Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Konferensi pers daring inovasi aplikasi blu, Kamis (22/7). Foto: Investor Daily/Prisma Ardianto

Konferensi pers daring inovasi aplikasi blu, Kamis (22/7). Foto: Investor Daily/Prisma Ardianto

Lewat Aplikasi blu, BCA Digital Bidik Ratusan Ribu Nasabah

Jumat, 23 Juli 2021 | 04:29 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Bank BCA Digital melalui aplikasi blu menargetkan bisa menjaring ratusan ribu nasabah transaksi dan pendanaan (funding). Sejumlah fitur inovatif yang dirancang khusus pada aplikasi blu dipercaya mampu menarik minat para digital savvy.

Direktur Utama BCA Digital Lanny Budiati menyampaikan, tahun ini pihaknya masih memfokuskan diri untuk menjaring nasabah baru, baik nasabah funding atau nasabah transaksi melalui aplikasi blu. Setelah itu pada tahun depan, fokus perseroan akan mulai bergeser untuk menyalurkan kredit, termasuk juga dengan menggandeng fintech p2p lending.

"Sebetulnya kami punya target mengumpulkan ratusan ribu nasabah, sekarang ini ada 25 ribu nasabah organik yang sudah bergaung tanpa iklan. Tentunya kami berharap dan bekerja keras untuk mencapai target yang sudah ditetapkan," kata Lanny saat konferensi pers daring, Kamis (22/7)

Dia menuturkan, pembatasan sosial yang sedang berjalan sejatinya tidak mempengaruhi masyarakat untuk berhenti transaksi. Justru di sisi lain, transaksi mudah dan cepat sangat dibutuhkan dalam kondisi seperti saat ini.

"Sebetulnya PPKM ini justru mendorong segala hal terkait digitalisasi, termasuk dalam hal banking," kata dia.

Sementara itu, Lanny mengungkapkan, kebiasaan masyarakat sudah benar-benar berubah dalam satu dekade terakhir dengan kehadiran smartphone, terutama bagi para anak muda atau para digital native. Demikian juga dalam doing banking transaction, para anak muda tersebut merasa transaksi bank mesti cepat, praktis, dan mudah melalui mobile banking mereka.

Hal itu juga dilihat oleh BCA, bahwa ada segmen khusus yang membutuhkan pendekatan lebih spesifik untuk mendapatkan layanan dan produk yang telah disesuaikan bagi para digital savvy. Oleh karena itu, BCA Digital lahir sebagai anak bungsu BCA lewat layanan one stop smart solution banking, yakni aplikasi blu.

Salah satu kemudahannya adalah dalam membuka blu account, cukup download aplikasi blu, isi data, verifikasi melalui video call, dan kemudian rekening akan aktif tanpa harus repot datang ke cabang. Kini satu nasabah hanya perlu mengingat satu rekening blu account saja.

"Setelah itu kami juga memiliki bluSaving, satu rekening dengan sepuluh tabungan yang dapat ditentukan sendiri namanya dan bisa tentukan sendiri tujuan penggunaan. Kemudian, masyarakat Indonesia itu suka patungan. Nah transparansi dari rekening bendahara ini sering kali membuat problem antara bendahara dengan para penyetornya. bluGather menjadi solusi untuk itu karena menawarkan transparansi," kata Lanny.

Sedangkan jika ada dana lebih dan belum akan digunakan dalam waktu dekat, bisa ditaruh di bluDeposit dengan tenor yang bisa dipilih sendiri dari 1-12 bulan. Bahkan juga bisa melakukan top-up dari bluDeposit sampai dengan H+6 dari penempatan awal. Urusan pembayaran, tentu juga bisa melalui blu. Bahkan cash flow bisa dilihat dengan detail dan rapi karena laporan keuangan bisa diunduh sampai dengan dua tahun belakang.

"Kami ingin mendengarkan dan memahami kebutuhan nasabah, dan tentu saja memenuhi kebutuhan itu. Kami juga ingin memiliki strong, good, and long lasting relationship dengan para nasabah, based on mutual respect and trust. blu ingin mendampingi dan mendorong generasi muda untuk menggapai mimpi-mimpi besar melalui gerakan #YangPentingLakuin agar bersama-sama berani melangkah dan merealisasikan semua cita-cita," ujar Lanny.

Lewat riset yang dilakukan, dia mengatakan, kini perseroan menyasar tiga segmen nasabah yang memang didominasi oleh para milenial. Pertama adalah para digital savvy dengan tingkat literasi keuangan yang sudah sangat dewasa. Orientasinya adalah investasi dan menyiapkan dana untuk masa depan.

Kedua adalah para digital savvy yang sudah mandiri secara finansial, mempunyai pendapatan yang stabil dan sudah cukup pintar dalam mengatur keuangan. Sedangkan yang ketiga adalah nasabah the youngest digital savvy yaitu mereka yang masih kuliah atau baru lulus. Mereka belum bekerja, masih financially dependent, dan pendapatannya belum stabil. Tapi segmen itu mesti harus pintar menjaga cash flow.

Kedepan, aplikasi blu tentu memperkaya fitur dan layanannya. Diantaranya adalah menyiapkan layanan debit card, produk untuk lending, dan juga produk-produk investasi. "Hal yang pasti, blu selalu dalam pengembangan dan kita tidak akan pernah berhenti untuk mengeksplorasi," kata dia.

Gandeng Blibli
Pada saat yang sama, Lanny mengumumkan bahwa BCA Digital menggandeng mitra eksklusif aplikasi blu yakni penyelenggara e-commerce Blibli. Kemitraan itu dijalin dengan semangat yang sama yakni customer centric, target yang sama yaitu digital savvy, serta tujuan sama yaitu memperluas cakupan pengguna.

CEO Blibli Kusumo Martanto menyampaikan, semangat tersebut diwujudkan melalui kolaborasi eksklusif Blibli bersama BCA Digital dengan meluncurkan terobosan layanan perbankan digital di ekosistem e-commerce. Inovasi layanan platform perbankan digital itu merupakan momen pencapaian penting yang patut dibanggakan.

"Karena mengukuhkan Blibli menjadi e-commerce pertama di Indonesia yang terkoneksi dan terintegrasi dengan layanan aplikasi platform bank digital. Dengan blu terkoneksi langsung dengan platform Blibli, pelanggan sangat mudah melakukan transaksi, merencanakan keuangan, mewujudkan mimpi secara seamless dan convenience," ungkap dia.

Untuk itu, kata dia, Blibli akan semakin serius mengembangkan ekosistem e-commerce dengan menggandeng mitra yang tepat dan trusted dari berbagai industri, termasuk perbankan. pihaknya meyakini hanya dengan kolaborasi, pengembangan ekosistem di Indonesia akan mampu mencapai potensi yang terbaik.

"Kemitraan ini merupakan strategi memperkuat solusi bagi pelanggan. Pelanggan dapat merasakan manfaat langsung di platform Blibli, mulai dapat membuka rekening bank langsung secara mudah, hingga melakukan transaksi pembayaran e-commerce. Pelanggan Blibli bisa melakukan transaksi secara praktis di aplikasi dengan menggunakan akun digital blu dari BCA Digital," tandas Kusumo.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN