Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
(kiri-kanan) President Director Prudential Indonesia Jens Reisch; Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia Nini Sumohandoyo; dan Managing Director for Customer Solution & Delight Prudential Indonesia Himawan Purnama, pada peluncuran Asuransi Jiwa Syariah PRUCerah dari Prudential Indonesia, Kamis (8/7). Foto: Ist

(kiri-kanan) President Director Prudential Indonesia Jens Reisch; Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia Nini Sumohandoyo; dan Managing Director for Customer Solution & Delight Prudential Indonesia Himawan Purnama, pada peluncuran Asuransi Jiwa Syariah PRUCerah dari Prudential Indonesia, Kamis (8/7). Foto: Ist

Prudential Indonesia Luncurkan Asuransi Syariah dengan Manfaat Dana Pendidikan

Jumat, 9 Juli 2021 | 05:36 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meluncurkan produk asuransi jiwa syariah PRUCerah sebagai inovasi terbarunya menjawab kebutuhan masyarakat, Produk tersebut merupakan asuransi jiwa tradisional berbasis syariah yang menawarkan manfaat dana pendidikan bulanan dan tambahan dana pendidikan.

President Director Prudential Indonesia Jens Reisch menyampaikan, pihaknya meyakini bahwa membekali anak dengan pendidikan yang memadai menjadi penentu bagi lahirnya sumber daya manusia berkualitas. Menyediakan akses ke pendidikan seharusnya tidak hanya menjadi ambisi, namun juga menjadi tanggung jawab setiap orang tua.

"Pendidikan menjadi hal penting anak bagi masa yang akan datang, baik untuk menjadi profesional atau kebutuhan bisnis. Dengan layanan yang disiapkan oleh Prudential ini, kami harapkan semua masyarakat Indonesia mulai sadar akan proteksi atas risiko bagi anak-anak menempuh pendidikannya. Ini bisa menjaga mimpi bagi anak-anak kita dan ini penting untuk kita jaga," kata Jens saat konferensi pers daring, Kamis (8/7).

Dia menerangkan, sebuah studi mengungkapkan sebanyak 74,7% masyarakat mengaku masih menempatkan pendidikan sebagai prioritas pengeluaran utama meski di tengah pandemi. Namun hanya sedikit orang tua yang memiliki perencanaan finansial, terbukti dari survei lainnya yang memperlihatkan baru 25% masyarakat yang mempersiapkan perlindungan untuk dana pendidikan anak.

Di sisi lain, kenaikan biaya pendidikan terutama pada pendidikan tinggi terus terjadi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi dari sektor pendidikan mencapai 3,81% pada 2019, sedangkan rata-rata kenaikan uang pangkal pendidikan mencapai 10-15% per tahunnya. 

"Inovasi PRUCerah yang kami luncurkan hari ini merupakan produk asuransi jiwa yang diharapkan dapat membantu memastikan bahwa perjalanan panjang orang tua untuk memenuhi kebutuhan pendidikan tinggi anak-anak terus terlindungi secara optimal dari berbagai risiko. Inovasi ini juga merupakan wujud keseriusan kami dalam mendukung kemajuan sektor edukasi yang telah menjadi prioritas perusahaan sejak lama, dan bahkan menjadi salah satu pilar utama inisiatif Community Investment Prudential Indonesia," papar Jens.

Managing Director for Customer Solution & Delight Prudential Indonesia Himawan Purnama mengungkapkan, strategi komprehensif untuk dapat mengantisipasi risiko biaya serta proteksi dibutuhkan. Karena pandemi membuktikan bahwa berbagai risiko kehidupan berpotensi menghambat atau menghentikan keberlangsungan pendidikan tinggi anak.

"Kami yakin PRUCerah dapat menjadi jawaban dengan manfaat perlindungannya yang beragam, mulai dari manfaat dana pendidikan hingga manfaat bebas kontribusi, termasuk yang disebabkan oleh kondisi kritis; manfaat unggulan yang tidak dimiliki produk sejenisnya," ungkap Himawan.

Dia menjelaskan, PRUCerah ditujukan bagi orang tua berusia 19-55 tahun yang sedang mempersiapkan pendidikan anak usia 1-18 tahun. Pilihan masa pembayaran kontribusi cukup fleksibel yaitu selama 5 tahun atau hingga anak mencapai jenjang pendidikan tinggi. PRUCerah tidak hanya menawarkan manfaat dana pendidikan yang dapat digunakan sebagai bekal untuk pendidikan tinggi, namun juga memberikan manfaat bebas kontribusi ketika orang tua meninggal dunia, menderita cacat total dan tetap atau kondisi kritis. 

"Kalau secara teknis, minimum kontribusi itu mulai dari Rp 500 ribu per bulan. tapi untuk bisa sesuai dengan kebutuhan, calon peserta dihimbau untuk mendiskusikan langsung dengan para agen. Dari situ nanti ada simulasi seperti menghitung perkiraan adanya inflasi dan lainnya. Setiap tingkat pendidikan tentu berbeda kebutuhannya. Untuk target, kami berharap bisa menjangkau sebanyak-banyaknya keluarga di Indonesia." imbuh Himawan.

Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia Nini Sumohandoyo menuturkan, PRUCerah menjadi bagian dari perusahaan mendukung perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.

"Kami tidak henti-hentinya mendengar kebutuhan sampai saat ini melalui berbagai inovasi. Kemunculan produk syariah ini diharapkan bisa menambah serangkaian produk syariah bagi ekosistem syariah di Indonesia," kata dia.

Nini menambahkan, produk asuransi jiwa syariah terbaru yang fokus pada dana pendidikan itu juga diharapkan bisa mendorong literasi asuransi syariah di masyarakat. Terlepas melalui produk, pihaknya juga fokus meningkatkan literasi dan inklusi dengan menyajikan berbagai konten di media sosial agar lebih mudah dipahami serta dimengerti masyarakat.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN