Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Utama BRI Sunarso berikan keterangan usai RUPSLB di Jakarta, Kamis (7/10/2021). Sumber: BSTV

Direktur Utama BRI Sunarso berikan keterangan usai RUPSLB di Jakarta, Kamis (7/10/2021). Sumber: BSTV

RUPSLB Setujui Rofikoh Rokhim Jadi Wakomut BRI

Kamis, 7 Oktober 2021 | 16:47 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id -- Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) yang diselenggarakan hari ini, menyetujui pengalihan tugas Rofikoh Rokhim yang semula Komisaris Independen menjadi Wakil Komisaris Utama (Wakomut)/Komisaris Independen BRI menggantikan Ari Kuncoro.

"Mengalihkan penugasan Ibu Rofikoh Rokhim, semula Komisaris Independen menjadi Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen," kata Direktur Utama BRI Sunarso dalam konferensi pers virtual, Kamis (7/10).

RUPSLB mengubah susunan pengurus perseroan seiring dengan surat pengunduran diri Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro, dari jabatannya sebagai Wakil Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen perseroan per 21 Juli 2021.

"Dalam RUPSLB kali ini mengukuhkan pemberhentian dengan hormat Pak Ari Kuncoro sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen," tutur Sunarso.

Perubahan susunan komisaris lainnya dalam RUPSLB juga disetujui penetapan Heri Sunaryadi sebagai Komisaris Independen BRI.

Rofikoh lulusan S3 - Ph.D. bidang Economics (Applied Macro and Micro Economics Development Studies in Finance) dari Université de Paris 1 Pantheon-Sorbonne, Paris. Dia juga menyelesaikan S2 - D.E.A (M.Phil) bidang International and Development Economics dari Université de Paris 1 Panthéon Sorbonne, Paris.

Kemudian, juga memperoleh gelar Master Specialist bidang Public Finance dari French Prime Minister, Institute International d’ Administration Publique (IIAP)-Ecole National d’ Administration (ENA) Paris. Rofikoh merupakan Sarjana Ilmu Politik dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Rofikoh sejak kuliah sudah memperhatikan UMKM dengan menulis skripsi “Evaluasi PaKet Januari 1990 tentang Penyaluran 20% Kredit Bank kepada UMKM: Tinjauan Kebijakan Publik".

Pun, disertasinya tentang "Krisis Perbankan" yang menyoroti BMPK kredit korporasi, pendanaan intra group dan tata kelola pengelolaan bank. Keberpihakannya ke UMKM juga ditunjukkan dengan risetnya tentang penjaminan kredit UMKM dan credit scoring yang dilakukan dengan JICA dan Bank Indonesia.

Seiring perkembangan crowdfunding, dengan OJK dia aktif memperkaya sharing tentang peer to peer lending dan crowdfunding berbasis ekuitas. Selama pendemi Rofikoh juga aktif sebagai pegiat kewirausahaan sosial yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan seiring dengan meningkatkan empati masyarakat tentang UMKM yg merupakan soko guru ekonomi Indonesia dan perubahan iklim.

Dengan RUPSLB hari ini, maka susunan dewan komisaris BRI sebagai berikut:

Komisaris Utama: Kartika Wirjoatmodjo

Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen: Rofikoh Rokhim

Komisaris: Rabin Indrajad Hattari

Komisaris: Nicolaus Teguh Budi Harjanto

Komisaris: Hadiyanto

Komisaris Independen: R. Widya Pramono

Komisaris Independen: Heri Sunaryadi

Komisaris Independen: Hendrikus Ivo

Komisaris Independen: Dwi Ria Latifa

Komisaris Independen: Zuinahar Usman

Editor : Nurjoni (nurjoni@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN