Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi layanan finansial Maybank Indonesia. (ist)

Ilustrasi layanan finansial Maybank Indonesia. (ist)

Strategi Merdeka Finansial bagi Milenial di Tengah Pandemi Covid

Selasa, 24 Agustus 2021 | 15:29 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Hari kemerdekaan Indonesia ke-76 erat kaitannya dengan kemerdekaan finansial. Ini dimaknai sebagai kebebasan dari belenggu kecemasan akan ketidaksiapan, serta ketidakpastian keuangan, terutama bagi kalangan milenial yang populasinya kini mencapai 63,5 juta.

Namun, generasi milenial kerap terjepit dalam siklus sandwich generation, yaitu di mana seseorang harus bisa mencukupi kebutuhan ekonomi dan memikul tanggung jawab finansial secara lintas generasi. Hal ini diperparah oleh pandemi Covid-19, yang membuat sebagian milenial melego aset untuk bertahan.

Seiring dengan itu, PT Bank Maybank Indonesia Tbk mempunyai berbagai produk dan layanan untuk membantu generasi milenial dan masyarakat luas agar dapat memulai menciptakan kemerdekaan finansial dengan mudah, yang dapat dimulai kapan saja.

“Pandemi berkepanjangan menuntut masyarakat untuk dapat beradaptasi dengan cermat dalam mengelola keuangan untuk memenuhi kebutuhan esensial yang kritis. Kiat perencanaan dan pengelolaan keuangan individu harus disesuaikan dengan kondisi yang sedang dihadapi, terlebih bagi generasi sandwich millennial yang juga memikul tanggung jawab finansial lintas generasi. Semangat dan disiplin untuk menciptakan tujuan kemerdekaan finansial harus tetap menjadi komitmen dan faktor terpenting dari nasabah,” ujar Steffano Ridwan, direktur community financial services Maybank, Selasa (24/8/2021).

Dia lalu memberikan sejumlah strategi bagi milenial untuk merdeka secara finansial. Pertama, evaluasi kondisi keuangan. Evaluasi dengan cermat arus kas dan kondisi keuangan merupakan langkah awal untuk mengukur taraf kesejahteraan, kebijakan dalam mengelola keuangan. Kemudian, mulailah menentukan porsi dana yang wajib ditabung atau diinvestasikan guna mencapai kemerdekaan finansial di kemudian hari.

“Maybank Indonesia memiliki beberapa solusi tabungan baik dalam prinsip syariah maupun reguler, di antaranya Maybank Tabungan MyPlan/MyPlan iB, yakni tabungan yang secara rutin memisahkan sejumlah dana dari sumber rekening utama ke rekening yang hanya dapat dipantau nasabah dalam kurun waktu tertentu, misalnya 12 bulan bahkan hingga 36 bulan,” kata dia.

Kedua, dia menuturkan, diversifikasi risiko untuk keuntungan jangka panjang, seperti reksa dana. Maybank menawarkan investasi reksa dana yang mudah diakses di M2U ID dan dapat dimulai dari hanya Rp 100 ribu,

Ketiga, dia melanjutkan, tetapkan skala prioritas dan kendalikan gaya hidup. Terapkan moda optimise value and save more ke seluruh aspek pengelolaan keuangan. Salah satu metode untuk mengendalikan pengeluaran bulanan dicetuskan Elizabeth Warren, senator Amerika Serikat. Sebanyak 50% penghasilannya disisihkan untuk needs (kebutuhan), 20% untuk savings (tabungan), dan 30% untuk wants (keinginan). Jika diaplikasikan saat ini, ada yang bisa disisihkan untuk berdonasi atau sedekah rutin.


Keempat, dia menyatakan, investasi untuk membeli properti idaman. Sebab, berdasarkan data Indonesia Property Market Index (IPMI), terjadi kenaikan indeks harga properti sebesar 2,24% kuartal II-2021 dibandingkan kuartal I dan 1,97% dibanding periode sama tahun lalu. Untuk membeli properti idaman, Maybank Indonesia menghadirkan Maybank KPR dan pembiayaan Properti iB yang menawarkan persyaratan mudah, program pilihan sesuai kebutuhan nasabah, mulai dari produk yang variatif, rate kompetitif, uang muka ringan serta memiliki jaringan kerjasama yang luas dengan pengembang yang ternama.


“Maybank Indonesia akan terus berinovasi dan menghadirkan serangkaian layanan komprehensif, menawarkan produk dan solusi finansial unggulan yang menjawab kebutuhan Nasabah dari segala segmen sehingga dapat senantiasa mendukung nasabah untuk mencapai financial freedom di usia berapa pun sesuai misi kami yaitu humanising financial services,” tutup Stefano.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN