Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Head of Customer Offer Allianz Life Indonesia, Tiwuk Siswadi dan Head of Investment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia, Meta Lakhsmi Permata Dewi dalam webinar bertajuk How to Reach Your Financial Freedom. ( Foto: Istimewa )

Head of Customer Offer Allianz Life Indonesia, Tiwuk Siswadi dan Head of Investment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia, Meta Lakhsmi Permata Dewi dalam webinar bertajuk How to Reach Your Financial Freedom. ( Foto: Istimewa )

Mencapai 'Financial Freedom' Lewat Perencanaan Keuangan yang Tepat

Rabu, 25 Agustus 2021 | 17:20 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Allianz Indonesia mengadakan webinar “How to Reach Your Financial Freedom” yang membahas kiat-kiat dalam mencapai financial freedom, atau kemerdekaan keuangan, melalui perencanaan keuangan yang tepat dengan melakukan adaptasi terhadap kebutuhan dan situasi yang dialami.

Menurut Head of Investment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia, Meta Lakhsmi Permata Dewi, hal pertama yang dibutuhkan adalah perencanaan keuangan. “Di sini kita harus dapat beradaptasi dengan situasi dan kebutuhan yang cenderung berubah dari waktu ke waktu. Allianz Indonesia senantiasa memberikan edukasi dan memberikan informasi secara berkala kepada nasabah mengenai pentingnya perlindungan asuransi, untuk mencapai financial freedom sesuai rencana. Dengan demikian, kita bisa memperkuat pondasi kokoh untuk perencanaan keuangan di masa depan,” ujar dia dalam siaran pers, Rabu (25/8).

Meta menambahkan, untuk membuat perencanaan keuangan yang bersifat adaptif, diperlukan juga evaluasi minimal satu kali setiap tahun. Siklus perencanan keuangan terdiri dari penentuan tujuan perencanaan; mengevaluasi kondisi terkini, termasuk apa saja kebutuhan dan situasi yang dihadapi; membuat perencanaan keuangan; mengimplementasikan perencanaan keuangan dan mengevaluasi perencanaan sesuai dengan jangka waktu tertentu.

Di samping itu, financial freedom dapat diraih dengan memperhatikan tahapan piramida, di mana tahapan paling penting dari bawah adalah perlunya memenuhi kebutuhan dasar, perlindungan/proteksi dan memiliki dana darurat. Selanjutnya, dapat naik ke tahap berikutnya untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan, pensiunan dan warisan. Apabila kedua tahap telah terpenuhi maka seseorang dapat melakukan investasi.

Berikut urutan mencapai financial freedom:

  1. Financial stability, yakni minimal bisa memenuhi kebutuhan dasar, serta terbebas dari hutang dan memiliki dana darurat yang jumlahnya sekitar 3-6 bulan penghasilan.

  2. Financial Independency, yaitu mulai melihat dana yang dimiliki dapat memenuhi kebutuhan lain, seperti dana pensiun dan dana untuk warisan.

  3. Financial freedom, adalah tahap di mana ketika seseorang mengingin sesuatu dan sudah tidak perlu memikirkan darimana mendapatkan uangnya, sehingga dapat memiliki keinginan tersebut tanpa harus berhutang.

“Apabila kita sudah membangun pondasi kokoh dari piramida tersebut, sudah menentukan tujuan, jangka waktu dan profil risiko dalam melakukan investasi, maka kita harus melengkapi perlindungan perencanaan keuangan, yang salah satunya dapat diperoleh dari produk asuransi. Yang paling penting adalah ‘Lakukan Sekarang’ untuk mencapai financial freedom. Oleh karena itu, Allianz senantiasa memberikan edukasi mengenai perencanaan keuangan, me-review perlindungan asuransi yang dimiliki dan kiat mencapai financial freedom sesuai dengan kebutuhan masing-masing nasabah,” demikian penjelasan Meta.

Sebagai informasi, Allianz Indonesia menggelar webinar series sebagai salah satu bagian dari program “Cintai Keluarga & Cintai Bumi”, untuk menyambut Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada September. Program ini dimulai sejak Agustus sampai dengan Oktober 2021 dan bertujuan sebagai bentuk apresiasi kepada nasabah, yang telah mempercayakan Allianz Indonesia sebagai perusahaan asuransi yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan perlindungan asuransi.

“Tahun ini menjadi tahun ke-10 Allianz Indonesia yang secara rutin mewujudkan bentuk apresiasinya kepada nasabah melalui program hari pelanggan nasional. Program bertajuk 'Cintai Keluarga & Cintai Bumi ini' merupakan ajakan kepada nasabah dan masyarakat umum untuk senantiasa memberikan perlindungan terhadap diri sendiri dan keluarga tercinta. Allianz Indonesia juga mengajak untuk memberikan rasa cinta terhadap bumi, dengan memaksimalkan proses paperless dalam kehidupan sehari-hari serta memanfaatkan fasilitas layanan digital dari Allianz,” kata Head of Customer Offer Allianz Life Indonesia, Tiwuk Siswadi.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN