Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
TCASH berubah nama menjadi LinkAja. Sumber: Istimewa

TCASH berubah nama menjadi LinkAja. Sumber: Istimewa

LinkAja Gandeng Kospin JASA Dorong Digitalisasi Koperasi

Senin, 30 November 2020 | 15:50 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – Penyedia layanan uang elektronik LinkAja menggandeng Koperasi Simpan Pinjam JASA (Kospin JASA) untuk mendorong digitalisasi koperasi. Kerja sama yang dilakukan mencakup integrasi layanan top up saldo dan kemudahan pembayaran angsuran pinjaman oleh anggota koperasi.

Direktur Utama LinkAja Haryati Lawidjaja menyampaikan, kerja sama tersebut merupakan bentuk dukungan penuh perseroan terhadap digitalisasi Kospin JASA sebagai salah satu koperasi terbesar di Indonesia yang menaungi 300 ribu pelaku UKM. Hal itu selaras dengan misi perseroan dalam membangun ekosistem dan platform layanan keuangan digital yang melayani terutama kebutuhan masyarakat kelas menengah dan UMKM di Indonesia.

"Kami harap kemudahan, kenyamanan, serta keamanan akses transaksi nontunai yang ditawarkan oleh LinkAja dapat secara signifikan meningkatkan kecepatan Kospin JASA untuk bergerak dinamis, serta meningkatkan pelayanan kepada para anggota koperasi, dan yang paling penting, memperluas kemudahan akses koperasi kepada seluruh masyarakat Indonesia," kata Haryati melalui kerangan tertulis, Senin (30/11/2020).

Dia menjelaskan, ruang lingkup kerja sama digitalisasi antara LinkAja dengan Kospin JASA meliputi dua hal. Pertama, kemudahan akses top up saldo LinkAja untuk para anggota koperasi melalui aplikasi MJASA milik Kospin JASA. Kedua, kemudahan pembayaran angsuran pinjaman anggota koperasi secara elektronik melalui aplikasi LinkAja, yang sebelumnya harus dilakukan secara tunai di koperasi atau melalui transfer antarbank.

Ke depan, kata Haryati, berbagai kemudahan nontunai lainnya dihadirkan melalui pengembangan kerja sama strategis antara LinkAja dan Kospin JASA. Misalnya pembayaran setoran anggota koperasi melalui aplikasi LinkAja, dan penjajakan kerja sama di lingkup syariah.

"Untuk menyemarakkan momentum kolaborasi ini, terdapat cashback menarik hingga akhir tahun 2020 sebesar 20% dengan nominal maksimal Rp 25.000 untuk pembayaran setoran rutin dari para anggota koperasi," tandas dia.

Di sisi lain, Kepala Divisi Dana Kospin JASA Isabudin mengatakan, kerja sama dengan LinkAja ini semakin melengkapi layanan keuangan digital yang ada di Kospin JASA. Hal itu sesuai dengan misi Kospin JASA yaitu memenuhi kebutuhan anggota dan memberikan pelayanan prima melalui produk layanan berbasis teknologi. Hampir satu dekade terakhir dan terutama dengan adanya pandemi Covid-19 telah membuat anggota semakin sadar akan teknologi digital.

"Anggota koperasi juga semakin menuntut pelayanan yang serba cepat, murah, dan aman tanpa harus datang bertransaksi di kantor-kantor layanan Kospin JASA. Oleh karena itu, kami harapkan kerjasama top up saldo LinkAja via aplikasi MJASA (Mobile Kospin JASA) antara Kospin JASA dan LinkAja ke depan akan semakin berkembang dengan didasari semangat win-win atau saling menguntungkan," kata dia.

Kolaborasi antara LinkAja dengan Kospin JASA ditandai penandatanganan perjanjian kerja sama yang dilaksanakan pada 23 November 2020. Adapun guna mempermudah kegiatan bertransaksi warga Pekalongan, LinkAja telah dapat digunakan sebagai metode pembayaran di berbagai merchant. Seperti pusat kerajinan batik, pusat kuliner, klinik kecantikan, pasar tradisional, dan lain-lain.

Hingga saat ini, LinkAja dapat digunakan di lebih dari 200 ribu merchant di seluruh Indonesia, 134 moda transportasi, lebih dari 500 pasar tradisional, lebih dari 14,000 partner donasi digital, dan 1.600 e-commerce, pembayaran. Selain itu, berbagai pembelian kebutuhan sehari-hari. Termasuk penyediaan Layanan Syariah LinkAja untuk memenuhi kebutuhan masyarakat muslim.

Hingga pertengahan bulan September 2020, Layanan Syariah LinkAja telah merambah 69 kotamadya dan 273 kabupaten, yang mencakup masjid, lembaga amil zakat, pusat kuliner halal, modern retail lokal, pesantren, bank syariah, sekolah Islam, dan Universitas Islam. Hingga saat ini Layanan Syariah LinkAja telah memiliki lebih dari 567.000 pengguna terdaftar.

 

 

 

Editor : Thomas Harefa (thomas@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN