IFG Kelola Dana Pensiun BUMN, OJK Apresiasi Kebijakan Erick Thohir

Robertus mengungkapkan, pengalihan liabilitas berupa polis-polis eks-nasabah Jiwasraya ini harus melalui proses verifikasi dan validasi lebih dulu. Hal ini menjadi tantangan tersendiri mengingat polis-polis yang ada banyak berasal dari segmen ritel.

"Teman-teman Jiwasraya sudah menghubungi para pemegang polis ini, tapi sampai saat ini pencarian alamat dan data mereka terus diintensifkan. Lalu ketika sudah mendapatkan respon dari pemegang polis, diverifikasi, maka akan segera dialihkan ke IFG Life," terang Robertus.

Saat ini, sudah lebih dari 96% pemegang polis Jiwasraya berkenan direstrukturisasi untuk polisnya ditransfer ke IFG Life. Robertus menilai, angka itu menjadi capaian yang baik untuk mengurangi dampak sosial yang tidak diinginkan.

Baca juga: Perkuat Implementasi Risk Culture, IFG Gelar Executive Briefing Risk Management

Lebih lanjut, tahap kedua transfer polis dari Jiwasraya ini tidak terlepas dari ketersediaan ekuitas yang dimiliki IFG Life. Dalam hal ini, satu dari tiga rencana aksi korporasi IFG Holding Tahun 2022 adalah melakukan fundraising Rp 6,7 triliun melalui utang bank dan surat utang obligasi. Dana inilah yang akan disalurkan kepada IFG Life agar tingkat solvabilitas (risk based capital/RBC) akan terjaga di kisaran 120% sesuai dengan ketentuan OJK.

"Kami akan tingkatkan lagi modalnya plus Rp 6,7 triliun dalam waktu dekat ini. Funding-nya sudah tersedia, izin OJK sudah diperoleh, mudah-mudahan sekitar 1-2 minggu ke depan kami bisa tingkatkan modal IFG Life. Kemudian kami bisa pindahkan lagi portofolio polis (Jiwasraya) yang sudah menyetujui restrukturisasi ke IFG Life," beber Robertus.

Dengan demikian, penyetoran modal IFG kepada IFG Life memiliki total nilai Rp 27,21 triliun. Dengan rincian Rp 0,15 triliun pada November 2020 dan Rp 0,36 triliun pada Oktober 2021. Dana segar dengan total Rp 0,51 triliun dalam rangka memenuhi kebutuhan awal pendirian perusahaan.

Kemudian, terdapat penyetoran dana sebesar Rp 20 triliun dari penyertaan modal negara (PMN) pada November 2021. Dana ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengalihan polis Jiwasraya ke IFG Life tahap I.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com