Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Marketing LinkAja Edward Kilian Suwignyo (kiri) dan Direktur Teknologi Informasi dan Digital PT Pegadaian (Persero) Teguh Wahyono dalam konferensi pers kolaborasi pegadaian dan LinkAja, Rabu (24/2/2021).

Direktur Marketing LinkAja Edward Kilian Suwignyo (kiri) dan Direktur Teknologi Informasi dan Digital PT Pegadaian (Persero) Teguh Wahyono dalam konferensi pers kolaborasi pegadaian dan LinkAja, Rabu (24/2/2021).

Pegadaian Hadirkan Produk Investasi dan Pinjaman di LinkAja

Rabu, 24 Februari 2021 | 18:02 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Pegadaian (Persero) resmi berkolaborasi dengan LinkAja dalam menghadirkan fitur layanan Pegadaian di aplikasi LinkAja. Sinergi tersebut memberikan kemudahan layanan keuangan digital khususnya produk-produk Pegadaian, termasuk di dalamnya investasi dan pinjaman modal usaha.

Adapun layanan yang terdapat dalam aplikasi LinkAja antara lain pembukaan dan pembelian/top up Tabungan Emas, pembayaran cicilan mikro seperti pinjaman bermotor dan pembiayaan, serta pembayaran penebusan dan pengulangan gadai.

Direktur Teknologi Informasi dan Digital Pegadaian Teguh Wahyono mengatakan, sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pihaknya berkomitmen untuk dapat menghadirkan ekosistem digital inklusif yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

"Sinergi yang dilakukan Pegadaian bersama LinkAja merupakan perwujudan salah satu misi Pegadaian dalam memperluas jangkauan layanan serta memberikan service excellence yang fokus pada bisnis proses yang lebih sederhana dan digital. Peran LinkAja sebagai uang elektronik nasional juga sangat penting sebagai katalisator kami untuk dapat menambah channel baru bagi masyarakat yang ingin memperoleh produk Pegadaian," ungkap Teguh dalam keterangan tertulis yang diterima Investor Daily, Rabu (24/2/2021).

Semangat Gerakan Nasional Non Tunai memang semakin digencarkan berbagai pihak guna mewujudkan masyarakat Indonesia menjadi cashless society yang berdampak terhadap peningkatan inklusi keuangan nasional. Adanya pandemi Covid-19 pun tidak dipungkiri turut meningkatkan adopsi transaksi digital di Indonesia.

Terbukti selama tahun 2020 Pegadaian mencatatkan lebih dari 20 juta transaksi digital yang dihasilkan dari aplikasi Pegadaian Digital dan kerja sama dengan beberapa e-commerce dan platform digital lainnya. "Harapannya, tahun ini transaksi digital Pegadaian bisa tumbuh hingga 30%," kata dia.

Sementara itu, Direktur Marketing LinkAja Edward Kilian Suwignyo mengungkapkan, sinergi dengan Pegadaian dapat membawa kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses berbagai produk Pegadaian melalui LinkAja. Fokus memberikan layanan keuangan digital untuk masyarakat kelas menengah dan UMKM, LinkAja berharap masyarakat dapat memaksimalkan berbagai produk Pegadaian yang bermanfaat untuk investasi dan kemajuan usaha.

"Kami harap semakin banyak masyarakat yang terhubung dengan akses layanan keuangan digital, tujuan besar kami untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kemandirian ekonomi akan tercapai," papar Edward.

Tidak hanya menghadirkan pembayaran elektronik untuk pembayaran cicilan dan gadai, produk Pegadaian lainnya yang dapat dinikmati oleh masyarakat di aplikasi LinkAja adalah Tabungan Emas. Tabungan Emas Pegadaian adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas. Produk Tabungan Emas Pegadaian memungkinkan nasabah Pegadaian maupun pengguna LinkAja melakukan investasi emas secara mudah, murah, aman dan terpercaya dengan membayar setoran awal sebesar Rp 10 ribu. Selain itu, sinergi ini juga memberikan akses pengajuan pinjaman dari Pegadaian yang diperuntukkan bagi pengguna LinkAja yang memenuhi kriteria dari Pegadaian.

Selain bekerja sama dengan Pegadaian, LinkAja pun menghadirkan ekosistem ekonomi digital paling lengkap. Hingga akhir Januari 2021, LinkAja telah memiliki lebih dari 65 juta pengguna terdaftar dan telah dapat digunakan di lebih dari 1 juta merchant lokal dan lebih dari 349 ribu merchant nasional di seluruh Indonesia.

Selain itu dapat digunakan di 233 moda transportasi, lebih dari 674 pasar tradisional, lebih dari 42 ribu mitra donasi digital, 5.000 online marketplace, pembayaran dan pembelian kebutuhan sehari hari seperti pulsa telekomunikasi, token listrik. Lalu bisa digunakan untuk pembayaran tagihan rumah tangga, iuran BPJS, hingga berbagai layanan keuangan lainnya, seperti pembelian produk reksadana, pembelian produk asuransi mikro, transfer ke semua rekening bank dan tarik tunai tanpa kartu.

Editor : Thomas Harefa (thomas@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN