Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Astra Life menyalurkan donasi masker kain, APD, dan sembako untuk membantu pencegahan Covid-19.

Astra Life menyalurkan donasi masker kain, APD, dan sembako untuk membantu pencegahan Covid-19.

Nasabah 2,9 Juta, Astra Life Himpun Premi Rp 3,8 Triliun

Senin, 26 April 2021 | 21:40 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) meraup pendapatan premi bruto (gross written premium/GWP) mencapai Rp 3,8 triliun atau tumbuh 11% secara tahunan (year on year/yoy). Di tahun keenam beroperasi, perseroan juga mencatatkan pertumbuhan jumlah nasabah sebesar 32% (yoy) atau menjadi sebanyak 2,9 juta.

Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi mengungkapkan, tahun 2020 merupakan tahun yang menantang bagi semua industri tidak terkecuali industri asuransi jiwa. Tapi pencapaian kinerja premi perusahaan tahun lalu mampu diatas rata-rata industri.

Berdasarkan data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), pendapatan premi industri asuransi jiwa mengalami penurunan sebesar 5% (yoy) dari Rp 196,7 triliun di 2019 menjadi Rp 187,6 triliun 2020. Di samping itu,  total tertanggung turun 7% (yoy) dari 68,51 juta menjadi 63,69 juta.

"Secara finansial Astra Life tetap mencatat pertumbuhan premi 11% atau sebesar Rp 3,8 Triliun dan mencapai angka tertanggung 2,9 juta. Kami berterima kasih atas kepercayaan nasabah kepada Astra Life selama ini dan kami akan terus berinovasi dan fokus pada komitmen Astra Life untuk memberikan produk dan layanan terbaik bagi nasabah," ujar Windawati melalui keterangannya, Senin (26/4).

Dia menyatakan, pencapaian tersebut merupakan hasil dari kerja keras seluruh insan Astra Life atau Life Lovers dalam memberikan kontribusi terbaiknya di tengah keterbatasan yang ada akibat pandemi. Sepanjang tahun 2020 Astra Life juga telah membayarkan klaim sebesar Rp 504 miliar sebagai bentuk tanggung jawab dan komitmen Astra Life untuk selalu hadir memberikan perlindungan bagi nasabah.

Di samping itu, perusahaan juga masih mampu menjaga kesehatan keuangan dengan berkaca pada rasio kecukupan modal (risk based capital/RBC) di posisi 454%. Nilai itu jauh diatas batas yang ditentukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebesar 120%.

Windawati mengatakan, Astra Life optimis akan terus mencatatkan pencapaian baru di tahun-tahun mendatang lewat strategi digitalisasi untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnis di masa mendatang. Terlebih, saat ini Astra Life berada dibawah naungan penuh grup Astra yang juga fokus mengembangkan bisnis di era digital.

"Astra Life meyakini dengan digital, semakin banyak masyarakat yang bisa mengakses dan memperoleh produk perlindungan, dan misi perusahaan untuk membawa ketenangan pikiran dan membangun masa depan yang sejahtera ke jutaan masyarakat Indonesia dapat terwujud," tandas dia.

Hingga akhir 2020, total aset Astra Life tercatat sebesar Rp. 6,6 triliun. Perseroan merupakan perusahaan penyedia asuransi jiwa yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama dan Koperasi Astra International. Berdiri sejak Mei 2014.

Astra Life menawarkan produk yang beragam dari berbagai tingkat kehidupan dan segmen pasar, baik nasabah perorangan. Seperti asuransi perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan, asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI/unit link), asuransi jiwa syariah, dan juga nasabah kumpulan berupa program kesejahteraan karyawan (employee benefit group business), serta dana pensiun (DPLK).

 

 

Editor : Hari Gunarto (hari_gunarto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN