Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
VP of Offline Business Qoala Sugeng Purnomo saat acara Qoala Plus Kickoff 2021 di Surabaya, Kamis (14/1/2021). Foto: Amrozi Amenan

VP of Offline Business Qoala Sugeng Purnomo saat acara Qoala Plus Kickoff 2021 di Surabaya, Kamis (14/1/2021). Foto: Amrozi Amenan

Qoala Jadikan Surabaya Poros Penjualan untuk Indonesia Timur

Kamis, 14 Januari 2021 | 22:20 WIB
Amrozi Amenan (ros_amrozi@yahoo.com)

SURABAYA, investor.id - Perusahaan rintisan di bidang teknologi asuransi, Qoala, menjadikan Surabaya sebagai poros penjualan asuransi digital untuk Indonesia Timur yang tahun ini pendapatan preminya ditargetkan bisa tembus Rp 20 miliar dari total pendapatan premi nasional Rp 200 miliar. Surabaya sendiri ditargetkan bisa menyumbang pendapatan premi Rp 15 miliar.

VP of Offline Business Qoala, Sugeng Purnomo, mengatakan, melalui plafform digitalnya, Qoala Plus, Qoala dengan dukungan 10.000 tenaga pemasar atau mitra pada 2020 lalu membukukan total pendapatan premi Rp 50 miliar. Dari angka itu, Surabaya menyumbang pendapatan premi Rp 7 miliar atau di posisi kedua setelah Jakarta.

“Tahun ini, kita targetkan pendapatan premi untuk Indonesia Timur Rp 20 miliar dan Surabaya bisa menyumbang Rp 15 miliar dari total pendapatan premi nasional Rp 200 miliar,” kata Ipung, panggilan akrabnya, di sela acara Qoala Plus Kickoff 2021 di Surabaya, Kamis (14/1/2021).

VP of Offline Business Qoala Sugeng Purnomo dan Regional Business Manager Qoala untuk Jawa Timur Dwiyanto Kurniawan saat acara Qoala Plus Kickoff 2021 di Surabaya, Kamis (14/1/2021). Foto: Amrozi Amenan
VP of Offline Business Qoala Sugeng Purnomo dan Regional Business Manager Qoala untuk Jawa Timur Dwiyanto Kurniawan saat acara Qoala Plus Kickoff 2021 di Surabaya, Kamis (14/1/2021). Foto: Amrozi Amenan

Menurut lpung, Surabaya sebagai kota industrial yang memiliki karakteristik tersendiri masih bisa dimaksimalkan potensinya, karena di sekitarnya ada beberapa kota satelit seperti Malang, Kediri, Madura, Jember dan Banyuwangi.

“Kami ingin semua daerah ini juga bisa mengakses produk asuransi dengan mudah dan cepat, sehingga kontribusi Jawa Timur jauh lebih besar lagi,” ujarnya.

Karena potensi Surabaya itu, Qoala juga ingin menjadikan kota ini sebagai poros optimalisasi potensi penjualan asuransi di wilayah Indonesia Timur yang tahun ini kontrbusi pendapatan premi diharapkan lebih besar lagi dengan produk-produk untuk individu atau ritel.

“Individu ini menarik, karena saat ini individu yang membeli asuransi ini baru 3%, masih ada potensi 97% yang belum mendapatkan manfaat produk asuransi dengan digital individu mudah lebih banyak lagi. Itu yang akan kita kejar dengan produk-produk ritel kita,” papar Ipung.

Dia lebih lanjut menjelaskan, pihaknya tahun ini menargetkan pendapatan premi Rp 200 miliar atau tumbuh 4 kali lipat dari tahun lalu sebesar Rp 50 miliar.

Dia optimistis dengan target tersebut, karena di era digital sekarang pemasaran produk asuransi lebih mudah dibandingkan dengan pola pemasaran tradisional. Apalagi di masa pandemi saat ini, penawaran asuransi digital bisa mengatasi kendala tatap muka.

Selain itu, untuk mencapai target tahun ini Qoala juga menyiapkan berbagai langkah. Diantaranya adalah menambah jumlah mitra pemasar dari tahun lalu sebanyak 10.000 mitra menjadi 30.000 mitra, menambah jumlah kantor baru dari sekarang 5 kantor menjadi 12 kantor, termasuk di Jawa Timur seperti Malang, Kediri dan Jember dan menyempurnakan proteksi dan memperluas benefitnya atas 19 produk di aplikasinya.

Qoala juga akan memperkuat layanan purna jual setelah tahun lalu 2020 lalu berhasil menyelesaikan sekitar 250 klaim dengan klaim terbesar senilai Rp 11 miiar.

Quala dengan tim klaimnya akan membantu mitranya dalam mengurus klaim dan merasa tenang bila ditanya soal klaim.

“Ini juga untuk menjaga kepercayaan pemegang polis yang tahun lalu 7.000 orang tapi karena satu participant memiliki beberapa polis jadi bisa sekitar 15.000 pemegang polis. Tahun ini harusnya diatas 50.000 pemegang polis karena kita lebih fokus ke ritel,” terang Ipung.

Regional Business Manager Qoala untuk Jawa Timur, Dwiyanto Kurniawan juga menyebutkan, kepercayaan menjadi kunci utama Qoala Plus bisa diterima dengan baik oleh mitra Qoala Plus dan pelanggan di Surabaya. “Komitmen dan kepastian atas produk itu yang penting saat ini dalam memasarkan produk asuransi,” tandasnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN