Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi KoinWorks. Foto: Istimewa

Ilustrasi KoinWorks. Foto: Istimewa

PSBB II, Koinworks Prediksi 2% Borrower Kembali Direstrukturisasi

Rabu, 16 September 2020 | 19:24 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Penyelenggara fintech p2p lending PT Lunaria Annua Teknologi (Koinworks) memprediksi sebanyak 2% dari penerima pembiayaan (borrower) akan kembali direstrukturisasi. Hal itu terkait dampak dari pembatasan berskala besar (PSBB) yang diterapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

CEO & Co-founder KoinWorks Benedicto Haryono menyatakan, jika berkaca pengalaman saat diberlakukannya PSBB pertama kali, perseroan berhasil membuktikan diri dalam menjaga kinerja dengan tercatatnya pembiayaan bermasalah (non performing financing/NPF) pada kisaran 1%. Perseroan juga masih mencatat penyaluran hingga Rp 250 miliar selama periode PSBB pertama di bulan Maret-Juni 2020.

Dia menuturkan, pemberlakuan PSBB kembali di ibukota tidak mempengaruhi KoinWorks untuk terus memberikan pendampingan kepada para UKM melalui ragam layanan keuangan. Karena mayoritas pembiayaan perseroan disalurkan kepada pelaku UKM digital yang banyak memanfaatkan saluran seperti e-commerce ataupun media sosial.

"KoinWorks optimistis pada penerapan PSBB kali ini, UKM digital dalam ekosistem KoinWorks dapat lebih adaptif sehingga KoinWorks pun memprediksi hanya akan ada sekitar 2% peminjam yang sebelumnya mendapatkan restrukturisasi mungkin akan kembali memerlukan pendampingan lebih di periode PSBB kali ini," ujar Benedicto melalui siaran pers, Rabu (16/9).

Kini pihaknya pun terus fokus melakukan pendampingan melalui berbagai inisiatif program seperti webinar edukasi, sekaligus membantu UKM mempromosikan layanannya.

Seiring tetap menjalankan program restrukturisasi pembiayaan bagi borrower terdampak mengikuti arahan OJK.

Di sisi lain, pihaknya mengungkapkan baru saja meraih penghargaan Soonicorn Award dari Traxcn, sebagai Top Fintech Startups yang memiliki valuasi yang tinggi dan berpotensi untuk berkembang menjadi salah satu unicorn di Indonesia. Soonicorn Awards sendiri merupakan ajang penghargaan yang merupakan inisiatif dari Tracxn untuk secara publik mengakui perusahaan terbaik di berbagai sektor dan negara.

Sedangkan Traxcn merupakan mitra penelitian untuk venture capital dan corporate development yang didukung oleh platform data startup terbesar. Platform itu melacak lebih dari 10 juta perusahaan di seluruh dunia.

Benedicto menambahkan, pihaknya merasa terhormat dengan adanya pengakuan yang diterima bahkan dalam situasi sulit seperti saat ini. Hal tersebut diharapkan menjadi bukti masih besarnya kepercayaan dari publik terhadap KoinWorks, sekaligus pemacu bagi perseroan untuk mewujudkan mimpi menjadi unicorn sesegera mungkin.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN