Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P Djajanegara (kanan) berbincang dengan S&D Regional Head Kalimantan dan Indonesia Timur CIMB Niaga Alip Hanoky (kiri), dan Head of SME IV Area Kalimantan dan Indonesia Timur CIMB Niaga Roby Cokro (tengah), di sela acara Diskusi Bersama CIMB Niaga di Makassar, Rabu (21/8/2019). (ist)

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P Djajanegara (kanan) berbincang dengan S&D Regional Head Kalimantan dan Indonesia Timur CIMB Niaga Alip Hanoky (kiri), dan Head of SME IV Area Kalimantan dan Indonesia Timur CIMB Niaga Roby Cokro (tengah), di sela acara Diskusi Bersama CIMB Niaga di Makassar, Rabu (21/8/2019). (ist)

Semester I-2019

Pembiayaan Meningkat, Laba CIMB Niaga Syariah Tumbuh 64%

Thomas E Harefa, Rabu, 21 Agustus 2019 | 17:21 WIB

JAKARTA, investor.id – Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) membukukan perolehan laba sebesar Rp 536,38 miliar pada semester pertama tahun 2019, naik signifikan 64,0% secara year on year (yoy). Pertumbuhan laba tersebut utamanya dikontribusi oleh penyaluran pembiayaan yang meningkat dan pendapatan dari bagi hasil.

Hal itu dikemukakan Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P Djajanegara dalam Diskusi Bersama CIMB Niaga di Makassar, pada 21 Agustus 2019.

Dia mengatakan, konsistensi CIMB Niaga Syariah dalam meraih kinerja positif tersebut menunjukkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan produk-produk syariah mulai tumbuh. Hal ini sejalan dengan inisiatif Syariah First dan program edukasi yang terus dilakukan CIMB Niaga Syariah.

Alhamdulillah, perbankan syariah kini sudah menjadi salah satu alternatif utama bagi masyarakat untuk memenuhi beragam kebutuhan finansial mereka agar sesuai prinsip syariah. Kami berharap, momentum ini terus berlanjut sehingga kami dapat mempertahankan kinerja positif ke depan,” kata Pandji dalam keterangan persnya, Rabu (21/8/2019).

Pandji menjelaskan, pada enam bulan pertama tahun 2019 pembiayaan CIMB Niaga Syariah tumbuh 31,6% (yoy) menjadi Rp 27,96 triliun yang ditopang dari segmen business banking sebesar Rp 16,33 triliun, dan consumer banking Rp11,63 triliun. Adapun kontributor utama bersumber dari pembiayaan korporasi dan mortgage atau KPR syariah.

“Di segmen pembiayaan consumer, saat ini kami juga tengah menggenjot personal financing syariah X-Tra Dana iB sebagai alternatif bagi nasabah untuk membiayai beragam kebutuhan personal,” ujar dia.

Pada saat yang sama, penyaluran pembiayaan juga diimbangi dengan kemampuan CIMB Niaga Syariah dalam menjaga kualitas pembiayaan. Per 30 Juni 2019, non-performing financing (NPF) gross dan net dapat dijaga masing-masing pada level 1,22% dan 0,52%.

Sementara itu, dari sisi pendanaan, per 30 Juni 2019 CIMB Niaga Syariah berhasil menghimpun dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp27,17 triliun atau tumbuh 37,6% dibandingkan periode sama tahun 2018. Penyokong utama pertumbuhan pendanaan tersebut berasal dari segmen consumer banking.

Dengan realisasi kinerja tersebut, pada semester I-2019 CIMB Niaga Syariah dapat menambah aset menjadi Rp 38,22 triliun atau naik 56,9% (yoy). Raihan tersebut berkontribusi 14,06% terhadap total aset induk usaha dan sekaligus menempatkan CIMB Niaga Syariah sebagai bank syariah dengan aset terbesar keempat di Indonesia.

 

Penyediaan Air Bersih di Kepulauan Selayar

Selain terus memacu kinerja, CIMB Niaga Syariah sebagai bagian dari institusi perbankan swasta nasional memberikan perhatian kepada masyarakat melalui berbagai program sosial. Pada akhir Juni lalu, CIMB Niaga Syariah melalui program #KejarMimpi Village Development memberikan bantuan Dana Kebajikan yang berasal dari nasabah sebesar Rp 335 juta untuk pengadaan air bersih dan edukasi bagi masyarakat Pulau Gusung, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

“Melalui pipanisasi air bersih yang kami lakukan bersama lembaga mitra, masyarakat Pulau Gusung kini bisa menikmati air bersih yang dekat tanpa harus menyeberang ke pulau lain dan dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, program ini menumbuhkan wirausaha lokal dalam pengelolaan air bersih,” tutur Pandji.

CIMB Niaga Syariah juga memberikan edukasi melalui workshop dan pembuatan majalah dinding. Program ini dilakukan untuk membuka wawasan para siswa tingkat sekolah dasar (SD) di Kepulauan Selayar agar terinspirasi untuk berani bermimpi dan optimistis untuk mewujudkannya.

“Per 30 Juni 2019, kami telah menyalurkan Dana Kebajikan sebesar Rp 8,6 miliar. Dana tersebut digunakan untuk berbagai program mulai dari infrastruktur, bantuan ekonomi yang bersifat produktif, kesehatan, pendidikan, serta kepentingan umum lainnya,” jelas Pandji.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN