Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Area Branch Manager Maybank Indonesia KC Yogyakarta Rita Chamdarriyah (tiga dari kiri), menyerahkan secara simbolis donasi perlengkapan usaha budidaya lele aquaponik kepada pendiri Ojek Difa Triyono Tama (tiga dari kanan), di Yogyakarta, Selasa (1/9/2020). (ist)

Area Branch Manager Maybank Indonesia KC Yogyakarta Rita Chamdarriyah (tiga dari kiri), menyerahkan secara simbolis donasi perlengkapan usaha budidaya lele aquaponik kepada pendiri Ojek Difa Triyono Tama (tiga dari kanan), di Yogyakarta, Selasa (1/9/2020). (ist)

Maybank Indonesia Dukung Program Ketahanan Pangan dan Kewirausahaan Komunitas Ojek Difa

Selasa, 1 September 2020 | 20:25 WIB
Thomas E Harefa (thomas@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Bank Maybank Indonesia Tbk menyalurkan bentuk kepedulian kepada salah satu komunitas penyandang disabilitas yaitu Ojek Difa di Yogyakarta yang sangat terdampak pandemi Covid-19.

Komunitas Ojek Difa merupakan komunitas yang mengayomi para penyandang disabilitas untuk dapat bekerja secara produktif dan berpenghasilan di tengah masyarakat sebagai pengendara ojek.

Kepedulian Maybank Indonesia diwujudkan dengan memperkenalkan program ketahanan pangan dan kewirausahaan komunitas disabilitas melalui program pengembangan budidaya lele aquaponik, sebagai alternatif sumber pendapatan dan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan hidup di tengah kesulitan ekonomi yang dihadapi.

Program pemberdayaan ekonomi ini merupakan program kewirausahaan terintegrasi yang meliputi pengadaan sarana budidaya, pelatihan, pemantauan, dan pendampingan program. Program ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan, produktivitas, serta penghasilan dari hasil penjualan usaha para penyandang disabilitas di tengah pandemi.

Kegiatan kewirausahaan budidaya lele aquaponik memberikan manfaat kepada 24 anggota komunitas Ojek Difa Yogyakarta, salah satu komunitas yang terdampak pandemi.

“Situasi pandemi telah banyak mempengaruhi perekonomian anggota komunitas Ojek Difa karena mulai berkurangnya masyarakat yang menggunakan jasa kami” kata Triyono Tama, pendiri Komunitas Ojek Difa, dalam keterangan tertulis, Selasa (1/9/2020).

Komunitas Ojek Difa kini menghadapi tantangan yang berat untuk bertahan hidup di tengah pandemi termasuk mencukupi kebutuhan keluarga dengan melakukan berbagai upaya karena berkurangnya pendapatan ekonomi.

Sementara itu, Head, Corporate, and Brand Communication Maybank Indonesia Esti Nugraheni mengatakan, pihaknya berharap program ketahanan pangan dan pemberdayaan ini dapat menjadi solusi alternatif yang mudah dan sederhana untuk diterapkan bagi komunitas Difa, serta sekaligus dapat memberi manfaat untuk kelangsungan hidup dan perekonomian mereka.

Komunitas Ojek Difa didirikan awal tahun 2015 oleh Triyono Tama bersama dengan beberapa relawan dan penyandang disabilitas lainnya. Seluruh operator yang mengemudikan Ojek Difa berasal dari masyarakat disabilitas kurang mampu di Yogyakarta.

Pandemi Covid-19 yang sudah menyebar beberapa bulan ini membawa dampak yang signifikan bagi berbagai komunitas di Indonesia termasuk berbagai elemen masyarakat di Yogyakarta. Kondisi ini diperkirakan akan berkontribusi pada meningkatnya angka kemiskinan di wilayah Yogyakarta.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta menyatakan bahwa angka kemiskinan di Yogyakarta diperkirakan naik sebesar 7% dari tahun sebelumnya. Sedangkan indeks kesenjangan masyarakat pun diperkirakan juga mengalami kenaikan dari 0,4 pada tahun lalu menjadi 0,5.

Editor : Thomas Harefa (thomas@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN