Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
(kiri-kanan) Presiden Direktur IKI Modal Joen S Chandra dan Direktur TI dan Operasional IKI Modal Ezra Kurniadi. Foto: Iist

(kiri-kanan) Presiden Direktur IKI Modal Joen S Chandra dan Direktur TI dan Operasional IKI Modal Ezra Kurniadi. Foto: Iist

Kantongi Izin OJK, IKI Modal Telah Salurkan Pembiayaan Rp 6,5 Miliar

Senin, 16 Agustus 2021 | 05:30 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Penyelenggara fintech p2p lending PT IKI Karunia Indonesia (IKI Modal) resmi memperoleh status berizin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perseroan mencatat telah menyalurkan pembiayaan berupa pinjaman modal sebesar Rp 6,5 miliar.

IKI Modal mengantongi izin usaha Perusahaan Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 2 Agustus 2021 dengan surat tanda berizin KEP-69/D.05/2021. Perseroan merupakan anak usaha dari PT Emporia Digital Raya yang merupakan bagian dari grup usaha PT Anabatic Technologies Tbk (ATIC).

Presiden Direktur IKI Modal Joen S Chandra mengungkapkan, pihaknya menyediakan layanan peer to-peer lending (P2P) berbasis teknologi finansial bagi UKM berpotensi dan pencari investasi alternatif dipertemukan lewat pasar digital. Dengan mendanai pinjaman yang dibutuhkan oleh UKM Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya, pemberi pinjaman mendapatkan alternatif investasi dengan tingkat pengembalian yang menarik.

IKI Modal telah memberikan pinjaman modal usaha lebih dari Rp 6,5 miliar bagi dari 200 UMKM di Indonesia. IKI Mitra saat ini telah hadir di lebih dari 200 kota/kabupaten di Indonesia seperti di Tangerang, Jabodetabek, Yogyakarta, Semarang, Kendal, Karanganyar, Lebak, Serang, Kupang, Gorontalo, Malang, dan beberapa kota lainnya.

"Pertama-tama kami sangat bersyukur atas pencapaian ini dan tentunya kami juga menyampaikan terima kasih kepada pihak OJK yang telah memberikan kepercayaan kepada IKI Modal dengan izin usaha ini. Pencapaian ini akan semakin memotivasi kami untuk memberikan dukungan kepada UMKM dan mempercepat akselerasi pemulihan ekonomi dari dampak pandemi di Indonesia," ujar Joen melalui keterangannya, akhir pekan lalu.

Dia pun menerangkan, pihaknya memberikan kesempatan kepada UMKM untuk melakukan transformasi bisnis dan pada saat bersamaan mendorong kemandirian ekonomi masyarakat. Ke depan IKI Modal bakal terus mempertajam komitmen untuk menjawab salah satu tantangan terbesar yang dihadapi UMKM, yaitu keperluan modal pengembangan usaha.

Di samping itu, kata Joen, IKI Modal juga hadir dengan mengembangkan produk di sektor pendidikan. Perseroan akan menyediakan produk-produk pinjaman yang bersaing dengan target pasar di ekosistem pendidikan, baik guru pengajar maupun orang tua murid yang membutuhkan biaya sekolah.

"Tingkat inklusi keuangan masyarakat Indonesia hingga kini masih relatif rendah. Dengan berfokus pada sektor usaha mikro serta memperluas akses pinjaman, diharapkan IKI Modal dapat menjadi alternatif pembiayaan untuk mengembangkan usaha dan meraih cita-cita. Salah satu yang membedakan IKI Modal, kami menambahkan proteksi dengan asuransi untuk tiap pinjaman, sehingga akan lebih aman bagi para investor," tandas Joen.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN