Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi,

Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi,

Pos Indonesia Sediakan Layanan Pendaftaran dan Pembayaran Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Rabu, 22 Desember 2021 | 16:26 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Pos Indonesia (Persero) dan BPJS Ketenagakerjaan menjalin kerja sama untuk memperluas kanal pendaftaran dan pembayaran iuran program jaminan sosial ketenagakerjaan melalui kanal layanan Pos Indonesia, baik itu pada Kantor pos maupun aplikasi Pospay.

Selain itu, ke depannya Kantor pos juga dapat melayani pencairan klaim bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Peluncuran kerja sama Pos Indonesia dengan BPJS Ketenagakerjaan ini dihadiri oleh Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo, Direktur Bisnis Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia Charles Sitorus, Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin, beserta jajaran PT Pos Indonesia dan BPJS Ketenagakerjaan, di Gedung Pos Ibu kota, Jakarta Pusat, Senin (20/12/2021).

Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan, tujuan dari kerja sama ini adalah memberikan kemudahan bagi calon peserta dan peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan pendaftaran dan pembayaran iuran secara rutin. Karena Fitur layanan BPJS Ketenagakerjaan sudah tersedia baik pada Loket Kantor Pos dan Aplikasi Pospay adalah untuk pendaftaran bagi peserta baru dan fitur pembayaran iuran.

Disampaikan, PT Pos Indonesia memiliki jaringan sangat luas dan tersebar hingga pelosok-pelosok daerah. Kini, outlet PT Pos Indonesia mencapai 4.800 Kantorpos online dengan jumlah titik layanan (Point of Sales) mencapai 58.700 titik dalam bentuk Kantorpos, Agenpos, Mobile Postal Service, dan lain-lain.

"Pos Indonesia memiliki jaringan yang dedicated, sistem distribusi yang handal. Selain layanan kurir dan logistik, PT Pos Indonesia memiliki bisnis layanan keuangan berbasis digital yaitu PosPay dan bisnis layanan kurir berbasis digital yaitu PosAja, yang keduanya dapat di unduh melalui Play Store dan juga Apps Store," papar Faizal dalam keterangan resmi, Rabu (22/12/2021).

Bagi masyarakat pedesaan, Kantorpos merupakan hal yang tidak asing lagi bagi mereka, dan lokasi Kantorpos Sudah berada diseluruh kecamatan, sehingga para pekerja seperti Petani, Nelayan, Supir angkutan dapat dengan mudah untuk menjangkau dan mengakses Kantorpos.

Begitu juga dengan masyarakat di perkotaan yang umumnya sudah terbiasa menggunakan smartphone. Diharapkan masyarakat pekerja di perkotaan dapat mengakses layanan pendaftaran dan pembayaran iuran melalui aplikasi Pospay.

Adapun program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan diantaranya :

  1. Jaminan Kecelakaan Kerja, (JKK) adalah manfaat berupa uang tunai dan/atau pelayanan kesehatan yang diberikan pada saat Peserta mengalami Kecelakaan Kerja ata atau penyakit yang disebabkan oleh Iingkungan kerja.

  2. Jaminan Kematian (JKM) adalah manfaat uang tunai yang diberikan kepada ahli waris ketika Peserta meninggal dunia dan bukan akibat kecelakaan kerja.

  3. Jaminan Hari Tua (JHT) adalah manfaat uang tunai yang dibayarkan sekaligus pada saat Peserta memasuki usian pension, meninggal dunia, atau mengalami cacat total tetap.

  4. Jaminan Pensiun (JP) adalah Program perlindungan yang diselenggarakan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak pada saat peserta kehilangan atau berkurang penghasilannya karena memasuki usia pensiun atau mengalami cacat total tetap.

  5. Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) Jaminan yang diberikan kepada pekerja/buruh yang mengalami pemutusan hubungan kerja dengan tujuan mempertahankan derajat kehidupan yang layak pada saat pekerja kehilangan pekerjaan. Pekerja dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak saat terjadi risiko akibat pemutusan hubungan kerja seraya berusaha mendapatkan pekerjaan kembali.

  6. Kecelakaan Kerja adalah kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja, termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : PR

BAGIKAN