Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI)

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI)

Perusahaan Asuransi Bagian Tak Terpisahkan Industri Keuangan

Minggu, 11 Oktober 2020 | 16:41 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Hastanto S M Widodo menyampaikan, perusahaan asuransi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari industri keuangan supaya sistem keuangan bisa berjalan baik.

Perusahaan asuransi bisa bertahan selama satu tahun jika tidak dapat menjual produk lantaran adanya cadangan. Namun demikian, kehancuran perusahaan asuransi dapat memberikan dampak sistemik terhadap fungsi keuangan, terutama bank.

"Sekarang bayangkan sebuah bank besar dan punya kredit jangka panjang yang besar, kemudian perusahaan asuransi yang menjamin kredit itu tutup. Maka bank harus menyiapkan cadangan penyisihan untuk penghapusan NPL (non performing loan). Kalau tidak ada cadangan, maka NPL gross itu menjadi NPL net. Maka hilanglah fungsi perusahaan asuransi untuk memproteksi bisa risiko itu," kata dia di Jakarta, akhir pekan ini.

Apalagi saat kondisi seperti ini, imbuh dia, risiko kredit (loan at risk/LaR) perbankan saat ini mencapai 27%. Sedangkan rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) hanya sebesar 22%.

Menurut dia, jika risiko kredit itu kemudian menjadi NPL bakal timbul masalah besar. Disanalah kehadiran asuransi, khususnya melalui asuransi kredit berperan membagi risiko.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN