Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
(ki-ka), Ibnu Jamil (Duta Live Healthier Lives), Shierly Ge (Chief Marketing Officer Sun Life Indonesia), Elin Waty (Presiden Direktur Sun Life Indonesia), Roby Muhamad (Sosiolog UI), Rudy Kurniawan (Pendiri Komunitas Sobat DIabet), Kelly Tandiono (Duta Live Healthier Lives), saat mengkampanyekan Sun Life Resolution Run 2020 di Jakarta (7/1).

(ki-ka), Ibnu Jamil (Duta Live Healthier Lives), Shierly Ge (Chief Marketing Officer Sun Life Indonesia), Elin Waty (Presiden Direktur Sun Life Indonesia), Roby Muhamad (Sosiolog UI), Rudy Kurniawan (Pendiri Komunitas Sobat DIabet), Kelly Tandiono (Duta Live Healthier Lives), saat mengkampanyekan Sun Life Resolution Run 2020 di Jakarta (7/1).

Sun Life Resolution Run 2020, Komitmen Sun Life dalam Cegah Diabetes

Selasa, 7 Januari 2020 | 17:00 WIB
Windarto

Jakarta-PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life Indonesia) kembali menggelar Sun Life Resolution Run 2020 di ICE BSD, Tangerang Selatan pada 12 Januari mendatang. Acara ini merupakan bentuk komitmen Sun Life Indonesia untuk mengajak masyarakat menjalani hidup sehat dan mencegah risiko penyakit diabetes.

Presiden Direktur Sun Life Indonesia Elin Waty mengungkapkan, berdasarkan laporan Sun Life Financial Asia pada 2019 berjudul Diabetes in Asia: Empowering communities to lead healthier live menyebutkan, pendekatan terkordinasi berbasis komunitas sebagai upaya bersama yang perlu dilakukan untuk membiasakan pola hidup sehat dan melawan diabetes. Komunitas dipercaya dapat menjadi agen yang kuat untuk membantu mendidik, melibatkan, dan memberdayakan keluarga dan individu dalam membuat pilihan gaya hidup yang lebih sehat. “Hal inilah mengapa di tahun ke-2 penyelenggaraannya, rangkaian ‘Sun Life Resolution Run 2020’ juga menggandeng beragam komunitas untuk berpartisipasi dalam upaya bersama menyebarkan semangat hidup lebih sehat dan melawan diabetes,” tutur Elin di Jakarta (7/1).

Sosiolog dari Universitas Indonesia Roby Muhamad Ph.D mengatakan, perilaku kesehatan bisa menular dari lingkungan sekitar. Menurutnya, orang yang terkena obesitas cenderung membentuk komunitas dengan orang yang mengalami obesitas pula, sehingga jumlah orang yang berisiko terkena diabetes akibat obesitas bertambah. “Untuk membuat perilaku sehat, yang diubah bukan individunya, tapi komunitas,” tuturnya.

Riset para ilmuwan di MIT menunjukkan komunitas berperan sebagai pemantik semangat dalam pengadopsian gaya hidup dan perilaku sehat di tengah masyarakat. Akan sangat sulit menerapkan pola hidup sehat, ketika kita berada di lingkungan yang tidak sehat. Karenanya, komitmen yang dilakukan bersama melalui komunitas, menjadi cara efektif dalam proses menanamkan kebiasaan gaya hidup sehat. Agar penularan sosial atau difusi sosial dalam perilaku sehat dapat terjadi, yang juga perlu dilakukan adalah dengan membidik secara spesifik banyak komunitas dengan segmen yang berbeda-beda, misal komunitas berdasarkan tempat tinggal, tempat kerja, hobi, profesi dan lain-lain. Sehingga penyebaran pemahaman dan kebiasaan hidup sehat dapat meluas hingga membentuk masyarakat yang lebih sehat.

Secara global, data WHO menunjukkan jumlah penyandang diabetes pada usia di atas 18 tahun terus meningkat dari 4,7% menjadi 8,5%. Sementara itu merujuk kepada data riset kesehatan dasar yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, secara nasional prevalensi diabetes pada usia di atas 15 tahun berada di angka 10,9% pada tahun 2018. Pendiri Komunitas Sobat Diabet dr Rudy Kurniawan menyebut alasan itulah yang membuat komunitasnya membuat berbagai kegiatan untuk membantu mencegah terkena penyakit diabetes dengan mendorong keluarga, dan sahabat untuk hidup sehat.


 


 

Donasi

Sun Life Indonesia juga sejak November 2019 lalu menggelar ‘Sun Life Virtual Charity Run’ yang bertujuan mengumpulkan donasi melalui kegiatan lari. Duta Live Healthier Lives, Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono selama sebulan berhasil mengajak 20 pelari dari berbagai daerah dan komunitas untuk berpartisipasi. Selama sebulan tersebut, para pelari berhasil menempuh jarak total 4.000 km yang dikonversi dengan nilai setara Rp 400 juta. Dana hasil kegiatan ini dan akan diakumulasikan dengan biaya pendaftaran Sun Life Resolution Run 2020 akan didonasikan dalam mendukung edukasi, pencegahan, dan peningkatan kualitas hidup para penderita diabetes di Indonesia. Tahun ini diperkirakan ada 2.500 peserta Sun Life Resolution Run 2020. “Sun Life Resolution Run merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Sun Life di 5 negara di Asia yaitu Filipina, Hong Kong, Malaysia, Indonesia dan Vietnam”, tambah Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Indonesia.

Editor : Maswin (maswin@investor.co.id )

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN