Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Co Founder & CEO Modal Rakyat Stanislaus M C Tandelilin saat menjelaskan penyaluran pembiayaan untuk Copa de Flores di Jakarta, Selasa (13/8). (Investor Daily/Prisma Ardianto)

Co Founder & CEO Modal Rakyat Stanislaus M C Tandelilin saat menjelaskan penyaluran pembiayaan untuk Copa de Flores di Jakarta, Selasa (13/8). (Investor Daily/Prisma Ardianto)

Modal Rakyat Salurkan Rp 74 Juta untuk Penenun di NTT

Prisma Ardianto, Selasa, 13 Agustus 2019 | 21:19 WIB

JAKARTA, investor.id – Perusahaan financial technology (fintech) peer to peer (P2P) lending PT Modal Rakyat Indonesia (Modal Rakyat) salurkan pembiayaan sebesar Rp 74 juta rupiah kepada Copa de Flores. Pembiayaan tersebut akan digunakan sebagai pengembangan usaha sejumlah penenun di Nusa Tenggara Timur dalam bentuk pinjaman lunak.

Copa de Flores sendiri merupakan sebuah usaha rintisan delapan orang perempuan muda yang didirikan sejak 2015. Usaha tersebut bekerjasama dengan lebih dari sepuluh komunitas penenun di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, untuk memperdayakan perempuan. Mereka juga telah membuat delapan koleksi tematik tentang women empowerment, nature, dan culture.

Co Founder & CEO Modal Rakyat Stanislaus M C Tandelilin mengatakan, pembiayaan kepada Copa de Flores merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan yang disalurkan melalui dana lunak. Maka, nilai pembiayaan sebesar Rp 74 juta tersebut akan dikembalikan kepada lender tanpa harus dikenakan bunga.

"Kalau hanya bantuan langsung tunai, itu pasti (usahanya) tidak sustain. Ketika projek ini kelar, ya sudah. Tapi kalau kami kasih tahu mereka harus dikembalikan lho, tapi tidak ada bunga dan cara pengembaliannya juga cukup ringan," kata dia di Jakarta, Selasa (13/8).

Stanislaus menjelaskan, penyaluran dana lunak tersebut merupakan langkah awal Modal Rakyat untuk turut membantu mengembangkan lini bisnis Copa de Flores. Ketika bisnis telah berkembang, pembiayaan selanjutnya akan dilakukan secara formal seperti peminjam yang lain.

Lebih lanjut, Stanislaus mengaku, dalam hal pembiayaan dana lunak tersebut suatu yayasan yang bertindak sebagai lender. "Lender-nya ini ada, (suatu) yayasan. Belum bisa saya sebut. Pembiayaan sebesar Rp 74 juta. Dan dia komit sebetulnya akan memasok ratusan juta kedepan," ungkap dia.

Adapun hingga saat ini Modal Rakyat telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 40 miliar kepada 2 ribu pengusaha UMKM yang tersebar di 16 provinsi di Indonesia. Kemudian, perusahaan juga telah menghimpun 30 ribu lender dari seluruh Indonesia sejak beroperasi pada 2018.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA