Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
kredivo

kredivo

Lewat Survei, Kredivo Sebut 79% Pelanggan Pilih Kartu Kredit Digital

c04, Rabu, 3 Juli 2019 | 22:42 WIB

JAKARTA.investor.id – PT FinAccel Teknologi Indonesia (Kredivo) melalui Kredivo's Customer Satisfaction Survey 2019 menyebut 79% pelanggan lebih menyukai kartu kredit digital sebagai metode pembayaran. Presentase tersebut jauh mengungguli metode lainnya seperti transfer bank, kartu kredit, dan metode pembayaran lainnya.

Dalam survei tersebut dikatakan, sebanyak 1110 responden dengan profil demografis beragam dipilih sebagai sampel. Dari jumlah responden tersebut, 79% memilih kartu kredit digital sebagai motode pembayaran yang paling digemari. Kemudian menyusul metode transfer bank sebesar 8%, dengan kartu kredit sebesar 6%, serta metode lainnya seperti CoD, e-wallet, dan debit sebesar 7%.

Kepala Marketing Kredivo Indiana Andamari menyampaikan, sebelum adanya kartu kredit digital seperti Kredivo, layanan kredit di e-commerce hanya ditawarkan oleh kartu kredit konvensional atau perusahaan mutifinance. Namun, hanya sedikit orang yang bisa mendapatkan akses ke layanan tersebut karena kurangnya data skor kredit serta proses registrasi yang berbelit-belit dan memakan waktu lama.

"Kini kehadiran kartu kredit digital yang menawarkan proses serba online dan persetujuan yang cepat berdasarkan data alternatif calon debitur menjadi solusi bagi masyarakat untuk mendapatkan akses kredit dengan mudah dan nyaman," kata Indiana dalam keterangan tertulis yang diterima Investor Daily, Rabu (3/7).

Dia menambahkan, pertumbuhan e-commerce dan media sosial yang telah mengubah perilaku masyarakat dalam membeli atau membayar barang dan jasa menjadi salah satu alasan mengapa metode pembayaran menggunakan kartu kredit digital kian populer.

Riset terbaru Google dan Temasek dalam laporan e-Conomy SEA 2018 menunjukkan bahwa ekonomi digital Indonesia mencapai US$ 27 miliar atau sekitar Rp 391 triliun. Angka tersebut menjadikan nilai transaksi ekonomi digital Indonesia menempati peringkat pertama di kawasan Asia Tenggara. Namun pertumbuhan tersebut tidak disertai dengan pertumbuhan infrastruktur sehingga masih banyak kendala saat bertransaksi secara digital.

Lebih lanjut, hal tersebut ditunjukkan oleh tingkat cart abandonment yang tinggi di Indonesia, bahkan termasuk yang tertinggi di Asia. Salah satu penyebab utama dari tidak selesainya transaksi itu adalah friksi saat proses checkout di platform e-commerce. Kurangnya opsi layanan pembiayaan juga memperbesar hambatan mengingat angka penetrasi kredit di Indonesia hanya 3%.

Terkait hal tersebut, Indiana menyatakan, dipilihnya Kredivo sebagai metode pembayaran terfavorit dikarenakan kemudahan dan kepraktisan saat digunakan bertransaksi. Sekitar 74% responden memilih faktor ini sebagai pertimbangan utama dalam memilih metode pembayaran terfavorit, diikuti oleh faktor bunga yang rendah sebesar 24% dan masing-masing 1% untuk faktor kemudahan mendaftar serta faktor limit yang tinggi.

Dia menambahkan, adapun kemudahan dan kepraktisan dari metode pembayaran ini dikarenakan kartu kredit digital telah didesain untuk melakukan transaksi dan checkout melalui smartphone. Setelah pengajuan disetujui, pengguna dapat berbelanja di merchant rekanan menggunakan limit kredit yang diberikan untuk membayar dengan fitur cicilan atau PayLater.

Melalui sistem terintegrasi, pembayaran di e-commerce dapat diselesaikan dengan satu kali klik, tanpa harus memasukkan data sensitif atau berpindah ke aplikasi pembayaran lain. Keunggulan-keunggulan ini tidak dimiliki oleh metode pembayaran lain seperti kartu kredit konvensional dan transfer bank.

Saat ini Kredivo telah menjadi metode pembayaran di berbagai e-commerce ternama seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, JD.id dan lebih dari 250 merchant online maupun offline. Selain digunakan sebagai metode pembayaran online, limit kredit Kredivo juga dapat ditarik tunai hingga Rp 30 juta dengan tenor hingga enam bulan.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA